Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Asal Mula Terbentuknya Olahraga Bulu Tangkis? Simak Ulasannya Berikut Ini

Kompas.com - 06/12/2022, 13:30 WIB
asal mula permainan bulu tangkis Sumber: freepik asal mula permainan bulu tangkis
Rujukan artikel ini:
TANGKAS: 67 Tahun Berkomitmen Mencetak…
Pengarang: DR. Ir. Justian Suhandinata,…
|
Editor Rahmad

Bulu tangkis atau badminton menjadi salah satu olahraga yang digemari oleh masyarakat. Sejak dulu hingga sekarang, atlet Indonesia kerap kali menorehkan prestasinya sampai ke level internasional.

Permainan bulu tangkis juga semakin dekat di telinga masyarakat Indonesia karena pertandingannya sangat sering ditampilkan di stasiun televisi. Selain itu, eksistensi dari para atlet bulu tangkis membuat olahraga ini semakin banyak penggemarnya.

Mungkin kamu sering bermain bulu tangkis karena gemar dengan olahraga tersebut. Namun, apakah kamu sudah mengetahui bagaimana sejarah bulu tangkis? Jadi, berikut ini adalah ulasan tentang sejarah bulu tangkis.

Sejarah Bulu Tangkis

asal mula permainan bulu tangkis asal mula permainan bulu tangkis

Banyak orang yang mengenal olahraga bulu tangkis dengan sebutan badminton. Lalu, dari mana asal mula kata badminton itu sendiri?

Kata badminton sebetulnya berasal dari sebuah rumah (istana) yang bernama Badminton House yang lokasinya berada di Kawasan Gloucestershire, yaitu sekitar 200 kilometer di sebelah barat London, Inggris.

Pemilik dari rumah tersebut adalah Duke of Beaufort beserta keluarganya yang merupakan seorang aktivis bulu tangkis. Meskipun begitu, ia bukanlah seorang penemu dari permainan bulu tangkis ini.

Pengenalan pada istilah badminton menjadikan bulu tangkis menjadi mulai dikenal oleh berbagai kalangan. Bahkan, hingga kalangan atas mengetahui permainan badminton, yang sampai saat ini istilahnya sudah menyebar sampai ke berbagai penjuru negara.

Bermula di India Pada Tahun 1870-an

Beberapa orang mengetahui bahwa sejarah bulu tangkis lahir di negara India. Bukti yang menyebutkan bahwa India menjadi penemu dalam olahraga bulu tangkis adalah bermula di tahun 1870-an. Di mana, di tahun tersebut, India mulai membuat semacam peraturan yang berkaitan dengan bulu tangkis.

Di India, nama bulu tangkis ini dikenal sebagai battledore. Permainan ini, saat itu diketahui sebagai permainan antar dua orang yang menyepak bola ke arah depan (forehand) dan ke arah (backhand). Dalam permainan ini, pemain menggunakan sebuah bat atau penepak yang berasal dari kayu.

Lalu, di abad ke-19, permainan ini mulai menyebar sampai ke pinggiran kota Inggris. Yang selanjutnya di tahun 907, permainan bulu tangkis ini menyebrang dari Inggris ke Afrika Selatan, lalu Kanada, sampai ke New York.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kemudian, di tahun 1920-an, permainan bulu tangkis menyebar ke Eropa, Amerika Utara, dan juga Asia. Negara Malaysia serta Singapura menjadi negara yang pertama kali dikenalkan dalam permainan bulu tangkis ini. setelah itu, baru kemudian masuk ke Indonesia.

Dari sejarah bulu tangkis, akhirnya permainan bulu tangkis pun berkembang dengan begitu pesat sebagai sebuah ajang dalam memupuk pergaulan dan penyelenggaraan kompetisi nasional maupun internasional.

Apakah Ada Perbedaan Permainan Bulu Tangkis Dulu dan Sekarang?

asal mula permainan bulu tangkis asal mula permainan bulu tangkis

Sepanjang sejarang bulu tangkis, terdapat beberapa perbedaan dalam permainan bulu tangkis zaman dulu dengan sekarang. Di antaranya adalah:

  1. Shuttlecock yang digunakan pada zaman dulu ukurannya dua kali lebih besar dibandingkan dengan saat ini.
  2. Panjang raket pada zaman dulu adalah sekitar setengah meter dengan bagian kepalanya yang bulat dan juga tanpa senar.
  3. Pada zaman dulu, bentuk raket yang dipakai terbuat dari kayu penepak yang ditutup dengan kertas kulit dan pada saat seseorang memukul kok, maka akan mengeluarkan suara seperti seseorang yang sedang memukul tambur.

Nah, itulah sejarah bulu tangkis pertama kali muncul beserta dengan perbedaan dalam permainan bulu tangkis zaman dulu dengan zaman sekarang. Dengan mengetahui sejarang bulu tangkis, bisa menambah wawasan kamu tentang olahraga yang sedang digemari banyak orang saat ini.

Apakah kamu seorang penggemar bulu tangkis? Atau kamu sedang mempelajari olahraga bulu tangkis? Nah, untuk semakin menambah wawasan kamu tentang bulu tangkis, kamu bisa membaca buku yang berjudul TANGKAS: 67 Tahun Berkomitmen Mencetak Jawara Bulu Tangkis.

Buku yang disusun oleh DR. Ir. Justian Suhandinata, S.E. ini, berisikan tentang berbagai kisah perjuangan PB Tangkas dalam menyumbangkan berbagai macam medali di dunia bulu tangkis di Indonesia.

Di buku ini juga dikisahkan para pemain yang berhasil mencapai segudang prestasi dari pebulu tangkis yang sudah digembleng dengan sangat matang oleh para pelatihnya yang hebat. Diceritakan juga di dalamnya bahwa PB Tangkas berhasil melahirkan pemain-pemain yang hebat dan berbakat, baik itu pemain cilik, maupun pemain yang dewasa.

Buku ini bisa langsung kamu pesan melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.