Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Doa Meluluhkan Hati Seseorang Beserta Artinya

Kompas.com - 07/03/2023, 11:00 WIB
Doa Meluluhkan Hati Seseorang Sumber Gambar: Freepik.com Doa Meluluhkan Hati Seseorang
Rujukan artikel ini:
Doa-Doa Harian Rasulullah
Pengarang: AKHMAD NAJIBUL KHAIRI LC.
Penulis Hana Sjafei
|
Editor Novia Putri Anindhita

Ketika bertemu seseorang yang menarik dan rupawan, terkadang kita ingin meluluhkan hatinya.

Sayangnya, seseorang itu memiliki hati yang keras dan tak gampang tergoyahkan.

Untuk itu, kamu perlu mengetahui beberapa doa meluluhkan hati seseorang agar kamu bisa menaklukkannya.

Doa Meluluhkan Hati Seseorang

Berikut ini beberapa doa meluluhkan hati seseorang beserta artinya.

1. Doa Meluluhkan Hati yang Keras

Berdasarkan buku Pintar Ibadah Dilengkapi Tuntunan Shalat Wajib, Shalat Sunat, Zakat karya Ustaz H Fatkhur Rahman, terdapat doa untuk melunakkan hati.

Berikut bacaannya:

Allaahumma innaka antal azizul kabir. Wa anaa abduka adhdhoiifudzdzaliil. Alladzii laa khaula wa laa quwwata illaa bika. Allaahumma sakhkhir lii amrii kama sakhkhorta firauna li musa. Wa layyin li qolbahuu kama layyantalhadiida li dawuda. Fa innahu la yantiqu illa bi idznika. Nashiyatuhuu fii qobdhatika. Wa qolbuhuu fi yadika. Jalla tsanau wajhik. ya arkhamar rakhimiin.

Artinya: "Ya Allah bahwasanya Engkaulah yang Maha Perkasa lagi Maha Besar. Dan sesungguhnya aku ini adalah hamba-Mu yang hina lagi lemah. Ya Allah mudahkanlah bagiku urusanku, sebagaimana Engkau mudahkan bagi urusan Fir'aun kepada Musa dan lunak hati manusia bagiku sebagaimana Engkau lunakkan besi bagi Nabi Daud. Engkaulah adalah sebaik-baik pemimpin dan sebaik-baik penolong, wahai Tuhan Yang Maha Hidup, Wahai Tuhan Yang Maha Penguasa, Wahai Tuhan Yang Punya Keagungan dan Kemuliaan, perkenanlah ya Allah."

2. Doa Menyampaikan Sesuatu Kepada Seseorang

Ketika menyampaikan suatu hal, terkadang kita sulit menyampaikannya.

Agar mendapatkan kemudahan dari Allah, berikut doanya:

Robbisy rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul 'uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii.

Artinya: "Ya Allah, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku." (QS Thoha: 25-28).

3. Doa agar Cinta Karena Allah SWT

Terlalu mabuk asmara, bukanlah hal baik dan bisa berujung patah hati jika orang yang dicinta tak lekas membalas.

Untuk itu, kamu perlu mengetahui doa agar mendapatkan cinta Allah SWT, serta cinta dari orang yang mencintai Allah SWT.

Hal ini seperti yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi.

Allahumma Inni-As’aluka Hubbaka Wa Hubba Man Yuhibbuka Wal-Amalalladhi Yuballighuni Hubbak. Allahummaj’al Hubbaka Ahabba Ilaiya Min Nafsi, Wa Ahli Wa Minal-Ma’il-Barid.

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu, curahan cinta-Mu dan rasa cinta kepada orang-orang yang mencintai-Mu dan kecintaan melakukan perbuatan yang dapat menyampaikan aku kepada cinta-Mu. Ya Allah jadikanlah kecintânku kepada-Mu melebihi kecintânku kepada diriku, keluargaku, dan kepada air yang segar."

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Doa Mohon Kebaikan Perihal Hubungan

Konon, doa ini dibaca Nabi Musa usai menolong kedua putri Nabi Syuaib untuk mendapatkan air.

Setelah melalui proses panjang, Nabi Syuaib lantas meminta Nabi Musa untuk memilih salah satu dari kedua putrinya untuk dinikahi.

Akhir cerita, Nabi Musa menikah dengan putri bungsu dari Nabi Syuaib.

Doa berikut ini bisa dibaca 7 kali setelah sholat subuh.

Rabbbi, innî limâ anzalta ilayya min khairin faqîr

Artinya: “Ya Tuhanku, sungguh aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku,” (QS Al-Qasas ayat 24).

5. Doa Meluluhkan Hati Orang Marah dan Berwatak Keras

Dikutip buku Kumpulan Doa Mustajab Pembuka Pintu Rezeki karya KH. Sulaeman Bin Muhammad Bahri, berikut doa meluluhkan hati orang marah dan berwatak keras:

Alhamdulillaahi rabbil 'aalamiina, allaahmma shalli wasallim 'alaa sayyidiinaa muhammadin wa'alaa aalihi wasahbihi ajma'iina wa lammaaa sakata 'an muusal ghadhaba a khadzal aleaaha wa fii nuskhatihaa hudaw warahmaatal ladziina hum lirabbihin yarhabuun.

Allaahumma innii asaluka bibhaibati 'azhimatika wabisathwari jalalika an taj'ala mqhabbati fii qalbi fulan bin fulanata wa alqi mahabbatawbwa mawaddatan fii qalbihi wa atthifhu 'alayya bifadhlika ya kariimu

Wasallallaahu 'alaa sayyidinaa muhammadiw wa'alaa aalihi wasahbihi wasallam.

Artinya: "Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW, kepada keluarga dan sahabat beliau semuanya, sesudah amarah Musa menjadi reda, lalu diambilnya (kembali) luh-luh (Taurat) itu dalam tulisannya terdapat petunjuk dan rahmat orang-orang yang takut kepada Tuhannya.”

“Ya Allah sesungguhnya aku memohon kepada-Mu, berkat kewibawaan keagungan-Mu dan amukan keluhuranmu agar Engkau jadikan kecintaanku di dalam hati fulan bin fulan (sebut nama yang dimaksud dan ibu bapaknya) dan resapkan kecintaan dan kasih sayang di dalam hatinya dan cenderungkanlah ia kepadaku dengan anugerah-Mu, wahai Dzat yang Maha Mulia, dan semoga Allah melimpahkan rahmat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW, segenap keluarga dan sahabat beliau."

Itulah doa-doa untuk meluluhkan hati seseorang, kamu bisa membacanya secara rutin agar seseorang yang kamu cintai, hatinya menjadi luluh.

Ingin mengetahui lebih banyak tentang doa meluluhkan hati seseorang? Kamu bisa membaca buku Doa-Doa Harian Rasulullah.

Buku ini membahas kumpulan doa harian yang dibaca oleh Rasulullah SAW yang bisa kamu ikut terapkan dan mengamalkannya untuk kebaikan.

Dapatkan buku ini segera melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com