Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Jenis Pakaian Adat Aceh yang Kaya Akan Filosofi

Kompas.com - 18/01/2023, 10:30 WIB
filosofi pakaian adat aceh Sumber: kenalbudaya.blogspot.com filosofi pakaian adat aceh
Rujukan artikel ini:
Serba Tahu Ragam Budaya Nusantara
Pengarang: Dee Novit dan Weki
|
Editor Rahmad

Terletak di ujung barat Indonesia, Aceh mempunyai kebudayaan yang tidak kalah indah dan menawan dari daerah lainnya. Begitu juga dengan pakaian adat Aceh. Karena Aceh memiliki sebutan serambi Mekah, maka pakaian adat Aceh mempunyai pakaian yang tidak terlepas dari syariat Islam.

Biasanya, pakaian adat Aceh digunakan pada saat menghadiri suatu acara penting, seperti pernikahan atau pertunjukan. Selain itu, pakaian adat Aceh juga memiliki makna filosofinya tersendiri pada setiap baju adatnya. Maka, berikut ini baju adat Aceh yang mempunyai filosofi di dalamnya.

Pakaian Adat Aceh yang Kaya Akan Filosofi

filosofi pakaian adat aceh filosofi pakaian adat aceh

1. Meukasah

Pakaian adat Aceh yang dikenakan oleh para pria biasa disebut dengan linto baro. Pakaian adat Aceh ini terbagi menjadi beberapa bagian. Atasan dari pakaian adat Aceh linto baro disebut dengan meukasah.

Baju yang memiliki bentuk seperti beskap ini terbuat dari kain sutra yang ditenun. Biasanya, meukasah ini memiliki warna hitam yang melambangkan sebuah kebesaran. Selain itu, meukasah ditutup dengan kerah yang memiliki bentuk seperti kerah cheongsam. Pada bagian kerah sampai dada, terdapat sulaman yang berwarna emas.

2. Sileuweu

Bagian bawah dari pakaian adat Aceh linto baro disebut dengan sileuweu. Celana ini juga disebut dengan cekak musang. Sileuweu mempunyai warna yang sama dengan meukasah. Menggunakan bahan katun, celana ini ditenun dan melebar di bagian bawahnya.

Pakaian adat Aceh ini biasanya dilengkapi jua dengan sarung songket pada saat digunakan. Hal ini dimaksud untuk menambahkan kewibawaan kepada siapapun yang memakainya. Cara memakai pakaian adat Aceh ini cukup diikatkan pada pinggang dan batas panjangnya sekitar 10 cm di atas lutut.

3. Meukeutop

Meukeutop adalah kopiah khas baju adat Aceh. Kopiah ini mempunyai bentuk yang memanjang ke atas. Selain itu, Meukeutop ini dihiasi juga dengan lilitan kain sutra yang memiliki bentuk persegi delapan yang disebut dengan tengkuluk.

Pakaian adat Aceh meukeutop ini mempunyai perpaduan warna yang masing-masing warnanya mempunyai artinya tersendiri. Warna merah dalam Meukeutop mempunyai arti kepahlawanan, kuning memiliki arti kesultanan, warna hijau melambangkan agama Islam, lalu warna hitam melambangkan bentuk ketegasan, dan putih melambangkan kesucian.

4. Baju Kurung

Baju kurung adalah gabungan dari kebudayaan Melayu, Arab, serta China. Baju adat Aceh ini mempunyai model baju yang longgar sehingga tidak akan memperlihatkan lekuk tubuh wanita. Baju kurung mempunyai kerah serta motif sulaman yang berasal dari benang emas.

Pada penggunaannya, di bagian pinggangnya dililitkan dengan songket khas Aceh menggunakan sebuah tali yang disebut dengan taloe kiieng patah sikureung.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

5. Cekak Musang

Sama seperti pakaian pria, pakaian adat Aceh wanita juga menggunakan celana cekak musang. yang membuatnya berbeda, warna celana pada pakaian adat Aceh wanita ini memiliki warna yang lebih cerah. Selain itu juga, menyesuaikan dengan baju kurung yang digunakan. Pada bagian pergelangan kaki, pada celana ini dihiasi dengan sulaman benang emas.

6. Patam Shoe

Pakaian adat Aceh wanita biasanya dilengkapi dengan perhiasan dan penutup kepala. Salah satunya adalah patam dhoe yang mempunyai bentuk seperti sebuah mahkota. Pada bagian tengah mahkota ini diukir dengan membentuk sebuah motif daun sulur.

Di sisi lainnya, patamdhoe ini mempunyai motif yang disebut dengan boengong kalimah yang dikelilingi dengan bunga dan juga bulatan. Serta terdapat tulisan kaligrafi yang bertuliskan lafadz Allah dan Muhammad. Mahkota ini menjadi sebuah bukti bahwa seorang wanita yang sudah menikah dan sudah menjadi tanggung jawab dari suaminya.

Gimana menurut kamu pakaian adat Aceh untuk pria dan wanita ini? Sangat mempesona bukan?

Setiap daerah di Indonesia memang memiliki pakaian adatnya masing-masing, di mana setiap pakaian adat memiliki filosofi atau maknanya tersendiri. Kamu bisa mempelajari tentang kebudayaan Indonesia termasuk pakaian adatnya melalui buku Serba Tahu Ragam Budaya Nusantara.

Melalui buku Serba Tahu Ragam Budaya karya Dee Novit dan Weki ini, akan membuat kamu semakin pintar dan juga kaya akan pengetahuan tentang negara Indonesia. Dengan membaca buku ini kamu bisa lebih mengenal Indonesia dan akan menumbuhkan rasa semakin cinta terhadap negara Indonesia melalui keberagaman yang dimilikinya.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com