Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Pola Hidup yang Bisa Mengecilkan Perut Buncit! Kamu Harus Tahu!

Kompas.com - 15/11/2022, 16:30 WIB
tips mengecilkan perut dengan mudah dan cepat Sumber: alodokter tips mengecilkan perut dengan mudah dan cepat
Rujukan artikel ini:
DEBM: Diet Enak, Bahagia, dan…
Pengarang: Robert Hendrick Liembono, Robert…
|
Editor Rahmad

Memiliki perut buncit memang dapat mengganggu kenyamanan seseorang ketika berpakaian. Namun, hanya ada sebagian cara mengecilkan perut buncit yang mudah dan juga cepat. Menumpuknya lemak di dalam perut juga menjadi penyebab perut kamu buncit.

Lemak yang menumpuk di perut juga bisa memicu risiko penyakit degeneratif seperti hipertensi, jantung, stroke, sampai kanker usus besar.

Pola makan dengan gizi yang cukup juga ternyata belum cukup sebagai cara mengecilkan perut buncit atau mencegah perut buncit.

Kamu perlu juga menyeimbanginya dengan rajin melakukan aktivitas olahraga untuk membakar lemak yang ada di dalam perut.

Lalu, apa saja cara mengecilkan perut buncit yang tepat dan juga mudah untuk dilakukan? Yuk, simak beberapa caranya berikut ini.

Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Tepat

tips mengecilkan perut dengan mudah dan cepat tips mengecilkan perut dengan mudah dan cepat

1. Rutin berolahraga

Rajin berolahraga adalah salah satu cara mengecilkan perut buncit yang sering direkomendasikan oleh banyak orang. Pada umumnya, lemak visceral akan tertimbun di orang-orang yang enggan melakukan aktivitas olahraga hingga mengakibatkan perutnya membesar.

Usahakanlah untuk rutin melakukan olahraga minimal 30 menit. Kamu bisa mencoba olahraga sedang terlebih dahulu, seperti lari pagi, senam, bersepeda, atau berjalan.

Apabila kamu sudah melakukannya secara rutin, maka cara mengatasi perut buncit ini bisa membakar lemak di tubuh dan juga membantu kamu dalam menjaga berat badan kamu.

2. Mengkonsumsi asupan serat dan protein

Selain melakukan aktivitas olahraga secara rutin, kamu bisa mulai juga untuk memperbanyak asupan makanan yang mengandung protein dan serat sebagai cara mengecilkan perut buncit. Pada sistem pencernaan, serat diproses membutuhkan waktu yang lama, sehingga akan membantu kamu merasa kenyang lebih lama.

Dengan begitu, kamu bisa mengurangi asupan kalori kamu. Selain itu, serat juga bisa menjaga fungsi dari sistem pencernaan yang dapat mengurangi perut kamu terlihat kembung.

3. Kurangi mengkonsumsi karbohidrat olahan

Tak hanya meningkatkan asupan serat dan juga protein, kamu juga harus bisa mengurangi dalam mengonsumsi makanan olahan yang memiliki karbohidrat tinggi.

Kamu juga pasti sudah mengetahui kalau karbohidrat adalah sumber energi tubuh, tetapi tidak semua jenisnya itu baik untuk dikonsumsi.

Misalnya, kamu terlalu banyak mengkonsumsi banyak gula, maka bisa meningkatkan kadar lemak pada darah, bahkan bisa mengakibatkan diabetes.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Lalu, yang tidak kalah penting dalam cara mengecilkan perut buncit dengan mengurangi karbohidrat juga harus diimbangi dengan mencukupi Angka Kecukupan Gizi (AKG) harian kamu.

4. Penuhi asupan cairan

Kalau kamu terbangun di pagi hari dan ukuran perut kamu kamu terlihat lebih besar, itu artinya saat malam hari kamu makan terlalu banyak. Namun, tidak perlu cemas, sebab terdapat cara mengecilkan perut buncit yaitu dengan memenuhi asupan cairan per harinya.

Mengonsumsi cairan bukan hanya air putih saja, tetapi juga cairan yang tubuh butuhkan bisa kamu dapatkan melalui makanan yang memiliki kandungan air, seperti jus buah, smoothies, dan sup.

5. Tidur cukup

Selain untuk kesehatan, menjaga kebutuhan tidur agar selalu tercukupi bisa menjadi cara mengecilkan perut buncit. Sebuah studi dari jurnal Metabolism mengatakan bahwa apabila kurang tidur, bisa mempengaruhi hormon nafsu makan.

Hal itulah yang bisa membuat kamu merasa lapar, khususnya di malam hari Ketika harusnya tubuh kamu butuh beristirahat. Selain itu, para peneliti juga mencatat bahwa meningkatkan durasi tidur juga mampu menurunkan berat badan.

6. Konsumsi buah berry

Dibandingkan memuaskan hasrat dengan memakan makanan manis, kamu bisa beralih ke buah berry. Hal ini bisa menjadi salah satu cara mengecilkan perut buncit yang kamu alami. Dengan begitu, lingkar pinggang kamu akan lebih ramping dalam waktu yang lebih singkat.

Pasalnya, buah berry mempunyai antioksidan yang bisa membantu dalam mengurangi peradangan di seluruh tubuh.

Itulah beberapa cara mengecilkan perut buncit yang bisa kamu coba mulai dari sekarang. Lakukan cara-cara tersebut dengan konsisten, agar kamu bisa menghasilkan hasil yang maksimal.

Jika kamu ingin mengurangi berat badan kamu dengan cara diet, kamu harus memperhatikan beberapa hal terkait diet yang kamu lakukan. Sebab, jika sembarangan melakukan diet, bisa berimbas kepada kesehatan kamu juga, kamu bisa membaca buku tentang diet lebih dahulu sebelum memulainya.

Kamu bisa membaca buku DEBM: Diet Enak, Bahagia, dan Menyenangkan. Buku ini akan mengulas dengan terperinci mengenai diet DEBM yang mungkin akan kamu lakukan. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan menu setiap dua minggu yang terdiri dari makan pagi, siang, dan juga makan malam.

Buku ini juga dilengkapi dengan 20 resep dalam membuat cemilan lezat dan juga bergizi sesuai dengan kebutuhan tubuhmu saat diet. Buku ini sangat lengkap, bukan?

Langsung pesan buku ini melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com