Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenali dan Memahami 8 Ciri-Ciri Orang Introvert

Kompas.com - 16/11/2022, 14:30 WIB
Ciri-ciri Orang Introvert Photo on Pixabay Ciri-ciri Orang Introvert
Rujukan artikel ini:
Aku Seorang Introver (Bonus Introvert…
Pengarang: @ICAMPUSINDONESIA
|
Editor Rahmad

Introvert adalah tipe kepribadian yang fokus dengan pikiran dan perasaannya sendiri, terutama demi kedamaian dan keterangannya. Itulah sebabnya, banyak anggapan orang introvert itu cuek, penyendiri, atau pemalu.

Ini berkebalikan dengan tipe orang ekstrovert yang lebih energik. Kepribadian ini tentu memiliki kecenderungan sendiri dengan ciri-ciri orang introvert dan sosial maupun kebiasaannya.

Apakah kamu masuk dalam kategori orang berkepribadian introvert? Kenali ciri-ciri orang introvert berikut ini untuk mengenali dan memahami diri sendiri maupun orang lain:

Ciri-ciri Orang Introvert

Meskipun di atas kertas mudah membedakan ekstrovert dan introvert, tetapi keduanya memiliki perbedaan yang sangat besar. Namun, di dunia nyata kita bertemu dengan banyak orang, sehingga sangat sulit membedakan antara ekstrovert dan introvert.

Meski begitu, seorang introvert menunjukkan tanda-tanda tertentu yang membuatnya mudah ditebak. Seperti ciri-ciri orang introvert berikut ini:

1. Mereka Lelah Berhadapan dengan Banyak Orang

Banyak orang berpikir bahwa seorang introvert itu pemalu dan tidak bisa bersosialisasi. Faktanya, tidak semua introvert seperti itu. Mereka dapat dengan mudah bersosialisasi dan berinteraksi saat dibutuhkan bahkan menghadiri acara di mana mereka bertemu banyak orang.

Namun, hanya karena seseorang datang ke pesta bukan berarti mereka menyukainya. Itu artinya, seorang introvert tidak keberatan bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang, tetapi itu tidak berarti mereka menyukainya.

2. Introvert Lebih Suka Sendirian

Introvert tidak keberatan menghabiskan waktu dengan banyak orang, tetapi ketika diberi pilihan, mereka lebih suka menghabiskan waktu sendirian. Menghabiskan waktu sendirian adalah hal yang menyedihkan bagi banyak orang, hanya sedikit orang yang merasa kesepian. Namun, itu tidak pernah berlaku untuk introvert.

Di sisi lain, waktu paling bahagia mereka adalah ketika mereka sendirian. Mereka dapat menjadi diri mereka sendiri dan melakukan apa pun yang mereka inginkan, terlepas dari orang lain.

3. Hanya Membutuhkan Sedikit Teman

Dibandingkan dengan ekstrovert yang memiliki lingkaran pertemanan yang besar, seorang introvert lebih menyukai lingkaran pertemanan yang kecil namun berkualitas. Mereka sangat selektif tentang teman-teman mereka.

Terkadang hanya memilih orang-orang yang memiliki kepribadian yang mirip dengan mereka. Jangan salah paham, introvert itu ramah kepada semua orang dan tidak keberatan bertemu orang baru.

Namun, tidak semua orang yang dia kenal dianggap sebagai teman dan introvert tidak keberatan jika mereka tidak memiliki banyak teman. Baginya, kualitas jauh lebih penting daripada kuantitas.

4. Suka Berbicara dengan Diri Sendiri

Sifat unik lain dari seorang introvert adalah mereka senang berbicara tentang atau kepada diri mereka sendiri. Jangan khawatir, mereka tidak gila sama sekali.

Bagi orang normal, self-talk tampak aneh. Namun, bagi introvert, self-talk adalah cara mereka mengekspresikan pikiran dan perasaan mereka.

5. Berpikir Sebelum Bertindak

Selain memilih teman, seorang introvert selalu berhati-hati dalam mengambil keputusan. Sangat berhati-hati, sehingga terkadang introvert butuh waktu lama untuk mengambil keputusan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Sebelum membuat keputusan, seorang introvert terlebih dahulu menimbang berbagai pilihan.

Yakni melihat pro dan kontra, dan kemudian memilih salah satu yang paling cocok untuk mereka. Hampir tidak ada konsep yang tidak berarti dalam hidupnya, karena mereka selalu berpikir sebelum melakukan sesuatu.

6. Lebih Produktif Saat Bekerja Sendiri

Kebanyakan orang suka bekerja dalam kelompok. Salah satu alasannya adalah beban kerja yang berat akan terasa lebih ringan jika dilakukan bersama-sama. Namun, lain cerita jika orang tersebut adalah seorang introvert.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, introvert lebih suka menghabiskan waktu sendirian dan ini bahkan berlaku ketika dia bekerja.

Dibandingkan bekerja dalam kelompok, introvert lebih suka bekerja sendiri. Saat sendirian, introvert merasa lebih bebas. Anda dapat berpikir lebih baik, bekerja lebih fokus, dan membuat keputusan yang jauh lebih cerdas.

7. Lebih Suka Mengungkapkan Pikiran Secara Tertulis

Meski tidak semua, kebanyakan introvert tidak suka terlalu banyak bicara. Mereka bukan tipe orang yang terbuka dan mengungkapkan pikiran tanpa disaring terlebih dahulu.

Daripada hanya berbicara, introvert lebih memilih untuk mengungkapkan pendapat mereka secara tertulis. Salah satu alasannya adalah ketika mereka menulis, mereka punya waktu untuk memikirkan apa yang mereka tulis.

Mereka pikir mereka berhati-hati karena mereka tidak ingin tulisan mereka menyakiti orang lain atau, yang paling buruk, menjadi bumerang bagi diri mereka sendiri.

8. Suka Berimajinasi

Selain berbicara pada dirinya sendiri, seorang introvert terkadang bisa tertidur. Ketika mereka sendirian, mereka suka membayangkan banyak hal menarik. Bagi banyak orang, melamun hanya membuang-buang waktu.

Namun bagi para introvert, melamun dapat menghilangkan stres, dan tidak jarang mereka memunculkan ide-ide hebat sambil berimajinasi.

Buku Aku Seorang Introver bisa kamu jadikan referensi untuk mengenali ciri-ciri orang introvert. Kecenderungannya yang pendiam dan cuek, mungkin membuat seorang introvert kurang dipahami. Maka buku ini bisa menguraikannya.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com