Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian dan Macam-Macam Akhlak Menurut Islam

Kompas.com - 20/02/2023, 13:00 WIB
 Macam-Macam Akhlak Sumber Gambar: Freepik.com Macam-Macam Akhlak
Rujukan artikel ini:
Seri Mengenal Malaikat - Akhlak…
Pengarang: Irvan Aqila
|
Editor Puteri

Akhlak adalah suatu keadaan yang melekat pada jiwa manusia sehingga menimbulkan perbuatan-perbuatan yang mudah dilakukan tanpa melalui proses perenungan, pertimbangan, dan pemikiran lagi.

Jika menimbulkan perbuatan yang baik dan terpuji maka dikatakan sebagai akhlak yang baik, sementara jika menimbulkan perbuatan yang tidak baik maka disebut akhlak yang buruk.

Secara bahasa, kata akhlak berasal dari bahasa Arab, yaitu al-akhlak, yang berarti bentuk jamak dari kata khuluq atau al-khaliq yang berarti budi pekerti, tabiat, adat atau kebiasaan, kesatriaan, semangat bela diri, kekuatan.

Akhlak sangat penting dalam kehidupan setiap umat muslim karena dengan akhlak seseorang dapat menyempurnakan kepribadiannya.

Oleh karena itu, segala aspek ajaran dalam islam berorientasi pada pembinaan dan pembentukan akhlak yang mulia (karimah), hal ini juga tercantum dalam sabda Rasulullah SAW.

Macam-Macam Akhlak

Dapat disimpulkan bahwa ada kesamaan antara budi pekerti, etika, moralitas, dan akhlak, terutama dalam bentuk perilaku netral.

Berikut adalah macam-macam akhlak dan pengertiannya.

1. Akhlak Islam

Norma agama adalah tata krama yang mengajarkan akhlak kepada manusia dengan mengikuti petunjuk dari Allah SWT.

Dalam Al-Qur'an dan hadis, karakter ini memiliki dua jenis hukuman ketika dilanggar.

Hukuman pertama adalah hukuman dari Tuhan (yang bersifat supranatural) dan yang kedua adalah hukuman dari masyarakat (sesama manusia).

2. Akhlakul Madzmumah

Akhlakul mazmumah merupakan salah satu perbuatan maksiat yang harus dihindari oleh setiap manusia.

Ini harus dihindari karena akhlakul mazmumah dapat merugikan dirimu sendiri dan orang lain.

Contoh berbagai jenis perilaku etis adalah iri hati, takabur, arogansi, penganiayaan, pengkhianatan, dan lain sebagainya.

Sebagai umat Islam, kita harus menghindari akhlakul madzmumah atau perilaku yang tidak terpuji.

3. Akhlak Al-Shalihat

Akhlak al-shalihat yaitu berbuat kebaikan atau perbuatan baik.

Seseorang dikatakan berbuat baik, jika ia melakukannya dengan cara yang diperbolehkan oleh syariat, dengan ilmu dan dengan niat yang tulus.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Tampaknya pekerjaan itu baik, tetapi niatnya buruk, misalnya bukan perbuatan baik, mungkin penipuan atau kemunafikan.

4. Akhlak Al-Sabru

Sabar merupakan akhlak utama yang dibutuhkan seorang umat muslim dalam menghadapi suatu masalah.

Sabar terdiri dari tiga macam, yaitu sabar dalam ketaatan kepada Allah SWT, sabar menjauhi hal-hal yang diharamkan/maksiat, serta sabar dalam menghadapi musibah dan takdir Allah SWT.

4. Akhlak Mahmud Syaltut

Etika adalah kesusilaan, perilaku, moralitas, sifat baik yang ada dalam jiwa dan secara langsung mempengaruhi perbuatan.

Dia melakukan apa yang dilakukan dan meninggalkan apa yang tersisa.

Oleh karena itu, iman dengan segala cabangnya tanpa akhlak adalah seperti pohon yang tidak dapat digunakan untuk panas atau hujan dan tidak dapat dipetik buahnya.

5. Akhlak untuk Diri Sendiri

Seperti kesabaran, adalah perilaku seseorang terhadap diri sendiri sebagai hasil dari pengendalian keinginan mereka dan menerima apa yang terjadi pada mereka.

Kesabaran ditunjukkan ketika menjalankan perintah, menghindari larangan dan ketika diberikan musibah dari Allah harus tetap bersyukur, dengan sikap syukur yang tulus atas karunia Tuhan yang tidak terhitung jumlahnya seperti tawadhu, rendah hati, serta selalu menghargai orang tua.

6. Akhlak kepada Masyarakat

Akhlak kepada masyarakat yaitu seperti saling mengunjungi, saling membantu di waktu luang terutama di saat-saat sulit, saling menghormati, menghindari pertengkaran, dan dendam.

Etika terhadap masyarakat, seperti menghormati tamu, menghormati nilai dan norma yang berlaku di masyarakat, saling membantu dalam kebaikan dan berbakti, mendorong anggota masyarakat, termasuk diri sendiri, berbuat baik, dan menjauhi dosa.

Akhlak adalah tingkah laku yang merupakan hasil perpaduan yang terpadu antara kesadaran, pikiran, dan kebiasaan.

Jadilah insan yang kaya akan akhlak dan kerendahan hati.

Sebagai insan yang baik kamu juga bisa mengajarkan sanak saudara kamu untuk menjadi pribadi yang berakhlak dengan membacakan buku tentang akhlak, seperti buku Seri Mengenal Malaikat - Akhlak Para Malaikat: Bilal Kapok Sombong yang ditulis oleh Irvan Aqila.

Buku ini memuat cerita-cerita yang dipelajari anak-anak tentang malaikat dalam kehidupan sehari-hari mereka, dari bagaimana malaikat dibuat, malaikat secara fisik, dan banyak lagi.

Melalui cerita-cerita dalam buku ini, anak-anak akan lebih mudah mengenal malaikat, belajar bersyukur dan percaya akan keberadaan malaikat.

Dapatkan segera bukunya hanya di Gramedia.com!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com