Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Manfaat Physical Touch Pada Sebuah Hubungan, Ternyata Mampu Kurangi Stres!

Kompas.com - 01/02/2023, 10:30 WIB
manfaat physical touch Sumber: pixabay manfaat physical touch
Rujukan artikel ini:
A Guide Book To Express…
Pengarang: MEINA TAN
|
Editor Rahmad

Setiap pasangan tentunya mempunyai cara yang berbeda-beda dalam hal mengekspresikan cinta serta kasih sayangnya. Salah satunya adalah melalui sentuhan seperti menggenggam tangan atau pelukan. Love language atau bahasa cinta ini dikenal dengan sebutan physical touch.

Ada sejumlah tanda yang bisa dikenali oleh orang yang memiliki love language berupa physical touch. Orang dengan love language physical touch adalah mereka yang cenderung merasakan kesenangan pada saat berada dekat dengan pasangan mereka.

Mereka mengekspresikan rasa cintanya melalui kegiatan fisik, seperti memeluk, mencium, serta menggenggam tangan. Jika saat bepergian, orang yang memiliki love language physical touch lebih senang saat dirangkul ataupun merangkul pasangannya.

Love language physical touch memiliki banyak manfaat positif yang bisa dirasakan oleh setiap pasangan. Sering menunjukkan kasih sayang melalui sentuhan fisik tidak berarti orang tersebut memiliki kepribadian yang agresif, tetapi mereka hanya ingin menunjukkan rasa sayangnya mereka. Jadi, berikut ini manfaat dari physical touch.

Manfaat Physical Touch

manfaat physical touch manfaat physical touch

1. Meningkatkan hormone oksitosin, serotine, dan dopamine

Sentuhan fisik atau physical touch, khususnya cuddling bisa membuat tubuh kamu mengeluarkan banyak hormon oksitosin. Hormon tersebut adalah hormone yang sering membuat kamu merasa kuat, seolah tidak ada orang yang bisa menyakiti kamu.

Selain hormon oksitosin, physical touch juga bisa meningkatkan produksi hormon serotonin, dan dopamine dalam neurotransmitter pada otak kamu. Kedua jenis hormon ini bisa membuat seseorang merasa lebih bersemangat dan bahagia. Dengan begitu, bisa membantu seseorang untuk mengatur suasana hati, menghilangkan stres, serta kecemasan.

2. Meningkatkan rasa percaya

Dengan physical touch, kamu bisa meningkatkan rasa percaya kepada pasangan kamu. Maka dari itu, tidak salah jika kamu menunjukkan rasa sayang kamu dengan sentuhan fisik yang sederhana, seperti bergandengan atau bersandar pada bahu.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat dari physical touch yang selanjutnya adalah bisa meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan juga mencegah penyakit yang berkaitan dengan darah serta jantung.

Sebuah studi mengemukakan bahwa dengan menerima sebuah pelukan dari pasangan, bisa membuat tekanan darah tinggi kita menjadi lebih rendah.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Membuat hubungan semakin harmonis

Setiap pasangan tentunya selalu memiliki cara untuk bisa membuat hubungan yang mereka jalani semakin lebih dekat dan intim. Nah, bagi kamu yang mempunyai love language physical touch, hal ini bisa membuat kamu merasa lebih dekat dengan pasangan kamu. Hal ini dipengaruhi oleh sentuhan fisik yang bisa menimbulkan rasa bahagia dan juga merasa dicintai oleh pasangan.

5. Meningkatkan suasana hati

Memeluk bisa menjadi dukungan untuk mengurangi stres, maka orang dengan love language physical touch bisa melakukan pelukan. Hal ini karena bisa mencegah terjadinya gejolak batin setelah mengalami sebuah konflik.

Orang-orang yang menerima pelukan di hari dirinya terjadi konflik, biasanya akan memiliki suasana hati yang lebih tenang dan lebih baik setelahnya.

6. Obat penghilang rasa sakit

Physical touch sangatlah efektif untuk menghilangkan rasa sakit. Pijatan bisa menjadi salah satu cara yang bagus dalam meredakan semua jenis rasa sakit yang kamu rasakan. Mulai dari sakit kepala sampai kepada sakit punggung.

7. Menjaga Kesehatan mental

Tidak hanya bisa menjaga kesehatan fisik, physical touch juga dapat memberikan sebuah dampak yang positif bagi Kesehatan mental seseorang. Sehingga dengan melakukan physical touch pada pasangan, bisa menjaga Kesehatan mentalnya.

Itulah manfaat yang akan dirasakan apabila love language kamu adalah physical touch dan kamu menerapkannya dalam hubungan kamu. Terdapat banyak sekali bentuk physical touch yang bisa kamu lakukan kepada pasangan.

Dengan begitu, kamu bisa memilih jenis physical touch mana yang akan kamu terapkan pada pasangan kamu, sehingga hubungan kamu bisa lebih harmonis.

Seperti yang dibahas pada buku A Guide Book To Express Love Language karya Meina Tan. Di mana buku tersebut membahas mengenai bagaimana diri kita mampu untuk merawat Kesehatan mental.

Kamu juga akan menemukan jawaban kenapa bisa seseorang atau bahkan dirimu sendiri bisa mudah menjadi overthinking, bahkan pada hal-hal yang seharusnya tidak perlu menjadi suatu kekhawatiran.

Melalui buku ini, kamu bisa menyadari kalau diri kita ini mempunyai kekuatan lebih dari apa yang kita ketahui dan sadari. Di mana kekuatan tersebut berawal dari pikiran serta pemikiran diri sendiri. Yuk, segera miliki buku ini dengan membelinya melalui gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com