Pengertian dan Contoh Buku Fiksi yang Perlu Kamu Ketahui

Kompas.com - 23/11/2021, 09:00 WIB
Sumber foto: Freepik
Rujukan artikel ini:
Almond
Pengarang: Sohn Won - Pyung
|
Editor Almira Rahma Natasya

Sebagai pembaca, kita kerap disodorkan berbagai pilihan atau jenis bacaan yang berbeda-beda.

Mulai dari cerita romansa, misteri, puisi, hingga pengembangan diri merupakan berbagai pilihan yang diberikan dari sebuah buku atau bacaan.

Namun, apakah kamu sudah mengetahui jika dari berbagai macam genre bacaan tersebut sebenarnya dibagi menjadi dua kategori yang berbeda.

Kedua kategori tersebut adalah buku fiksi dan nonfiksi yang masing-masing memiliki definisi dan isi yang berbeda.

Buku nonfiksi sendiri berisikan suatu fakta atau kejadian nyata yang terjadi, sehingga penulis buku nonfiksi tidak dapat menulis berdasarkan imajinasi atau khayalan.

Buku yang mereka tulis harus berdasarkan pengalaman, kejadian, hingga penelitian yang berdasarkan fakta dan data yang ada.

Lalu, apa pengertian dari buku fiksi itu sendiri?

Pengertian Buku Fiksi

Berbeda dengan buku nonfiksi, buku fiksi bersifat imajinatif atau khayalan yang seluruh isinya hanya berupa karangan dari imajinasi penulis.

Buku fiksi biasanya hadir untuk menghibur pembacanya dengan cerita yang mungkin bisa dibilang tidak akan terjadi dalam realita sehari-hari.

Namun, buku fiksi sendiri mampu menyedot atensi pembaca, karena selain isi ceritanya yang menarik, buku fiksi pun mampu mengalihkan sejenak kesibukan dunia nyata dalam sebuah dunia imajinasi yang memabukkan.

Tidak hanya itu, cerita dalam sebuah buku fiksi juga biasanya mampu memberikan pesan moral atau makna kehidupan yang akan sangat berguna bagi pembaca.

Contoh Buku Fiksi

1. Novel

Novel merupakan salah satu contoh buku fiksi yang paling banyak dibaca dan digemari oleh banyak orang.

Pengertian dari novel sendiri adalah sebuah karya sastra berbentuk karangan prosa yang panjang dan berisi rangkaian cerita kehidupan dengan menonjolkan karakter dari para tokoh-tokoh yang ada di dalamnya.

Dalam sebuah novel juga terkandung beberapa unsur intrinsik di dalamnya, seperti tema, alur, latar, tokoh, karakter, gaya bahasa, konflik, dan pesan moral.

2. Cerita Pendek

Cerita pendek atau yang lebih dikenal dengan cerpen merupakan salah satu contoh dari buku fiksi lainnya.

Hampir mirip dengan novel, cerpen sendiri merupakan karya sastra berbentuk karangan prosa yang menceritakan suatu peristiwa yang dialami oleh tokoh utamanya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Jika dibandingkan dengan novel, cerpen dibuat lebih ringkas dan sederhana, sehingga cerita dalam cerpen dapat dibilang tidak terlalu kompleks dan hanya dengan sekali duduk pembaca dapat menuntaskan ceritanya.

3. Puisi

Berbeda dengan novel dan cerpen, puisi adalah sebuah karya sastra berisi teks atau karangan yang mengungkapkan emosi, perasaan, dan isi pikiran penulisnya yang dibalut dalam permainan kata-kata yang indah.

Puisi terdiri dari kumpulan kata-kata yang membentuk baris serta berisi rima, lirik, ritme, dan irama di dalamnya.

Diksi yang dipakai dalam sebuah puisi juga biasanya sebuah kiasan yang membentuk suatu makna dan mungkin bisa ditafsirkan secara berbeda-beda oleh setiap pembaca.

Rekomendasi Buku Fiksi

Setelah tahu dan paham akan pengertian dan contoh dari beberapa jenis buku fiksi, berikut beberapa rekomendasi buku fiksi yang bisa kamu baca.

1. Almond

Novel ini bercerita tentang Yoon-Jae yang didiagnosis menderita penyakit alextimia, di mana dia tidak mampu menunjukkan emosinya.

Mungkin konflik yang tersaji di sini tidak akan terlalu meledak-ledak, tapi emosi dan dinamika yang dirasakan tokoh Yoon-Jae akan membuat pembaca ikut terhanyut dalam ceritanya.

Buku yang ditulis oleh Won-pyung Sohn ini mampu memunculkan perasaan hangat melalui kesederhanaan yang tersaji di dalam jalan ceritanya, sehingga pembaca akan mudah menikmatinya.

2. Cinta Tak Ada Mati

Buku kumpulan cerita pendek yang ditulis oleh Eka Kurniawan ini berisi 13 cerpen.

Ketiga belas cerpen ini memiliki daya tarik memikat dengan alur yang aneh dan tidak biasa, tapi bisa membuat candu setiap membacanya.

Beberapa cerpen mungkin cenderung liar, nakal, dan jenaka, yang disampaikan secara getir dan serius, sehingga mampu menyentuh sisi kehidupan pembaca yang penuh dengan lika-liku.

3. Selama Laut Masih Bergelombang

Selama Laut Masih Bergelombang merupakan buku puisi yang ditulis oleh Mariati Atkah.

Buku ini banyak menyajikan tema tentang adat, budaya, sejarah, dan lokalitas yang berkisar di Sulawesi.

Berisikan 50 puisi, yang dibagi menjadi dua bagian, yaitu Gelombang Pertama dan Gelombang Kedua.

Buku puisi ini mampu menyampaikan kegelisahan, kerinduan, kenangan, hingga cinta yang dibungkus dengan bait-bait yang memikat.

Ketiga rekomendasi buku fiksi ini bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com dan masih banyak buku-buku fiksi lainnya yang bisa kamu temukan di sana.


Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.