Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penasaran Love Language Apa Aja? Simak dan Cari Tahu Jawabannya di Sini

Kompas.com - 08/09/2022, 17:00 WIB
Love Language Apa Aja Sumber Gambar: Freepik.com Love Language Apa Aja
Rujukan artikel ini:
The Art Of Loving
Pengarang: Erich Fromm
|
Editor Novia Putri Anindhita

Sebagian besar dari kalian mungkin sudah tidak asing lagi ketika mendengar istilah love language atau yang dalam Bahasa Indonesia disebut dengan bahasa cinta.

Love language merupakan cara bagi seseorang dalam mengekspresikan perasaan cinta atau kasih sayangnya kepada orang lain.

Love language ini tidak hanya berlaku dalam hubungan asmara dengan pasangan saja, melainkan juga bisa terhadap keluarga, teman, ataupun sahabat.

Tiap-tiap orang bisa memiliki love language yang berbeda-beda, sehingga menjadi hal yang penting untuk saling memahami bahasa cinta masing-masing agar dapat menciptakan hubungan yang harmonis.

Jika kamu penasaran apa saja macam-macam dari love language, berikut adalah penjelasan lengkapnya.

5 Tipe Love Language

1. Kata-kata Penegasan (Word of Affirmation)

Seseorang dengan tipe love language word of affirmation sering kali menunjukkan ekspresi cintanya dengan memberikan kata-kata berupa pujian, apresiasi, atau kata-kata romantis kepada orang lain yang mereka sayangi.

Penegasan yang mereka berikan ini tidak hanya dilakukan terhadap pencapaian-pencapaian besar saja, namun juga pada hal-hal kecil, seperti memuji penampilan, mengapresiasi karena telah meluangkan waktu untuknya, dan lain-lain.

Apabila kamu memiliki pasangan dengan tipe love language ini, maka kamu perlu membiasakan diri untuk mengungkapkan perasaan kamu kepadanya agar pasangan kamu bisa merasa dicintai.

Meskipun mungkin itu tampak klise bagi kamu untuk terus melontarkan pujian serta apresiasi terhadap hal-hal yang sederhana, namun percayalah bahwa itu akan berarti besar baginya.

2. Menerima Hadiah (Receiving Gift)

Seseorang yang memiliki tipe love language ini umumnya tidak hanya senang bila menerima hadiah dari orang lain, namun dia juga gemar memberikan hadiah kepada orang lain meskipun sedang tidak ada acara yang spesial.

Apabila memiliki pasangan dengan bahasa cinta receiving gift, kamu tidak perlu harus selalu memberikan hadiah yang mahal kepadanya.

Hadiah-hadiah kecil yang kamu berikan pun akan berarti besar baginya, karena seseorang dengan tipe love language ini cenderung lebih menghargai pemberian orang lain untuknya dan akan menerimanya dengan sepenuh hati.

Selain memberikan hadiah berupa barang, kamu juga bisa memberikan mereka kejutan, seperti datang ke rumahnya tanpa memberi kabar terlebih dahulu atau mengajak mereka berjalan-jalan ke suatu tempat yang kamu rahasiakan.

3. Tindakan Pelayanan (Act of Service)

Berbeda dengan tipe love language word of affirmation yang menyukai ungkapan cinta melalui kata-kata, sebaliknya, seseorang dengan tipe love language act of service lebih senang menunjukkan rasa cintanya melalui tindakan langsung.

Apabila kamu memiliki pasangan dengan tipe love language ini, maka kamu perlu lebih sering mengungkapkan kasih sayang kamu kepadanya dengan melakukan aksi nyata dibandingkan hanya melalui kata-kata agar tidak dicap sebagai “omong doang”.

Tindakan pelayanan ini bisa berupa membelikan pasangan makanan ketika dirinya sedang sibuk dan tidak sempat makan daripada hanya memberikan semangat, membantu mengerjakan pekerjaan rumah ketika pasangan sedang mengurus anak, membuatkan bekal, serta masih banyak lagi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Setiap tindakan yang kamu berikan kepada pasangan akan menunjukkan betapa kamu peduli terhadap mereka dan akan membuatnya bahagia.

4. Sentuhan Fisik (Physical Touch)

Seseorang yang memiliki bahasa cinta berupa physical touch senang menunjukkan rasa kasih sayangnya dengan memberikan sentuhan fisik kepada orang lain.

Sentuhan fisik ini bisa berupa usapan di kepala atau pundak, menggenggam tangan, memberikan rangkulan atau pelukan hangat, memberikan pundak sebagai sandaran, dan lain-lain.

Biasanya mereka hanya melakukan hal ini kepada orang-orang terdekat saja, karena memahami bahwa tidak semua orang senang bersentuhan fisik.

Apabila kamu memiliki pasangan dengan tipe love language ini, maka cobalah untuk menggenggam tangan mereka ketika kalian sedang mengobrol bersama dan rangkul pundaknya atau berikan pelukan ketika mereka sedang bersedih.

5. Waktu yang Berkualitas (Quality Time)

Menghabiskan waktu bersama dengan pasangan, teman, ataupun keluarga memang merupakan hal yang penting, terutama bagi seseorang dengan tipe love language yang satu ini.

Mereka akan lebih mudah merasa kesepian ketika orang-orang terdekatnya sedang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk mereka.

Bagi mereka, waktu yang dihabiskan bersama dengan orang yang mereka sayangi lebih penting dibandingkan kata-kata, hadiah, ataupun hal-hal lain, meskipun jika waktu yang dihabiskan hanya untuk sekadar mengobrol atau makan bersama.

Jika kamu memiliki pasangan dengan tipe love language ini, maka penting bagi kamu untuk sebisa mungkin selalu meluangkan waktu di sela-sela kesibukan untuk bertemu dengannya, walaupun hanya sebentar saja.

Nah, itulah kelima tipe love language yang perlu kamu ketahui dan juga pahami agar bisa menjalin hubungan yang erat serta lebih mendalam dengan orang-orang yang kamu sayangi.

Bagi kamu yang ingin memahami dengan lebih mendalam bagaimana cara mencintai pasangan, keluarga, teman, dan juga sesama, buku The Art of Loving akan menjadi bacaan yang pas untuk kamu.

Buku klasik yang pertama kali terbit pada tahun 1956 ini merupakan buku yang ditulis oleh seorang psikoanalisa dan filsuf sosial, Erich Fromm, yang mengembangkan pandangan bahwa cinta adalah sesuatu yang dibutuhkan oleh manusia dari zaman dahulu sampai saat ini.

Buku fenomenal yang telah diterbitkan ke dalam 42 bahasa ini akan meyakinkan kamu sebagai pembaca, bahwa semua upaya yang dilakukan demi meraih cinta akan gagal apabila kamu tidak terlebih dahulu mengembangkan seluruh kepribadian dalam aspek-aspek yang secara lengkap dijabarkan di dalam buku.

Fromm dengan piawai akan membongkar seluruh aspek cinta, baik dengan pasangan, orang tua, anak, sesama manusia, cinta kepada diri sendiri dan juga kepada Tuhan, untuk dapat mencari makna kehidupan, terutama dalam era modern yang penuh dengan keterasingan.

Kamu bisa mendapatkan buku The Art of Loving ini dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com