Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memahami Kalimat Thayyibah Tasbih, Ini Makna dan Keutamaanya 

Kompas.com - 07/12/2022, 12:30 WIB
Thayyibah Tasbih Photo by iqbalnuril on Pixabay Thayyibah Tasbih
Rujukan artikel ini:
Paket Nabil Naura : Seri…
Pengarang: Noor H. Dee
|
Editor Rahmad

Seperti yang kita ketahui, ada beberapa jenis kalimat baik dalam islam yang disukai Allah SWT. Kalimat tersebut disebut kalimat thayyibah yang penuh makna dan keutamaan bagi umat muslim. Termasuk kalimat thayyibah tasbih yang jadi kalimat yang dicintai Allah SWT.

Kamu mungkin sudah tidak asing dengan kalimat ini. Namun, tahukah kamu apa makna dan keutamaannya? Apakah kalimat thayyibah tasbih ini hanya dibaca saat dzikir setelah sholat? Simak pembahasan berikut ini untuk menemukan jawabannya.

Kalimat Thayyibah Tasbih

Kata Subhanallah adalah kalimat thayyibah tasbih yang sering dilantunkan oleh umat Islam. Kalimat baik ini biasanya digabungkan dengan dua jenis kalimat Thayyibah lainnya yaitu Alhamdulillah dan Allahu Akbar.

Sama halnya dengan pasangan kalimat Thayyibah Masya Allah dan tabarakallah, kalimat tasbih juga sering disandingkan dengan kalimat tahmid, dan takbir. Seperti mengucapkan kalimat Masya Allah kemudian dilanjutkan mengucapkan kalimat Tabarakallah.

Kalimat Masya Allah Tabarakallah artinya semoga Allah memberkatimu dan jadi kalimat kekaguman pada ciptaan Allah. Tidak kalah baiknya, kalimat thayyibah tasbih, tahmid, dan takbir juga memiliki makna yang dahsyat.

Yakni maha suci Allah, segala puji bagi Allah, dan Allah Maha Besar, yang juga ditujukan untuk mengagumi Allah SWT. Tentu kalimat thayyibah tersebut sangat bermakna jika diucapkan secara tulus hanya pada Allah SWT.

Rasulullah SAW berpesan kepada umatnya untuk membaca kalimat-kalimat tasbih sebagai dzikir sehari-hari terutama setelah shalat fardhu. Meskipun kalimat thayyibah ini tergolong mudah dibaca, tetapi memiliki keutamaan yang besar bila dipraktikkan.

Selain sebagai dzikir, kata Subhanallah juga sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Kata ini biasanya digunakan ketika seorang muslim terkejut.

Lalu, apa sebenarnya arti kalimat thayyibah tasbih Subhanallah ini ? Untuk mengetahuinya, lanjutkan membaca penjelasannya di bawah ini.

1. Arti Tasbih Subhanallah

Dalam bahasa Arab, kalimat thayyibah tasbih Subhanallah terdiri dari dua kata, yaitu subhâna dan Allâh. Kata subhâna berasal dari kata sabaha-yasbahu yang berarti “menjauh”. Arti dari kata tersebut berkembang artinya jadi “suci”.

Sesuatu yang suci kemudian diartikan jauh dari hal-hal yang bersifat kotor dan najis. Jadi, secara tekstual, arti kalimat Subhanallah adalah Maha Suci Allah.

Inti dari bacaan kalimat thayyibah tasbih subhanallah ini adalah menyucikan Allah SWT dari segala sifat buruk dan sifat yang mengarah pada kesalahan.

2. Keutamaan Mengucapkan Subhanallah

Berdasarkan artinya di atas, sebenarnya kita sudah melihat bagaimana makna yang ajaib dari kalimat thayyibah ini. Termasuk ada keutamaan yang mencerminkan makna yang ajaib tersebut, seperti keutamaan kalimat subhanallah berikut ini:

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

  • Berpahala Besar

Tasbih ini memberi banyak pahala bagi mereka yang tulus mengucapkannya, terutama saat hari kiamat nanti. Siapapun yang senang berdzikir dengan kalimat thayyibah ini sebanyak 100 kali, maka kelak akan membawa pahala yang besar baginya.

  • Menghapus Dosa

Kalimat Tasbih bisa menghapus dosa dan menambah pahala bagi mereka yang melafalkannya. Kalimat thayyibah ini memiliki manfaat besar untuk kehidupan muslim kelak di akhirat.

Satu kalimat “Subhanallah” yang dibaca ini akan memberi 20 pahala kebaikan dan mengurangi 20 dosa atau keburukan kita.

  • Menghapus Dosa yang Lalu

Kalimat Tasbih ini juga bisa menghapus dosa yang telah lalu. Kalimat tasbih apabila diikuti dengan membaca tahlil, takbir, dan tahmid dapat menjadi bacaan dzikir yang dapat menghapus dosa kita di masa lalu sekalipun.

  • Keutamaan Saat Melihat Sesuatu yang Buruk

Thayyibah tasbih dapat jadi ucapan yang baik saat merespon atau melihat sesuatu hal yang buruk. Contohnya saat ada bencana alam, perbuatan dosa, perbuatan zalim, dan hal-hal buruk lain.

Siapapun yang melakukannya ibarat mengikuti sunnah Nabi Muhammad karena ketika Rasulullah melihat hal buruk, maka Rasul akan mengucapkan “Subhanallah”.

Selain kalimat thayyibah tasbih, ada banyak jenis kalimat baik lainnya. Dari makna dan keutamaanya tersebut, alangkah baiknya jika kita sudah terbiasa dengan kalimat-kalimat baik tersebut.

Terutama bagi anak-anak sangat baik jika dibiasakan mengenal dan mengucapkan kalimat thayyibah.

Buku Paket Nabil Naura : Seri Kalimat Thayyibah (Boardbook) bisa digunakan untuk belajar anak-anak mengenal dan mempelajari berbagai jenis kalimat thayyibah, selain kalimat thayyibah tasbih.

Buku ini bisa kamu beli dan pesan di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.