Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menu Diet Saat Puasa, Turun 10 kg dalam Seminggu

Kompas.com - 30/11/2022, 18:00 WIB
Menu Diet Saat Puasa Turun 10 kg dalam Seminggu Sumber Gambar: Freepik.com Menu Diet Saat Puasa Turun 10 kg dalam Seminggu
Rujukan artikel ini:
Menu Sehat Dan Diet Ala…
Pengarang: DEVI IRWANTARI
|
Editor Ratih Widiastuty

Menu diet saat puasa turun 10 kg dalam seminggu tentunya sangat dibutuhkan untuk orang-orang yang memiliki kelebihan berat badan dan mencoba untuk menjalani pola hidup yang jauh lebih sehat.

Menu diet saat puasa di sini tidak melulu berpatokan pada asupan yang dikonsumsi, tapi juga pada kegiatan dan kebiasaan yang harus dilakukan jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

Memiliki bentuk tubuh yang ideal bukan hanya sekedar agar mendapatkan penampilan yang menarik, tapi juga supaya badan pun tetap sehat dan prima.

Pola makan dan gaya hidup yang tepat akan membentuk ini dengan cepat jika kita mau konsisten mengikuti dan menjalaninya dengan sungguh-sungguh.

Beberapa menu diet puasa ternyata mampu membantu menurunkan berat badan, bahkan hingga 10 kg dalam waktu satu minggu jika dijalankan dengan teratur.

Meskipun tampak menyiksa dan rasanya sulit untuk dilakukan, tapi demi memperoleh tubuh yang sehat dan kuat, kita memang harus mau berusaha serta berkorban.

Sebab, siapa yang mau harus menjadi sakit dan ketergantungan pada orang lain ketika usia senja akibat gaya hidup yang tidak sehat dengan pola makan yang berantakan.

Jadi, mulai ingatkan diri untuk mau menjaga asupan makanan dan menjalankan gaya hidup yang sehat serta seimbang demi masa depan yang jauh dari rasa sakit dan penderitaan.

Apa saja menu diet saat puasa yang bisa membantu menurunkan berat badan? Simak penuturannya berikut ini.

Menu Diet Saat Puasa

1. Stop Konsumsi Makanan dan Minuman Manis

Meskipun tubuh membutuhkan asupan glukosa untuk sumber energi setelah seharian menahan lapar dan haus, tapi tetap perlu diingat jangan terlalu banyak mengonsumsinya.

Pada saat berpuasa, produksi insulin di dalam tubuh menurun, padahal insulin memiliki peran untuk mengubah glukosa menjadi energi.

Jika glukosa tidak segera diubah menjadi energi, maka tubuh akan menyimpannya menjadi lemak.

Maka tidak mengherankan mengapa kamu harus berhenti mengonsumsi makanan dan minuman manis selama berpuasa agar tubuh tidak semakin melebar.

2. Perbanyak Asupan Serat dan Protein

Alangkah jauh lebih baik jika ketika berpuasa kamu memilih menu makanan yang tepat untuk sahur dan berbuka, yakni makanan yang banyak mengandung serat dan protein.

Serat akan jauh lebih lama bertahan untuk diserap serta dicerna tubuh daripada kalori, sehingga sangat tepat untuk dijadikan santapan sahur.

Serat dan protein akan membuat tubuh merasa menjadi jauh lebih kenyang saat sedang berpuasa, sehingga mampu menekan nafsu makan.

Dan, ketika nanti saat waktunya berbuka puasa, maka kamu tidak akan kalap dan lupa diri.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih yang cukup dapat meningkatkan metabolisme tubuh sampai 30%.

Usahakan untuk meminum 8 gelas air putih untuk mencukupi kebutuhan cairan ketika tengah menjalankan diet puasa.

Alih-alih minum minuman manis yang mengandung banyak gula, alangkah jauh lebih baik untuk menenggak air putih sebanyak-banyaknya.

Semakin meningkat metabolisme tubuh bekerja, maka semakin banyak pula lemak dan kalori yang dibakar.

4. Jangan Kalap Jika Sudah Waktunya Berbuka

Makan dalam porsi yang banyak dan berlebihan dapat meningkatkan kadar glukosa dalam tubuh secara mendadak.

Padahal ketika menjalankan puasa, tubuh tidak memproduksi insulin secara cukup, sehingga bisa menjadi berbahaya jika asupan makanan yang masuk cenderung berlebihan.

Makanlah dengan porsi secukupnya menggunakan ukuran piring kecil agar tidak kalap saat akan menyantap hidangan berbuka puasa.

Sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, termasuk makan.

5. Jangan Makan Gorengan

Meskipun menggoda, kandungan lemak jenuh atau lemak jahat yang terdapat pada gorengan nyatanya bisa membuat tubuh menjadi semakin gemuk.

Selain itu, mengonsumsi gorengan pun dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit kardiovaskular yang tentunya mengancam kesehatan.

Ganti menu gorengan dengan makanan yang mengandung lemak tak jenuh agar jauh lebih sehat.

Dengan menghindari gorengan maka diet puasa yang dijalankan pun akan semakin mendekati tujuan, yakni turun berat badan dan kesehatan.

Daripada kamu bingung dengan menu makanan apa yang cocok untuk diet yang sedang dijalankan, beberapa resep masakan dalam buku Menu Sehat dan Diet ala Devi Irwantari bisa dijadikan referensi.

Banyak menu masakan rumahan yang akan cocok dengan lidah siapa saja, apalagi jika kandungannya sehat dan cocok untuk program diet, sudah pasti akan membuat kita senang.

Di sini kamu akan menemukan 80 kreasi resep yang dibagi menjadi 6 kategori, yaitu gorengan sehat, menu tumis, menu rebus, menu diabetes, dan menu bekal anak yang praktis.

Ayo, tunggu apa lagi, segera saja order dan check out bukunya di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com