Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saja yang Bisa Membatalkan Tayamum? Simak Penjelasannya Berikut Ini

Kompas.com - 17/01/2023, 11:30 WIB
yang membatalkan tayamum Sumber: pixabay yang membatalkan tayamum
Rujukan artikel ini:
Sempurnakah Wudhuku? Karena Bersuci Pangkal…
Pengarang: UDTADZ RAMADHAN AHMAD S.PD.I
|
Editor Rahmad

Sudah menjadi pengetahuan umum jika dalam Islam, apabila kita tidak menemukan sumber air untuk berwudhu, maka sebagai penggantinya, kita bisa melakukan tata cara tayamum. Tayamum sendiri merupakan kegiatan bersuci dari hadas kecil maupun hadas besar dengan menggunakan debu atau tanah sebagai pengganti air dengan tata cara tertentu.

Tata cara tayamum juga bisa kamu lakukan pada saat kamu tidak menemukan air untuk wudhu atau pada saat kamu dalam keadaan sakit yang tidak memungkinkan kamu untuk terkena air di tubuh kamu. Hal ini menjadi salah satu bentuk kemudahan yang diberikan oleh Allah SWT kepada para umatnya untuk menjalankan ibadah.

Meski begitu, tentunya untuk bisa melakukan tayamum, terdapat juga syarat serta rukun yang harus dipenuhi, terdapat juga doa khusus untuk melakukan tayamum beserta tata cara tayamum yang benar sesuai syariat Islam. Selain itu, kamu juga perlu mengetahui hal-hal yang mampu membatalkan tayamum. Apa saja itu? Simak penjelasannya berikut ini.

Hal-hal yang Membatalkan Tayamum

yang membatalkan tayamum yang membatalkan tayamum

1. Mendapatkan sumber air

Tata cara tayamum bisa kamu lakukan jika kamu tidak menemukan air. Jadi, kalau kamu mendapatkan sumber air sebelum sholat, maka hal tersebut bisa membatalkan tayamum yang sudah kamu lakukan. Dengan begitu, kamu wajib untuk melakukan wudhu dengan menggunakan air sebelum melaksanakan sholat.

"Jika menemukan air setelah mengerjakan shalat, maka shalatnya sah dan tidak perlu mengqadha,” (Musthafa Al-Khin dan Mustafa Al-Bugha, Al-Fiqhul Manhaji ala Madzhabil Imam Syafi‘i, [Damaskus: Darul Qalam, 1992], halaman 97).

“Begitu juga jika menemukan air setelah memulai shalat, maka sah untuk melanjutkan shalat tersebut sampai selesai. Jika memutus shalat untuk berwudhu dan mengerjakan shalat dengan wudhu tersebut, maka hal itu lebih utama,” (Musthafa Al-Khin dan Mustafa Al-Bugha, Al-Fiqhul Manhaji ala Madzhabil Imam Syafi‘i, [Damaskus: Darul Qalam, 1992], halaman 97).

Akan tetapi, jika kamu mendapatkan sumber airnya pada saat sudah selesai melaksanakan sholat, maka hal itu tidak membatalkan tayamum ataupun sholat yang sudah kamu laksanakan. Hal yang bisa membatalkan tayamum ini mutlak adanya dan menjadi hal yang harus kamu perhatikan.

2. Tidak sadar atau hilang akal

Hal yang mampu membatalkan tayamum kamu adalah hilangnya akal pikiran karena mabuk atau gila, dan juga karena pingsan. Kalau kamu merasakan salah satu dari hal tersebut, maka secara otomatis tayamum yang sudah kamu lakukan sebelumnya dianggap batal. Kalau kamu sudah tersadar kembali dan belum juga mendapatkan sumber air, maka kamu wajib melakukan tata cara tayamum kembali.

3. Tidur

Tidak hanya berwudhu, tidur juga bisa membatalkan tayamum yang sudah kamu lakukan. Ketika kamu tertidur, maka organ tubuh seperti mata dan juga telinga tidak berfungsi. Dan pada saat dalam keadaan tidur itu, kamu melakukan tayamum, maka tayamum kamu akan batal.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Murtad

Murtad berarti keluar dari agama Islam, yang tentunya juga merupakan hal yang membatalkan tayamum. Sebab, tayamum hanya diperuntukkan bagi umat muslim saja. Dengan begitu, secara otomatis, apabila kamu murtad, maka tayamum yang sudah kamu laksanakan menjadi tidak sah atau tidak berlaku lagi.

5. Buang gas dan buang air kecil atau besar

Sama seperti halnya berwudhu, buang gas, buang air kecil dan besar juga secara otomatis membuat tayamum kamu menjadi batal.

Agama Islam memang sangat menganjurkan setiap umatnya untuk memperhatikan kebersihannya dalam segala hal, karena kebersihan merupakan sebagian dari iman. Apalagi jika kita hendak melaksanakan ibadah seperti sholat, maka kita harus membersihkan diri dengan cara berwudhu.

Untuk itu, kita perlu mengetahui hal yang membatalkan wudhu atau tayamum kita seperti yang disebutkan di atas. Supaya wudhu atau tayamum yang kamu lakukan sah, maka kamu harus memperhatikan dan mempelajari hukumnya.

Hal itu bisa kamu pelajari melalui buku Sempurnakah Wudhuku? Karena Bersuci Pangkal Diterima Amal. Buku ini bisa membantu kamu dalam memenuhi kebutuhan ilmu pengetahuan tentang wudhu yang bersumber dari Al-Quran, hadis, serta kitab-kitab dari para ulama. Oleh sebab itu, kamu perlu untuk mempelajarinya melalui buku ini agar bersuci yang kamu lakukan sesuai syariat Islam.

Menariknya, buku ini menghadirkan beberapa permasalahan yang sering kali terjadi di sekitar kita dan dijawab melalui ijtihad dari para ulama. Yuk, segera pesan dan beli buku ini melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com