Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Keutamaan Zakat, Hidup dengan Rezeki yang Lebih Berkah

Kompas.com - 29/11/2022, 15:30 WIB
Keutamaan Zakat pixabay.com/allybally4b Keutamaan Zakat
Rujukan artikel ini:
Kekuatan Zakat
Pengarang: Agus Thayib Afifi Dan…
|
Editor Rahmad

Zakat adalah masalah penting dalam Islam daripada sholat 5 waktu. Itulah sebabnya Allah SWT sering mengaitkan penyebutan zakat dalam Al-Qur'an dengan doa-doa agar kita tidak hanya menghormati hak-hak Allah tetapi juga hak-hak orang lain.

Namun, saat ini kesadaran di kalangan umat Islam tentang pembayaran zakat masih kurang. Diantaranya rukun Islam ini masih kerap disepelekan.

Ada yang terlalu kaya dan masih enggan membayarnya karena kesengsaraan dan takut kekayaannya menyusut. Padahal dengan berzakat akan mendapatkan beberapa keutamaan.

Keutamaan Zakat

Padahal begitu banyak kemaslahatan dan hikmah di balik keutamaan zakat yang bisa dirasakan oleh individu maupun masyarakat. Hal tersebut karena keutamaan zakat memang memiliki mukjizat, baik yang memberi atau yang diberi

Berikut ini keutamaan zakat yang perlu umat muslim ketahui agar rezekinya lebih berkah:

1. Bukti Keimanan

Dalam kitab Syarh Al-Mumti dijelaskan bahwa zakat adalah bukti kebenaran iman bagi mereka yang melakukannya secara ikhlas.

Hal ini karena jiwa mencintai harta, dan kita tidak mengorbankan apapun yang dicintai kecuali untuk mengharapkan sesuatu yang lebih dicintai. Dari situ kita bisa melihat keikhlasan para penjahat mencari keridhaan Allah SWT.

2. Membersihkan Moral

Ibnu Qayyim menjelaskan dalam kitab Zadul Ma'ad bahwa keutamaan zakat dapat menyucikan akhlak seseorang dan melebarkan dadanya. Orang yang membayar zakat bergabung dengan barisan orang yang dermawan dan meninggalkan barisan orang yang kikir.

Seseorang yang memberikan zakat dengan sukarela dan dengan kedermawanannya merasakan ruang dalam jiwanya.

3. Dilindungi Hartanya dari Orang Jahat

Zakat menjaga kekayaan dan melindunginya dari perhatian orang miskin dan sentuhan orang jahat. Ini membuat rezeki seseorang jadi lebih berkah karena bermanfaat bagi dirinya dan juga orang lain.

4. Membantu Orang Keluar dari Kemiskinan

Al-Fiqh Al Islami wa Adillatuhu mengatakan bahwa zakat dapat membantu fakir dan miskin. Yakni menggandeng tangan mereka untuk memulai usaha dan semangat baru, jika mereka adalah orang-orang yang mampu.

Hal itu dapat membantu mereka menjalani kehidupan yang mulia ketika mereka adalah orang yang lemah. Zakat melindungi manusia dari penyakit kemiskinan dan melindungi negara dari kerusakan dan kelemahan.

5. Dukungan untuk Komunitas Muslim

Kitab Al-Fiqh Al Islami wa Adillatuhu juga mengatakan bahwa zakat adalah keikutsertaan seorang muslim dalam pemenuhan kewajiban sosialnya untuk menunjang dasar kehidupan masyarakat Islam.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Yakni memberikannya saat dibutuhkan, menyiapkan pasukan, menangkis serangan musuh dan membantu mereka yang membutuhkan sampai cukup.

6. Bentuk Syukur atas Kekayaan

Al-Qarafi dalam Adz-Dzakhirah menjelaskan bahwa zakat adalah bentuk rasa syukur atas harta yang kita miliki. Toh, bukan hanya pemerintah yang bergerak menghadapi situasi akibat pandemi Covid-19.

Umat ​​Islam juga harus membantu menyelamatkan orang miskin yang paling terpukul oleh wabah ini. Kita dapat berpartisipasi dalam banyak hal. Termasuk keikutsertaan sesuai dengan kemampuan dan kondisi masing-masing.

Dalam konteks ini, zakat, infaq, dan sedekah kita dapat diberikan kepada mereka yang terkena dampak dan orang-orang di sekitar kita. Kita mungkin belum menjadi orang kaya dan sejahtera, tetapi kita tetap membutuhkan pengorbanan.

Termasuk kepedulian untuk membantu masyarakat miskin yang terkena dampak wabah ini. Kedermawanan sangat dibutuhkan oleh banyak orang saat ini.

Dalam kondisi seperti sekarang ini, kedermawanan tidak hanya diberikan oleh mereka yang mampu, tetapi mereka yang tidak mampu didorong untuk bersedekah. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Ahmad dari Sahabat Abu Dzar di mana dia berkata:

“Wahai Rasulullah, apakah amal yang paling utama? Dia menjawab: "Sulitnya memberi sedekah kepada mereka yang memiliki sedikit."

Mari kita semua terus bergerak, mari membantu menyelamatkan sesama, terutama mereka yang sedang berjuang secara finansial. Melalui zakat, infak dan sedekah yang dapat kita sedekahkan, meskipun jumlahnya kecil.

Dengan hati yang ikhlas saat memanjakan doa zakat fitrah, atau jenis zakat lainnya jadi niat yang tulus untuk bersedekah. Semoga kita mendapatkan pahala yang berlipat ganda dan mengubah harta menjadi kebaikan.

Buku Kekuatan Zakat yang ditulis Agus Thayib Afifi dkk bisa kamu jadikan referensi mempelajari berbagai hal tentang zakat. Termasuk dalil-dalil, cara menghitung, waktu membayar, sampai keutamaan zakat.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com