Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Rekomendasi Buku Biografi Terbaik Tokoh Besar Indonesia

Kompas.com - 19/12/2022, 19:30 WIB
Rekomendasi Buku Biografi Terbaik Photo on Gramedia.com Rekomendasi Buku Biografi Terbaik
Rujukan artikel ini:
Membaca Sukarno Dari Jarak Paling…
Pengarang: Eddi Elison
|
Editor Rahmad

Teks biografi adalah salah satu bentuk naskah bahasa Indonesia yang banyak diminati untuk dibaca. Biografi adalah teks yang menceritakan tentang seseorang yang menginspirasi. Baik kisah hidup atau prestasinya.

Itulah sebabnya kita bisa mengenal sosok seseorang dari biografi. Termasuk mengenal sosok para tokoh yang memiliki prestasi atau kisah hidupnya yang menginspirasi.

Seperti beberapa tokoh besar Indonesia yang bisa kamu kenal dan pelajari kisah hidupnya. Rekomendasi buku biografi terbaik tentang tokoh ini bisa kamu jadikan referensi.

Rekomendasi Buku Biografi Terbaik

Berikut ini rekomendasi buku biografi terbaik para tokoh besar Indonesia yang sangat menginspirasi dan menarik untuk dibaca:

1. Membaca Sukarno Dari Jarak Paling Dekat

Soekarno yang merupakan seorang tokoh besar memiliki banyak hal yang menarik untuk diperhatikan. Bahkan, hal-hal terkecil sekalipun tentangnya. Lapisan kehidupannya ini seakan tidak akan habis dikupas.

Banyak buku yang sudah membahas kisah hidupnya, tetapi yang paling gurih tentu diceritakan langsung oleh orang yang hampir setiap hari dengannya. Dia adalah Eddi Elison, mantan wartawan yang paling istiqomah blusukan di Istana Kepresidenan menghadirkan itu.

Tidak hanya itu, soal kebiasaan Bung Karno minum air seduhan kacang hijau, makan biji durian mentah, hingga nekat jual artikel demi menyuguhkan peuyeum pun dimunculkan dalam buku Membaca Sukarno Dari Jarak Paling Dekat ini.

2. Api Republik: Biografi Hamengku Buwono IX

Buku Api Republik: Biografi Hamengku Buwono IX yang ditulis Haidar Musyafa ini adalah biografi yang membahas periode awal dari kehidupan, pemikiran, dan perjuangan Gusti Raden Mas Dorodjatun.

Terutama sejak ia lahir hingga ditabalkan menjadi Sultan Hamengku Buwono IX di Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Ada banyak cerita inspiratif dalamnya, hingga buku ini wajib masuk rekomendasi buku biografi terbaik yang bisa kamu baca.

3. Biografi Politik Habibie : Dari Malari Sampai Reformasi

Buku Biografi Politik Habibie : Dari Malari Sampai Reformasi memuat kisah perjalanan politik Habibie sejak awal hingga puncak karirnya. Terutama yang dilatari berbagai peristiwa menjelang tumbangnya Orde Baru.

Buku ini mengungkapkan berbagai spekulasi sejak Orde Baru hingga Reformasi selama karir Habibie, bahkan yang hingga kini belum terjawab tuntas.

4. Biografi Gus Dur (Edisi Terbaru)

Abdurrahman Wahid, atau juga populer dengan sebutan Gus Dur adalah tokoh panutan yang sangat dihormati banyak orang karena pengabdiannya pada masyarakat, demokrasi, dan Islam yang toleran.

Sosoknya penuh teka-teki, bahkan juga kontroversial, sehingga pemikiran dan tindakannya sering disalahpahami oleh banyak orang. Dia dipuji oleh banyak kalangan, tetapi juga dicela.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Namun, penulis buku ini, Greg Barton, berhasil memotret dan menampilkan pemahaman yang utuh dan komprehensif tentang sosok Gus Dur dalam buku Biografi Gus Dur ini.

5. Tan Malaka Sebuah Biografi Lengkap

Ibrahim Gelar Datuk Sutan Malaka atau lebih dikenal dengan Tan Malaka adalah salah satu tokoh besar Indonesia. Buku Tan Malaka Sebuah Biografi Lengkap ini akan mengisahkan kehidupan dan peran penting penulis buku “Madilog” itu di tanah air dengan lengkap.

6. Soe Hok Gie : Biografi Singkat 1942-1969

Takdir yang memaksanya mati muda tidak melunturkan peran Soe Hok gie dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Justru, hidupnya yang singkat membantu menjaga konsistensi perjuangannya sampai sekarang.

Takdir mungkin mengasihaninya dibanding siapapun. Namun, takdir tidak pernah mengizinkan Soe Hok Gie menjilat ludah sendiri seperti yang kebanyakan dilakukan teman-teman seperjuangannya yang sekarang duduk dalam lingkaran kekuasaan.

Buku Soe Hok Gie: Biografi Sang Demonstran 1942-1969 ini, pembaca tidak hanya bisa memahami sosok Soe Hok Gie dengan pemikiran dan pandangan hidupnya, namun juga bagaimana pandangan tokoh-tokoh besar lainnya melihat sosok Soe Hok Gie.

7. Mohammad Hatta

Mohammad Hatta adalah tokoh besar di Indonesia, bahkan juga dunia. Bersama Soekarno, Mohammad Hatta jadi proklamator kemerdekaan Indonesia. Meskipun akhirnya berseberangan dengan pemikiran Soekarno.

Duet Soekarno-Hatta ini kemudian pecah di pemerintahan sehingga menyebabkan Hatta mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Wakil Presiden Rl. Namun, di luar itu persahabatan mereka tetap akrab.

Dalam buku Mohammad Hatta ini, pembaca akan menemukan sosok pemimpin yang mengutamakan pentingnya pendidikan bagi rakyat. Hatta mempraktekkannya dengan mengajari orang-orang lokal di Digul dan Banda tentang materi-materi pelajaran.

Terutama yang dibutuhkan oleh mereka di sana. Hatta sangat sadar bahwa kemerdekaan Indonesia harus dicapai oleh rakyat yang cerdas, bebas, dan juga berpikiran maju. Itulah sebabnya rekomendasi buku biografi terbaik ini sangat menarik dan menginspirasi.

Nah, itulah beberapa rekomendasi buku biografi terbaik tentang tokoh besar Indonesia. Mana buku yang tertarik kamu baca? Kita bisa ambil pelajaran bahkan dari kisah hidup orang lain yang bisa kita baca dari buku biografi.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com