Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ciri-ciri Jodoh Saya Menurut Islam, Akan Terasa Jika Sudah Dekat!

Kompas.com - 17/11/2022, 09:30 WIB
ciri jodoh menurut islam Sumber: fimela ciri jodoh menurut islam
Rujukan artikel ini:
Memilih Jodoh Terbaik
Pengarang: Ustadz Imam Mubarok Bin…
|
Editor Rahmad

Setiap orang mempunyai jodohnya masing-masing. Jodoh menjadi suatu rahasia dari Allah SWT. Sebagai manusia, kita tidak akan pernah tahu siapa jodoh kita kelak. Namun, terdapat beberapa ciri-ciri jodoh saya menurut Islam yang sudah dituangkan di dalam Al-Quran.

Mengenai jodoh, memang terkadang menjadi suatu hal yang dirasa membingungkan. Kira-kira seperti apa sosok pasangan yang kelak akan menemani kamu hingga akhir hayat nanti? Kita tentunya tidak akan mengetahui siapa jodoh kita, karena sejatinya itu adalah rahasia Allah SWT.

Walaupun begitu, ada satu hal yang pasti, yaitu Allah SWT menciptakan setiap manusia secara berpasang-pasangan. Maka, itu artinya setiap manusia pasti akan menemukan jodohnya, tergantung pada ikhtiar yang dilakukan.

Hal tersebut juga terdapat di dalam Al-Quran, surat Ad-Dzariyat ayat 49, yang artinya sebagai berikut:

"Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah."

Walaupun jodoh setiap orang telah diatur oleh Allah SWT, tetapi sebagai seorang manusia tentunya kita hars tetap melakukan ikhtiar untuk bisa mendapatkan pasangan yang sebaik-baiknya. Maka dari itu, sebagai pedoman hidup setiap manusia, Allah juga sudah menyebutkan beberapa petunjuk atau ciri-ciri tentang jodoh setiap makhluknya.

Untuk informasi lengkapnya, berikut ini ulasan tentang ciri-ciri jodoh saya menurut Islam yang perlu untuk kamu ketahui.

Ciri-Ciri Jodoh Saya Menurut Islam

ciri jodoh menurut islam ciri jodoh menurut islam

1. Diterima oleh keluarga

Ciri-ciri jodoh saya adalah keluarga menerima pasangan kamu. Hal ini juga sejalan dengan firman Allah SWT yang ada di dalam Al-Quran, surat Asy-Syura ayat 11, Adapun artinya sebagai berikut:

"(Dia) Pencipta langit dan bumi. Dia menjadikan bagi kamu dari jenis kamu sendiri pasangan-pasangan dan dari jenis binatang ternak pasangan-pasangan (pula), dijadikan-Nya kamu berkembang biak dengan jalan itu. Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dialah yang Maha Mendengar dan Melihat."

2. Memiliki sifat yang mirip

Salah satu ciri-ciri jodoh saya yang bisa kamu kenali adalah, mempunyai sifat yang sama atau mirip. Hal tersebut juga tertuang di dalam Al-Quran. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT yang ada di dalam Al-Quran pada surat An-Nur ayat 26 yang artinya sebagai berikut:

"Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga)."

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Bisa memahami

Di dalam alquran sudah dijelaskan bahwa ciri-ciri jodoh saya adalah seorang yang akan mampu memahami sifat dan sikap pasangannya masing-masing. Seperti yang tertuang di dalam Al-Quran, pada surat Al-Furqan ayat 74, yang artinya sebagai berikut:

"Dan orang orang yang berkata: "Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa."

4. Mampu memberi rezeki yang baik

Ciri-ciri jodoh saya selanjutnya yang sesuai dengan Al-Quran adalah seseorang yang mampu memberikan rezeki yang baik kepada pasangannya. Hal ini sejalan dengan firman Allah SWT dalam surat An-Nahl ayat 72 yang artinya adalah

"Allah menjadikan bagi kamu isteri-isteri dari jenis kamu sendiri dan menjadikan bagimu dari isteri-isteri kamu itu, anak-anak dan cucu-cucu, dan memberimu rezeki dari yang baik-baik. Maka mengapakah mereka beriman kepada yang bathil dan mengingkari nikmat Allah?"

5. Mampu memberi ketenangan jiwa

ciri lain yang menandakan ciri-ciri jodoh saya adalah seseorang tersebut mampu memberikan ketenangan jiwa kepada kamu. Hal ini tertuang pula di dalam Al-Quran dalam surat Ar-Rum ayat 21 yang artinya adalah:

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir."

Itulah ulasan mengenai ciri-ciri jodoh saya yang sesuai dengan Islam menurut Al-quran. Dalam hal jodoh, kita memang harus memilihnya dengan sebaik mungkin. Jika kamu masih merasa kebingungan tentang jodoh, kamu bisa membaca buku yang berkaitan.

Salah satu buku yang bisa kamu baca adalah buku Memilih Jodoh Terbaik karya Ustadz Imam Mubarok Bin Ali. Melalui buku ini kamu bisa mengetahui Langkah-langkah yang harus kamu ambil dalam urusan jodoh.

Jangan sampai, karena ketidaktahuan kamu tentang hakikat jodoh, membuat kamu salah memilih orang dan kamu menganggapnya sebagai jodohmu. Sebab, tidak semua orang yang kamu cintai adalah jodoh kamu. Maka, bacalah buku ini dan kamu bisa menemukan rahasia tentang jodohmu.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com