Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspadai 5 Sifat Istri yang Menjadi Penghalang Rezeki Suami

Kompas.com - 29/11/2022, 12:00 WIB
Penghalang Rezeki Suami Sumber Gambar: Freepik.com Penghalang Rezeki Suami
Rujukan artikel ini:
29 Dosa Suami Istri Yg…
Pengarang: Ibnu Mas`ad Masjhur
|
Editor Ratih Widiastuty

Penghalang rezeki suami ternyata bisa diakibatkan oleh beberapa sikap istri yang mengarah pada sifat destruktif yang biasanya cenderung negatif dan merugikan.

Meskipun di era globalisasi yang semakin modern ini peran istri bukan hanya sebagai ibu rumah tangga lagi, tapi kewajiban seorang suami tetaplah harus memberikan nafkah, baik lahir maupun batin, pada istri mereka.

Setiap keluarga pastinya ingin memiliki status finansial yang stabil dan lancar mengingat biaya hidup yang semakin mencekik setiap tahunnya.

Maka, tidak mengherankan ketika rezeki yang didapatkan oleh suami mulai seret dan berkurang, istri akan mulai marah-marah dan merasa khawatir akan keperluan rumah tangga mereka.

Namun, pernahkah kamu berpikir jika seretnya rezeki suami bisa saja diakibatkan karena sikap kita sebagai istri menjadi penyebab hal tersebut terjadi.

Sadar atau tidak, setiap tingkah, langkah, dan pikiran yang dimiliki pastinya akan menarik atau membuat hal tersebut kembali pada diri kita sendiri.

Maka, saat kamu mulai merasa jika rezeki suami mulai tersendat dan berkurang, mungkin ini akibat dari sifat negatif yang secara tidak sadar kamu lakukan, sehingga berdampak pada penghasilan yang didapatkan.

Alangkah jauh lebih baik jika suami dan istri sama-sama introspeksi diri untuk memperbaiki hal atau sikap apa saja yang selama ini mungkin menjadi penghalang rezeki yang diterima.

Apa saja sifat istri yang bisa menjadi penghalang rezeki suami? Berikut 5 sifat istri yang harus diwaspadai agar rezeki suami tidak tersendat lagi.

5 Sifat Istri Penghalang Rezeki Suami

1. Kurang Bersyukur

Mungkin bukan hanya berlaku untuk para istri, sifat kurang bersyukur pun jika dilakukan oleh para suami tentunya akan membawa dampak pada apa yang didapat, yakni rezeki.

Kurang mensyukuri rezeki, sekecil apa pun itu, akan menyebabkan rezeki yang didapat pun menjadi terasa tidak pernah cukup dan hanya menciptakan keluh kesah yang tak berkesudahan.

Ubahlah sifat kurang bersyukur ini dengan lebih mensyukuri apa pun yang dimiliki dan diterima sebagai berkah yang tiada duanya.

Jangan menyepelekan hal-hal yang kamu terima, karena rezeki tidak melulu berbentuk materi, bisa saja lingkungan rumah yang nyaman, tetangga yang ramah, hingga hewan peliharaan yang manja merupakan bentuk rezeki yang kamu dapatkan.

2. Jarang Menunaikan Ibadah

Bagaimana rezeki akan datang dan tercukupi jika suami dan istri sendiri enggan untuk meminta dan memohon kepada Allah SWT untuk diampuni dosa dan diberi berkah.

Padahal, dengan sering beribadah maka tingkat keimanan pun tentunya akan semakin bertambah, sehingga segala sesuatunya yang mengiringi kehidupan pun akan dilancarkan.

Di saat merasa rezeki suami mulai terasa seret dan berkurang, cobalah untuk lebih mendekatkan diri pada Allah SWT untuk meminta pertolongan-Nya.

Doa dan ikhtiar adalah formula yang ampuh dalam mencari nafkah agar rezeki yang didapatkan suami bisa diridhai serta cukup untuk keluarga.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Pelit dalam Bersedekah

Salah satu pintu rezeki yang membawa berkah ialah dengan bersedekah, meskipun tampaknya kita mengeluarkan uang dalam prosesnya, tapi atas ridha Allah SWT uang tersebut akan diganti dan dilipatgandakan jika sedekah yang diberikan memang ikhlas dan tulus.

Jangan pernah merasa takut miskin jika akan melakukan sedekah karena justru sebaliknya, sedekah adalah pintu gerbang kekayaan yang sesungguhnya.

Jika selama ini kamu hanya memikirkan perut diri sendiri, maka dijamin rezeki yang didapatkan pun akan menjadi sedikit.

Berbagilah dengan semua makhluk hidup, tak harus melulu dengan manusia, hewan dan tumbuhan pun bisa menjadi ladang rezeki dengan cara berbagai kepada mereka.

4. Kikir

Kikir merupakan sifat buruk yang harus segera dibuang jauh-jauh oleh para istri agar tidak menjadi penghalang rezeki suami.

Sifat kikir dan hanya mementingkan diri sendiri merupakan malapetaka yang nantinya akan membawa perkara berkepanjangan.

Jangan terlalu memikirkan diri sendiri karena pada hakikatnya berbagi adalah ladang rezeki yang sesungguhnya.

Dengan berbagai sama saja kamu sudah turut membantu membukakan pintu rezeki suami.

5. Boros

Menjadi seorang istri yang boros pun akan memberikan dampak yang signifikan pada rezeki yang didapatkan oleh suami.

Bagaimana kebutuhan sehari-hari akan tercukupi jika penghasilan yang didapatkan selalu habis untuk berfoya-foya.

Menghambur-hamburkan rezeki suami sama saja dengan menutup pintu rezeki mereka.

Ubahlah kebiasaan ini dengan cara membuat daftar prioritas untuk pengeluaran, sehingga rezeki yang didapatkan oleh suami pun dapat selalu mencukupi kebutuhan.

Andaikan kamu ingin mengetahui dosa-dosa apa saja yang menghalangi rezeki dari pasangan suami istri, maka buku 29 Dosa Suami Istri yang Menghalangi Datangnya Rezeki bisa dijadikan pedoman yang tepat untuk mengetahui semua hal ini.

Buku ini tidak hanya membahas tentang 29 dosa suami dan istri yang menghalangi rezeki, tapi juga turut memberikan solusi praktis untuk menyingkirkan itu semua.

Kehadiran buku ini diharapkan dapat bermanfaat untuk membantu semua keluarga Muslim dalam menyejahterakan keluarga dan mendekatkan diri dengan Allah SWT.

Yuk, segera order bukunya di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com