Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Cara Terbaik Mengamalkan Asmaul Husna Dalam Kehidupan Sehari-hari

Kompas.com - 07/11/2022, 14:30 WIB
cara mengamalkan asmaul husna dalam kehidupan sehari-hari Sumber: suaramuslim.net cara mengamalkan asmaul husna dalam kehidupan sehari-hari
Rujukan artikel ini:
Amalan Asmaul Husna : Menjawab…
Pengarang: M. Zoha Rosyd
|
Editor Rahmad

Asmaul husna beserta artinya penting untuk diketahui oleh seluruh umat muslim. Allah SWT memiliki berbagai sifat yang sangat mulia yang tidak dimiliki oleh siapa pun. Sifat-sifat mulia yang dimiliki oleh Allah SWT ini sudah semestinya dijadikan sebagai contoh kebaikan bagi seluruh umat muslim.

Nama-nama indah Allah SWT yang mempunyai berbagai sifat yang sangat mulia ini disebut dengan asmaul husna. Selain sebagai contoh kebaikan, umat muslim juga dapat mengamalkan atau menyebut asmaul husna beserta artinya dalam setiap doa yang sedang mereka panjatkan.

Selain itu, menyebut asmaul husna beserta artinya juga dapat diterapkan ke dalam kehidupan sehari-hari atau ketika sedang melakukan kegiatan apa saja sebagai bentuk sikap yang senantiasa mengingat Allah.

Oleh karena itu, makna asmaul husna beserta artinya perlu untuk diketahui dan dipahami dengan baik. Dengan mengetahui asmaul husna beserta artinya, maka seluruh umat muslim bisa mengenal dan memahami berbagai sifat-sifat mulia Allah.

Dengan cara tersebut, ini juga bisa membantu kamu untuk mengamalkan asmaul husna beserta artinya dengan lebih menghayati dan sepenuh hati.

Jadi, selain memahami makna asmaul husna beserta artinya, kamu juga perlu untuk mengetahui bagaimana cara mengamalkan asmaul husna ke dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, asmaul husna juga memiliki keutamaannya sendiri saat dibaca dalam jumlah tertentu.

Berikut ini adalah cara yang dapat dilakukan oleh seluruh umat muslim untuk mengamalkan asmaul husna ke dalam kehidupan sehari-hari.

Cara Mengamalkan Asmaul Husna Dalam Kehidupan Sehari-hari

cara mengamalkan asmaul husna dalam kehidupan sehari-hari cara mengamalkan asmaul husna dalam kehidupan sehari-hari

1. Menyebutkan Asmaul Husna dalam Doa

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengamalkan asmaul husna dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan menyertakan salah satu atau beberapa asmaul husna tersebut ke dalam doa yang sedang kamu panjatkan.

Dalam hal ini, kamu dapat menyesuaikan menyebutkan nama asmaul husna sesuai dengan isi doa yang sedang kamu panjatkan. Misalnya saja menyebut asmaul husna Ar-Razzaq yang artinya Yang Maha Pemberi Rezeki, saat kamu sedang memohon kelancaran rezeki, ketika sedang berdagang atau sedang bekerja sehari-hari.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

2. Mengamalkannya Saat Wirid

Selain itu, cara yang bisa kamu lakukan untuk mengamalkan asmaul husna adalah dengan melakukan Sebagian amalan wirid atau amalan rutin. Asmaul husna dikenal dengan amalan yang baik dilakukan sebagai pembuka pintu kebahagiaan lahir dan batin.

Dalam hal ini, kamu bisa mengamalkan asmaul husna secara rutin setiap kamu selesai melaksanakan solat maghrib. Sebelumnya, kamu bisa juga membaca al-quran dengan membaca surat Yasin terlebih dahulu. Setelah itu kamu mengamalkan asmaul husna tersebut, lalu ditutup dengan membaca doa asmaul husan serta memanjatkan permohonan kepada Allah SWT.

Terakhir, terdapat juga beberapa macam asmaul husna yang dapat diamalkan dengan jumlah tertentu untuk bisa mendapatkan keutamaan khusus, seperti berikut ini:

  • Ar Rahman (Yang Maha Pemurah): dibaca sebanyak 500 kali setiap solat fardhu, dengan begitu, kamu bisa mendapatkan ketenangan hati serta mencegah hari yang pelupa serta gugup.
  • Ar Rahim (Yang Maha Penyayang): dibaca sebanyak 100 kali sehari, dengan begitu, orang yang melihat kita dengan belas kasih, atas seizin Allah SWT.
  • As Salam (Yang Memberi Keselamatan): dapat dibaca sebanyak 136 kali setiap hari untuk memohon kesembuhan kepada Allah SWT.
  • Al Fattahu (Pembuka Pintu Rahmat): dibaca sebanyak 71 kali dengan melakukan posisi kedua telapak tangan nada di atas dada setiap selesai melaksanakan solat subuh, untuk membersihkan serta mensucikan hari supaya tenang dan mudah dalam menghadapi segala urusan.
  • Al Latif (Yang Maha Penyantun): dapat dibaca sebanyak 129 kali pada siang atau malam hari, agar diberikan taufik serta kelancaran rezeki oleh Allah SWT.

Hitam putihnya dunia ini membuat manusia sangat mudah terjerumus ke dalam pusaran dosa. Berbagai masalah hidup yang kadang tidak berujung membuat energi positif terkadang lenyap. Dengan mengamalkan asmaul husna ke dalam kehidupan sehari-hari, dapat memberikan solusi untuk lebih mendekatkan diri pada Sang Pencipta.

Seperti yang dibahas dalam buku Amalan Asmaul Husna : Menjawab Masalah Dunia-Akhirat. Di mana buku ini memberikan solusi bagi manusia yang sedang dilanda berbagai persoalan hidup yang rumit dan kompleks. Caranya adalah dengan mendekatkan diri kepada-Nya dengan amalan asmaul husna.

Buku ini juga dilengkapi dengan Al Ma’surat Sughra ‘Hasan Al Banna’ (Do’a dan Dzikir Rasulullah SAW Pagi dan Sore).

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com