Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Bahan Pemerah Bibir Alami, Aman dan Tanpa Efek Samping

Kompas.com - 20/01/2023, 16:00 WIB
Pemerah Bibir Alami Sumber Gambar: Freepik.com Pemerah Bibir Alami
Rujukan artikel ini:
Manfaat & Khasiat Teh Kopi…
Pengarang: Risky Wulandari
Penulis Okky Olivia
|
Editor Puteri

Selain mata, alis, dan hidung, bibir juga sering kali menjadi daya tarik utama yang ada pada wajah.

Memiliki bibir merah merona tentu menjadi salah satu dambaan semua perempuan karena akan meningkatkan rasa kepercayaan diri.

Sayangnya, tidak semua orang dilahirkan dengan bibir merah alami, hal ini juga semakin diperparah dengan beberapa kebiasaan buruk seperti merokok, mengkonsumsi kafein, alergi, atau penggunaan produk kecantikan yang salah.

Bagi perempuan yang memiliki bibir berwarna gelap, lipstik tentunya menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki dan tidak pernah ketinggalan dalam rangkaian make up.

Tapi tetap saja, memiliki bibir yang berwarna gelap tentunya akan membuat sebagian orang tidak nyaman.

Untuk itu, ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai alat pemerah bibir, yang pastinya aman tanpa ada efek samping.

Simak beberapa bahan alami pemerah bibir berikut ini.

Bahan Pemerah Bibir Alami

1. Lemon dan Madu

Lemon atau jeruk nipis merupakan buah sitrus bersifat anti-melanin yang bisa digunakan untuk mencerahkan bibir secara alami.

Sementara itu, madu juga termasuk bahan alami yang bisa melembabkan, menghaluskan, menghidrasi, dan membuat bibir tampak merah merona.

Campuran antara perasan air lemon dan madu ini bisa kamu jadikan sebagai scrub alami untuk memerahkan bibir.

Cara pembuatan scrub alami dari bahan lemon dan madu:

  • Campurkan 2 sampai 3 sendok teh madu dengan air perasan setengah buah lemon.
  • Aduk sampai bentuknya seperti pasta yang halus.
  • Oleskan masker ke seluruh permukaan bibir secara merata dan pijat bibir dengan lembut.
  • Bilas menggunakan air bersih.
  • Lakukan cara ini setidaknya 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

2. Lidah Buaya

Bibir yang gelap juga bisa tampak jauh lebih merah dan cerah dengan menggunakan gel lidah buaya.

Lidah buaya memiliki kandungan senyawa alami yang bisa menghambat produksi melanin yang akan membuat bibir terlihat lebih cerah dan segar.

Cara menggunakannya pun sangat mudah, kamu tinggal oleskan gel lidah buaya ke bagian bibir yang menghitam secara merata.

Kemudian diamkan gel lidah buaya selama 10 sampai 15 menit, setelah itu bilas menggunakan air bersih, lakukan kebiasaan ini secara rutin untuk hasil yang lebih baik.

3. Stroberi

Tak hanya bisa dikonsumsi atau dibuat jus, stroberi juga termasuk buah yang bisa dijadikan sebagai pemerah bibir alami.

Buat stroberi memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang bisa dijadikan sebagai bahan scrub bibir yang alami dan sehat.

Cara pembuatan scrub stroberi ini cukup mudah, kamu tinggal belah buah stroberi menjadi 2 bagian kemudian oles-oleskan ke bagian bibir secara merata.

Diamkan selama 15 menit sampai meresap dengan baik lalu bilas dengan air bersih, jangan lupa untuk menggunakannya secara rutin.

4. Jeruk Nipis

Jeruk nipis yang bersifat asam diketahui mampu mencerahkan bibir yang gelap.

Kandungan vitamin C, flavonoid, dan antioksidan yang ada pada jeruk nipis bisa mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit pada bagian bibir bisa beregenerasi sempurna dan tampak jauh lebih merah.

Kamu cukup mengoleskan perasan jeruk nipis pada bibir secara merata dan diamkan semalaman, kemudian bilas menggunakan air bersih pada keesokan harinya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Tapi sebelum menggunakan jeruk nipis, pastikan kalau bibir tidak dalam kondisi kering atau pecah-pecah karena akan semakin memperburuk kondisi bibir.

5. Daun Mint

Daun mint bisa memberikan sensasi dingin pada bibir, sekaligus mengandung vitamin dan mineral yang bisa memerahkan bibir secara alami.

Kamu tinggal haluskan 2 lembar daun mint, oleskan pada bagian bibir, diamkan selama 10 sampai 15 menit, dan bilas dengan air bersih.

6. Minyak Almond

Bubuk kacang almond atau minyak almond juga tidak kalah bagus dalam melembapkan dan meningkatkan kecerahan warna bibir.

Kandungan properti emollient dalam minyak almond akan meremajakan dan menghaluskan bibir, sekaligus membuat bibir tampak lebih merah merona.

Teteskan minyak almond ke bagian bibir kemudian pijat dengan lembut, atau bisa juga menggunakan bubuk almond yang dicampur dengan susu, oleskan ke bibir dan diamkan 5 menit sebelum dibilas.

Jika ingin hasil yang maksimal, lakukan cara ini secara rutin setiap harinya dan kamu bisa merasakan perbedaannya.

7. Kentang

Kentang adalah bahan makanan alami yang kaya akan vitamin dan mineral, yang bisa mempercepat proses regenerasi pada kulit.

Tak hanya itu, kentang juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk menghilangkan kehitaman dan membuat bibir terlihat merah alami.

Caranya cukup mudah, kamu tinggal haluskan ½ atau 1 kentang kemudian oleskan pada bibir secara merata, diamkan selama beberapa menit, baru bilas dengan air bersih.

Itu dia 7 bahan alami untuk memerahkan bibir yang dijamin aman dan tanpa efek samping.

Selain mengikuti cara-cara di atas, kamu juga bisa melakukan cara lain seperti banyak minum air putih, melindungi bibir dari paparan sinar matahari, tetap menjaga kelembapan bibir, dan masih banyak lagi.

Dengan bantuan bahan-bahan alami dan perawatan yang maksimal, bibir yang merah merona tentu bisa kamu miliki dengan mudah.

Selain memiliki bibir yang terlihat merah merona, kamu tetap harus menjaga kesehatan dan kecantikan bagian tubuh lainnya, salah satunya adalah wajah.

Susu, teh, dan kopi juga termasuk bahan yang mudah ditemukan di sekitar rumah, dan ternyata memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit wajah.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa temukan dalam buku Manfaat & Khasiat Teh, Kopi, Susu, & Gula untuk Kesehatan dan Kecantikan karya Risky Wulandari.

Teh, kopi, dan susu merupakan jenis minuman yang banyak dikonsumsi masyarakat, sekaligus bisa dijadikan sebagai resep yang berkhasiat untuk kecantikan dan kesehatan tubuh.

Masker dari bahan kopi dan teh dipercaya bermanfaat untuk menghaluskan kulit wajah, mengatasi jerawat, menghambat penuaan dini, dan mencerahkan kulit.

Selain itu, masker dari bahan alami seperti tomat, minyak zaitun, dan almond juga bisa digunakan untuk mencerahkan kulit dan merawat kulit wajah agar terhindar dari jerawat.

Buku ini akan mengupas tuntas berbagai resep rahasia kesehatan dan kecantikan dari bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar rumah.

Dengan membaca buku ini, kamu akan terhindar dari penggunaan produk-produk tertentu yang belum tentu cocok dengan kulitmu yang nantinya menyebabkan masalah yang serius.

Jika tertarik, yuk segera pesan bukunya di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com