Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini 7 Cara Optimasi SEO yang Benar Secara Natural

Kompas.com - 20/01/2023, 10:30 WIB
cara optimasi seo Photo by geralt on Pixabay cara optimasi seo
Rujukan artikel ini:
Rahasia Membuat Website dan SEO
Pengarang: Su Rahman
|
Editor Rahmad

Optimasi SEO memiliki peran penting untuk blog atau website jadi menempati top rank di mesin pencari Google. Itulah sebabnya, kamu perlu tahu bagaimana cara optimasi SEO untuk memaksimalkan digital marketing bisnismu.

Ada beberapa hal yang harus kamu pahami agar bisa optimasi SEO ini. Mulai dari memperhatikan penggunaan keyword, subheading, nama URL, deskripsi gambar, internal link, dan engagement.

Cara Optimasi SEO

Berikut ini cara optimasi SEO yang bisa kamu lakukan dengan benar secara natural agar bisa masuk top rank di mesin pencarian Google.

1. Mulailah dengan Judul dan Konten yang Menarik

Cara pertama dalam mengoptimalkan situs web dengan SEO adalah dimulai dengan judul dan konten yang menarik. Untuk membuat judul yang menarik dan SEO-Friendly, perlu melakukan riset kata kunci. Ini adalah upaya untuk menemukan topik yang dicari pengguna.

2. Gambar yang Berhubungan dengan Topik

Gambar adalah bagian penting dan harus ada saat membuat konten website. Jangan lupa untuk menggunakan gambar yang relevan. Deskripsi dan gambar cadangan harus mengandung kata kunci.

Selain itu, ukuran gambar juga mempengaruhi SEO website. Jika gambar terlalu besar atau terlalu kecil, mesin telusur akan merayapi konten dan menganggapnya berkualitas rendah. Secara umum, ukuran rata-rata gambar dalam konten Anda adalah 700 x 350 piksel.

Tambahkan satu atau lebih gambar untuk memudahkan pembaca. Untuk konten yang sangat informatif, pembaca merasa lebih nyaman dengan gambar yang mengilustrasikan topik konten.

3. Sisipkan Tautan Internal

Cara optimasi SEO selanjutnya adalah menemukan topik lain yang dibahas secara singkat dalam konten.

Selanjutnya, sertakan tautan dalam topik yang mengarahkan pembaca ke halaman konten lain. Dengan begitu, pembaca dapat menikmati konten dan lalu lintas lainnya.

Internal link juga merupakan teknik SEO yang penting untuk website. Mesin pencari cenderung mempercayai konten dengan banyak tautan internal. Sebagai tanda bahwa situs tersebut benar-benar berfungsi secara produktif.

4. Perhatikan Kecepatan Pemuatan Situs Web

Menggunakan alat dan tema sederhana untuk mengelola halaman situs web adalah peran penting. Ini karena penggunaan tema, alat, dan plugin yang berlebihan dapat memperlambat situs web.

Mesin pencari merasa kesulitan untuk menentukan peringkat situs web kamu di bagian atas halaman ketika mesin pencari menemukan bahwa situs web memiliki sistem pemuatan yang lambat.

Google sendiri memiliki toleransi loading yang menjadi acuan algoritma SEO mereka. Mesin pencari seperti Google memungkinkan situs web dimuat dalam waktu kurang dari 5 detik.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

5. Tambahkan Tampilan Berbagi ke Media Lain

Tampilan berbagi meningkatkan keterlibatan situs web. Menu berbagi halaman konten dapat digunakan sebagai komponen untuk membangun interaksi dengan pembaca.

Mengapa tampilan menu share penting untuk SEO website. Ini juga menunjukkan mesin pencari bahwa konten berkualitas tinggi. Menampilkan menu share juga bisa menjadi sarana pemasaran bagi pembaca untuk secara sukarela membagikan konten.

6. Menyederhanakan Permalinks

Setelah mengoptimalkan konten dan tampilan halaman website. Langkah selanjutnya adalah menyederhanakan permalink. Permalinks adalah ulasan pengoptimalan SEO terkemuka yang tidak boleh dilewatkan.

Cara mengoptimalkan SEO website dan membuat permalink lebih mudah Yang pertama adalah dengan mengubah permalink default situs. Kamu harus mengganti deskripsi judul dengan kalimat pendek dan memasukkan kata kunci.

Menyertakan kata kunci dalam permalink dapat membantu Google mengidentifikasi topik konten kamu. Permalink seperti titik masuk bagi mesin pencari untuk menangkap situs web SEO spesifik lainnya.

7. Atur Tautan untuk Membuka Tab Baru

Cara terakhir adalah mengatur pengaturan konten untuk ditampilkan di halaman baru. Ini mungkin jarang menjadi masalah bagi pengembang situs web.

Namun, pengaturan pengaturan link agar terbuka di halaman baru merupakan upaya untuk memudahkan pembaca.

Mesin pencari juga dapat mendeteksi upaya ini, sehingga dapat yakin bahwa situs kamu akan muncul di halaman peringkat teratas Google. Selain itu, situs kamu akan rentan terhadap rasio pentalan jika tidak menggunakan setelan ini.

Buku Rahasia Membuat Website dan SEO yang ditulis Su Rahman bisa kamu jadikan referensi melakukan cara optimasi SEO secara natural. Buku ini menunjukkan jalan membangun website ala pro dengan mudah dan cepat bagi pemula sekalipun.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com