Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Rekomendasi Buku Tentang Zakat Terbaik Sebagai Referensi Belajar

Kompas.com - 03/09/2022, 12:30 WIB
Rekomendasi Buku Tentang Zakat Photo on Gramedia.com Rekomendasi Buku Tentang Zakat
Rujukan artikel ini:
Fikih Zakat Kontemporer
Pengarang: Oni Sahroni
|
Editor Rahmad

Kamu sedang mencari rekomendasi buku tentang Zakat? Sebagian dari kamu mungkin belum terlalu paham tentang zakat dan ingin memperdalam ilmunya.

Pengertian zakat sederhananya adalah rukun islam yang wajib dilakukan oleh umat agama islam yang mampu dan memiliki kecukupan harta. Itulah sebabnya kamu perlu memahami pengetahuan zakat ini.

Hal ini karena zakat merupakan praktik penting dalam ajaran Islam. Selain itu zakat juga memiliki beberapa ketentuan dan peraturan untuk menegakkannya. Apalagi amalan zakat juga termasuk dalam firman Allah SWT, sehingga kita perlu memahami amalan tersebut.

Rekomendasi Buku Tentang Zakat

Berikut ini rekomendasi buku tentang zakat terbaik yang bisa kamu jadikan referensi belajar zakat dari segi fiqih maupun pendekatan riset:

1. Ensiklopedia Fiqih Indonesia 3: Zakat

Penulis : Ahmad Sarwat Lc., MA

Tahun terbit : 14 Okt 2019

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Bahasa : Indonesia

Jumlah halaman : 568

Buku Ensiklopedia Fikih Indonesia 3: Zakat yang ditulis oleh Ahmad Sarwat Lc., Massachusetts ini sangat lengkap pembahasannya tentang Zakat. Jenis referensinya seperti kamus, sehingga istilah dan definisi terkait zakat sangat mudah dipahami.

Paruh pertama buku ini mencakup pemahaman dasar tentang zakat, makna dan kewajibannya, kebijaksanaan, dan diskusi mendalam lainnya. Dari isi buku yang detail, buku ini direkomendasikan bagi pemula.

Sifatnya yang ensiklopedis membuat buku ini terasa lengkap, namun pembahasannya tidak terlalu luas dan tidak terlalu dalam. Namun untuk mengetahui dan memahami zakat, buku ini sangat bagus.

2. Mengelola Zakat Indonesia

Penulis : Yusuf Wibisono

Tahun terbit : 30 Jan 2018

Penerbit : Kencana

Bahasa : Indonesia

Jumlah halaman : 277

Buku Mengelola Zakat Indonesia merupakan buku Zakat pertama yang membahas tentang Zakat di Indonesia dan berfokus pada aspek ekonomi dan administrasinya. Berbeda dengan buku lainnya yang banyak menitikberatkan pada aspek fiqh.

Selain itu, buku yang ditulis oleh Yusuf Wibisono ini juga membahas konteks sejarah, sosial, politik, dan hukum aktif Indonesia saat ini. Buku tersebut memaparkan wacana penyelenggaraan zakat nasional yang diawali dengan munculnya UU No. 38 Tahun 1999, wacana dan perdebatan revisi UU No. 23 Tahun 2011 di Mahkamah Konstitusi, dan fenomena arah reformasi.

Jika kamu adalah, praktisi Zakat, dan masyarakat umum sebagai pemerhati zakat di tanah air, maka buku ini bisa menjadi referensi yang cocok.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Fikih Zakat Kontemporer

Penulis : Oni Sahroni

Tahun terbit : 18 Sep 2018

Penerbit : RajaGrafindo Persada

Bahasa : Indonesia

Jumlah halaman : 370

Buku Fikih Zakat Kontemporer yang ditulis oleh Oni Sahroni menjelaskan salah satu alat ekonomi Islam. Hal ini karena ekonomi Islam dapat mengandalkan tiga alat utama: sektor riil, sektor keuangan dan filantropi. Zakat harus menjadi tulang punggung kegiatan filantropi.

Sehingga zakat dapat dilaksanakan dan diamalkan secara optimal sesuai dengan Al-Qur'an. Dari sini, harus diakui bahwa aspek sosial umat Islam sebenarnya dapat terpenuhi dengan sangat optimal berkat penyangga utama – pengamalan zakat yang terlaksana dengan baik.

Karena Zakat merupakan rukun dan kewajiban, maka sarana dan prasarana yang layak harus disediakan untuk amalan Zakat yang baik. Buku ini juga menyediakan literatur dan referensi fiqh zakat yang dapat menjawab pertanyaan terkini tentang zakat secara lebih lengkap dan mendalam.

Referensi tersebut dapat menjawab dan menemukan solusi atas tantangan yang muncul dalam pengelolaan zakat dari aspek fiqih. Isu modern yang dirujuk buku ini adalah zakat emas dan perak, dan para ulama percaya bahwa orang miskin itu sendiri memiliki makna modern.

4. Zakat Perspektif Mikro-Makro Pendekatan Riset

Penulis : Nurul Huda

Tahun terbit : 8 Okt 2015

Penerbit : Kencana Prenada Media

Bahasa : Indonesia

Jumlah halaman : 256

Memang sudah banyak sekali buku Zakat yang beredar, terutama yang berkaitan dengan sisi fiqih. Buku Zakat Perspektif Mikro-Makro Pendekatan Riset ini berbeda karena menyajikan pendekatan riset dan sedikit riset fikih kontemporer.

Buku ini tentu mendapat sorotan karena dilakukan dengan pendekatan penelitian. Kesenjangan yang besar antara kemungkinan zakat dan realisasinya di Indonesia menjadi fokus buku ini.

Aspek yang diperhatikan dalam buku ini dari berbagai perspektif, baik mikro ekonomi maupun makro ekonomi, regulasi, Muzaki dan Mustahik. Penulis berharap buku ini dapat memberikan harapan baru bagi perkembangan zakat di Indonesia. Khususnya bagi perkembangan kajian zakat.

Nah, itulah rekomendasi buku tentang zakat yang bisa kamu jadikan referensi belajar zakat dari segi fiqih maupun pendekatan riset. Mana buku yang tertarik kamu baca? Koleksi rekomendasi buku tentang zakat tersebut bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com