Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Allah Menciptakan Manusia? Simak Penjelasan Lengkapnya Berikut Ini!

Kompas.com - 03/01/2023, 13:30 WIB
Kenapa Allah Menciptakan Manusia Sumber Gambar: Freepik.com Kenapa Allah Menciptakan Manusia
Rujukan artikel ini:
Secrets of Divine Love: Sebuah…
Pengarang: A. Helwa
Penulis Okky Olivia
|
Editor Puteri

Menurut ajaran Islam, manusia pada mulanya berasal dari Adam dan Hawa.

Manusia merupakan makhluk Allah Swt. yang diciptakan dengan sebaik-baiknya bentuk, dibekali dengan ilmu serta akal yang luas sehingga memiliki kapasitas untuk menjadi khalifah di muka bumi.

Sebagian orang atau mungkin kita sendiri mungkin pernah bertanya-tanya, apakah sebenarnya tujuan Allah Swt. menciptakan manusia?

Bukankah Allah Swt. sudah lebih dulu menciptakan makhluk yang sempurna dalam wujud malaikat? Mereka juga makhluk yang selalu patuh dan tidak pernah sekalipun menentang perintah Allah Swt.

Meskipun begitu, penciptaan manusia ini tentunya memiliki tujuan yang penting, sehingga manusia dianggap sebagai makhluk yang lebih sempurna daripada malaikat.

Tujuan penciptaan manusia bukan sebuah kesia-siaan, manusia tercipta dari proses yang sangat panjang, diawali dari saripati tanah yang berubah menjadi air mani (tersimpan di dalam rahim).

Air mani tersebut perlahan bertumbuh menjadi segumpal daging, kemudian tersusun atas tulang belulang, sampai akhirnya tumbuh menjadi manusia dalam bentuk yang utuh.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa tujuan penciptaan manusia yang perlu kamu ketahui.

Tujuan Penciptaan Manusia ke Muka Bumi

1. Sebagai Pengurus Bumi atau Khalifah

Tujuan penciptaan manusia yang pertama adalah sebagai pengurus bumi dan seisinya atau bisa juga disebut khalifah.

Khalifah adalah hamba Allah Swt. yang ditugaskan untuk menjaga kemaslahatan dan kesejahteraan dunia.

Dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 30 dijelaskan bahwa Allah Swt. menciptakan manusia untuk dijadikan sebagai khalifah, manusia juga diberikan derajat yang lebih tinggi agar bisa mengatur, mengelola, dan mengolah semua potensi yang ada di bumi.

2. Mengemban Amanah

Tujuan penciptaan manusia yang selanjutnya adalah untuk mengemban amanah.

Tujuan ini akan mendidik orang-orang beriman supaya selalu bisa memelihara amanah dan mematuhi perintah yang berikan Allah Swt.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Amanah yang sudah ditetapkan oleh Allah Swt. dan Rasul-Nya juga tidak boleh dikhianati, sehingga manusia selalu merasa punya tugas untuk menjaga amanah tersebut sampai akhir hayat.

3. Agar Manusia Mengetahui Kebesaran Allah Swt.

Manusia diciptakan ke muka bumi juga bertujuan agar manusia senantiasa mengetahui masa besar dan maha kuasanya Allah Swt., yang meliputi seluruh alam semesta dan seisinya.

Seperti yang sudah tertuang dalam Al-Qur’an Surat at-Thalaq ayat 12, dijelaskan bahwa Allah Swt. sesungguhnya menciptakan tujuh langit dan bumi karena Allah Swt. adalah maha kuasa atas segala sesuatu di alam semesta.

4. Beribadah Kepada Allah Swt

Tujuan penciptaan manusia yang paling utama menurut Islam adalah untuk beribadah dan bertakwa kepada Allah Swt.

Telah dijelaskan dalam Al-Qur’an Surat Adz Dzariyat ayat 56 bahwa Allah Swt. menciptakan manusia dan jin semata-mata agar mereka hanya beribadah kepada-Nya.

Allah Swt menciptakan manusia bukan hanya sekadar untuk tidur, makan, minum, bekerja, dan beraktivitas lain, tapi juga untuk melengkapi bumi dan beribadah kepada-Nya.

Dalam Al-Qur’an Surat Al-Qiyamah ayat 37-39, menegaskan bahwa Allah Swt. menciptakan manusia dari tanah dan air mani yang hina kemudian meniupkan roh ke dalam tubuh manusia, memberikan kemampuan pendengaran, penglihatan, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, sebagai makhluk yang paling sempurna dibandingkan makhluk lain, sudah semestinya manusia hidup dengan penuh rasa syukur dan tidak pernah lupa untuk selalu beribadah kepada Allah Swt. dalam kondisi apapun.

Untuk semakin menebalkan keimanan dan rasa cinta pada Islam, kamu bisa membaca buku Secrets of Divine Love: Sebuah Perjalanan Spiritual yang Mendalam tentang Islam karya A. Helwa.

Ibarat sebuah perjalanan spiritual, buku ini akan mengubah hubungan kamu dengan Tuhan, diri sendiri, dan dunia di sekitarmu menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Dengan memanfaatkan banyak kata-kata inspiratif dari Al-Qur’an dan Nabi Muhammad SAW, buku ini akan membantu memperkuat iman dan meningkatkan ketergantunganmu kepada Allah Swt. melalui ibadah, doa, dan prasangka yang baik.

Untuk orang yang masih sering berputar pada keputusasaan, buku ini akan menunjukkan bahwa tidak ada sesuatu yang perlu ditakuti selama ada Tuhan yang senantiasa menopang kehidupan.

Buku Secrets of Divine Love: Sebuah Perjalanan Spiritual yang Mendalam tentang Islam bisa langsung kamu checkout di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com