Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menarik! Inilah 5 Judul Film Laga yang Menggunakan Senjata Tradisional

Kompas.com - 15/01/2023, 11:30 WIB
film action yang menggunakan senjata tradisional Sumber: merahputih.com film action yang menggunakan senjata tradisional
Rujukan artikel ini:
Cerita Perang Kemerdekaan Indonesia
Pengarang: Mudjibah Utami
|
Editor Rahmad

Sejak sebelum kemerdekaan, Indonesia sudah terbiasa dalam melawan penjajah menggunakan senjata tradisional yang dimiliki. Maka, tidak heran jika Indonesia mempunyai banyak sekali senjata tradisional dari berbagai daerah. Bisa dikatakan, setiap daerah di Indonesia bahkan memiliki lebih dari satu senjata tradisional yang khas.

Adanya senjata tradisional yang unik ini membuat populer juga di kalangan internasional. Tidak heran, kalau senjata tradisional Indonesia dilirik oleh dunia perfilm-an. Oleh sebab itu, banyak film Hollywood yang menggunakan senjata tradisional untuk kepentingan film laga.

Salah satu senjata tradisional yang sering digunakan pada film laga adalah kerambit. Kerambit atau dalam bahasa lokal disebut dengan kerambit adalah senjata tradisional yang berasal dari Minangkabau. Bentuk dari senjata tradisional ini adalah seperti pisau genggam kecil dengan hulu yang melengkung.

Senjata tradisional ini tergolong sangat mematikan, karena senjata tradisional ini bisa digunakan untuk menyayat ataupun merobek tubuh dari lawan. Berdasarkan dari cerita rakyat, senjata tradisional kerambit ini terinspirasi dari cakar harimau yang menjadi salah satu hewan sakral di Ranah Minang.

Senjata tradisional ini dikatakan sangat efektif dalam pertarungan jarak dekat. Biasanya para pendekar silat di Ranah Minang, sangat ahli dalam menggunakan senjata tradisional ini. maka, berikut ini adalah daftar film mancanegara yang menggunakan senjata tradisional dalam adegan film laganya.

Daftar Film yang Menggunakan Senjata Tradisional

film action yang menggunakan senjata tradisional film action yang menggunakan senjata tradisional

1. John Wick 3

Pada film John Wick 3, aktor Indonesia Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman ikut terlibat di dalamnya. Mereka memperkenalkan bela diri dan juga senjata tradisional kerambit pada adegan pertarungan bersama dengan sang bintang utamanya, yaitu Keanu Reeves.

Pada adegan itu, Yayan dan Cecep sama-sama melawan John, yang dikisahkan menjadi seorang buronan karena telah membunuh seorang anggota serikat pembunuh internasional. Saat berhadapan dengan John, mereka berdua memamerkan pencak silat yang merupakan khas dari Indonesia, serta penggunaan senjata tradisional kerambit. Tidak hanya itu, mereka juga berdialog menggunakan bahasa Indonesia.

2. The Raid 2: Berandal

Film yang dirilis pada 2014 silam ini dibintangi oleh Iko Uwais. Pada film ini menyajikan berbagai pertarungan yang sangat epik. Kali ini, Iko melawan seorang pembunuh berdarah dingin yang diperankan oleh seorang jagoan silat panglipur, yaitu Cecep A. Rahman.

Di dalam film ini, Cecep akan menggunakan senjata tradisional khas Sumatera yang bernama kerambit. Semuel ini menghadirkan banyak sekali perkelahian yang brutal nan menegangkan. Puncaknya adalah saat Iko Uwais harus berduel dengan Cecep dengan menggunakan sebuah pisau bengkok yang dijepit di jari yaitu kerambit.

3. The Extraction

Original film Netflix bergenre action-thriller ini adalah film yang diproduksi Amerika Serikat yang mengambil lokasi cerita di Bangladesh dan India. Makanya, film ini menggunakan tiga bahasa, yaitu bahasa Inggris,, Hindi, dan Bengali.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Film ini dibintangi oleh Chris Hemsworth yang menceritakan tentang mantan pasukan khusus militer Australia yang diminta untuk menyelamatkan seorang anak dari gembong narkoba. Lalu, pada satu adegan, diketahui bahwa Chris menggunakan senjata tradisional kerambit pada saat sedang bertarung dengan lawannya dari jarak dekat.

4. Lucifer

Lucifer adalah serial drama fantasi, kriminal, dan juga komedi yang pada awalnya diputar di Fox pada tahun 2016-2018, yang kemudian juga tayang di Netflix. Serial ini adalah perjalanan Lucifer yang dibintangi oleh Tom Ellis yang merupakan seorang malaikat yang kemudian melakukan pemberontakan pada Tuhan. Oleh karena itu, ia akhirnya dihukum untuk menjaga neraka.

Karena bosan, ia pindah ke Los Angeles. Di sana ia membuka sebuah klub malam dan menjalin hubungan dengan seorang detektif pembunuhan. Nah, film ini juga memiliki adegan pertarungan. Di mana salah satu adegannya adalah seorang wanita yang menggunakan dua buah pisau kecil, yaitu senjata tradisional kerambit.

5. Man From Nowhere

Film ini tayang pada tahun 2010 silam. Film yang berkisah tentang kesepakatan jual beli heroin ini merupakan film laga yang berasal dari Korea Selatan yang dibintangi oleh Won Bin. Film ini sangat sukses dan juga menerima banyak penghargaan.

Pada adegan laga di film ini, menggunakan senjata tradisional kerambit di salah satu adegannya. Dalam film itu terlihat senjata tradisional itu sangat berbahaya karena digunakan untuk berduel.

Itulah deretan film mancanegara yang menggunakan senjata tradisional, yaitu kerambit yang berasal dari Sumatera. Senjata tradisional ini sudah digunakan sejak zaman dahulu, hal itu bisa kita lihat di buku-buku cerita perang, seperti buku Cerita Perang Kemerdekaan Indonesia karya Mudjibah Utami.

Buku ini berkisah tentang kisah heroik dari para pahlawan kemerdekaan dalam memperjuangkan melawan para penjajah. Dengan membaca buku ini, mampu membangkitkan semangat nasionalisme anak-anak serta mengajarkan mereka untuk mencintai sejarah di masa lalu.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com