Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Buku tentang Jepang: Belajar Budaya, Gaya Hidup, dan Bahasa Jepang

Kompas.com - 01/11/2022, 13:30 WIB
Rekomendasi Buku tentang Jepang Photo on Gramedia.com Rekomendasi Buku tentang Jepang
Rujukan artikel ini:
Uchi & Soto: Budaya Jepang…
Pengarang: Hasanudin Abdurakhman
|
Editor Rahmad

Jika bertanya apa itu wibu, pasti berkaitan erat dengan Jepang, mulai dari ketertarikan pada budaya, gaya hidup, hiburan, bahasan dan sebagainya tentang Jepang. Budaya Jepang sudah tidak asing lagi di Indonesia.

Ada banyak platform yang bisa diakses untuk mengenal Jepang.Termasuk buku yang jadi sumber terbaik untuk belajar tentang Jepang. Ada beberapa rekomendasi buku tentang Jepang yang bisa kamu jadikan referensi terbaik belajar tentang jejepangan.

Dalam praktiknya, Jepang memiliki banyak value baik untuk pengembangan diri. Seperti gaya hidup dan pola hidup orang Jepang yang baik untuk ditiru.

Rekomendasi Buku tentang Jepang

Berikut ini rekomendasi buku tentang Jepang terbaik untuk belajar budaya, gaya dan pola hidup, hiburan, dan bahasa:

1. Uchi & Soto: Budaya Jepang dari Keluarga ke Korporasi

Orang Jepang dikenal sebagai suku bangsa yang memiliki nilai-nilai yang mengagumkan dalam kebudayaan, falsafah hidup, tata krama, hingga tata kelola diri kala menghadapi bencana alam terburuk.

Sifat ini mungkin hanya muncul saat budaya yang ditanamkan sejak masa anak-anak dalam sebuah keluarga, dan terus dibiasakan sampai dewasa. Prakteknya banyak orang mengagumi kebudayaan Jepang dan ingin mempelajarinya lebih dalam.

Mungkin budaya dan Bahasa Jepang terlihat rumit dan sulit karena jauh dari budaya kita. Dengan bantuan buku Uchi & Soto: Budaya Jepang dari Keluarga ke Korporasi ini, kerumitan itu akan terurai.

Segala aspek Jepang ini dibahas dengan pendekatan langsung oleh orang Indonesia yang sudah pernah tinggal dan menimba ilmu di Jepang, bahkan kini bekerja sama dan berinteraksi dengan bangsa Jepang.

2. Goodbye, Things: Hidup Minimalis ala Orang Jepang

Sebenarnya, Fumio Sasaki bukanlah ahli dalam hal minimalisme. Dia hanyalah pria Jepang biasa yang mudah tertekan di tempat kerja, tidak percaya diri, dan terus menerus membandingkan dirinya dengan orang lain.

Buku Goodbye, Things: Hidup Minimalis ala Orang Jepang ini berisi keputusan Fumio Sasaki untuk mengubah hidupnya dengan mengurangi barang yang ia miliki. Manfaat kebiasaan ini pun sangat terasa. Dia akhirnya bisa merasakan kebebasan sejati dan kedamaian pikiran.

3. Kakeibo: Seni Cerdas Finansial Ala Jepang

Dalam buku Kakeibo: Seni Cerdas Finansial Ala Jepang, keuangan dipilah-pilah menjadi beberapa pos seperti kebutuhan belanja harian, tagihan, tabungan, dan lain-lain. Setiap pengeluaran sekecil apapun harus dicatat di buku khusus.

Sebelum belanja juga ada catatan rencana pengeluaran uangnya. Dengan mengatur keuangan ala kakeibo, maka perencanaan belanja jadi dirancang rapi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Baik untuk pengeluaran primer, sekunder, maupun tersier. Jadi, Anda tidak akan lagi hanya makan nasi dan garam di tanggal tua. Bahkan jika ada uang berlebih, maka bisa ditabung.

Tunggu apa lagi? Baca buku ini. Budaya Kakeibo ini akan mengubah hidup kamu secara drastis dan menakjubkan. Dengan metode Kakeibo ala Jepang ini, kesehatan finansial kamu akan selalu terjaga.

4. Seikatsu Kaizen: Reformasi Pola Hidup Jepang

Jepang memang sudah dikenal sebagai negara modern dan maju sejak pertengahan abad ke-20 hingga sekarang. Ada banyak keberhasilan yang menimbulkan kekaguman bangsa lain, termasuk di Indonesia.

Dalam dunia akademisi dan jurnalistik, Indonesia kerap mengutip contoh keberhasilan Jepang dengan memberi opini cultural determinism yang artinya budaya sebagai faktor penentu. Jepang dianggap berhasil karena memiliki budaya yang unggul.

Dari opini tersebut, maka munculah kesimpulan bahwa jika bangsa lain (termasuk Indonesia) yang ingin maju seperti Jepang, maka yang harus dipelajari adalah budaya mereka.

Dalam Buku Seikatsu Kaizen ini, pembaca diajak menelusuri perjalanan sejarah modernisasi Jepang, yang dimulai pada tahun 1860-an. Pembaca akan menemukan apa saja upaya-upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat Jepang dalam hal ini.

5. Marugoto: Bahasa Dan Kebudayaan Jepang

Marugoto: Bahasa dan Kebudayaan Jepang adalah buku pelajaran yang disusun berdasarkan JF Standard sebagai standar pendidikan bahasa Jepang. Buku ini adalah salah satu buku pelajaran Bahasa Jepang yang dikembangkan bagi pembelajar dewasa.

Marugoto yang artinya utuh mempunyai pesan untuk menyampaikan pembelajaran bahasa dan budaya Jepang ini “secara utuh”, komunikasi aktual “secara utuh” serta kehidupan dan kebudayaan seperti apa adanya “secara utuh”.

Sejatinya buku ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan kebahasaan. Setiap topik dalam buku ini telah disusun sesuai situasi dan kondisi ketika orang-orang berlatar belakang budaya yang beraneka ragam bisa berinteraksi dengan menggunakan bahasa Jepang.

Nah, itulah rekomendasi buku tentang Jepang yang bisa kamu jadikan referensi belajar. Ada buku yang tertarik kamu baca?

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com