Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berbisnis Sesuai dengan Passion, Lebih Mudah Sukses!

Kompas.com - 26/10/2022, 16:21 WIB
|
Editor Almira Rahma Natasya

Sumber: freepik.com

Ketika mendengar kesuksesan seorang pebisnis, orang-orang cenderung berpikir bahwa pebisnis tersebut adalah seorang laki-laki. Namun, dewasa ini pebisnis perempuan dengan segudang prestasi juga mulai bermunculan.

Menurut data Badan Pusat Statistik pada tahun 2021, 64,5% UMKM di Indonesia dikelola oleh perempuan. Mereka meraih omzet yang tidak main-main, bahkan bisa sampai 200 juta rupiah dalam setahun!

Selain menunjukkan kemajuan yang baik bagi pemberdayaan perempuan, kiprah para pebisnis perempuan ini juga membantu menggerakkan roda ekonomi negara.

Kendala utama seseorang ketika ingin memulai bisnis biasanya adalah bingung hendak memilih bisnis apa, padahal bisa dilakukan dengan memilih usaha yang sesuai dengan passion.

Kamu dapat menjadikan hal yang paling kamu gemari menjadi bisnis yang mendatangkan profit. Bukankah pekerjaan paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar?

Berikut adalah keuntungan-keuntungan yang akan kamu rasakan jika kamu berbisnis sesuai dengan passion kamu.

Keuntungan Berbisnis Sesuai Passion

1. Pekerjaan akan Terasa Lebih Menyenangkan

Ketika kamu memiliki passion, kamu akan sangat bersemangat ketika membahas mengenai hal-hal seputar passion kamu tersebut. Kamu dapat mengulik hal tersebut selama berjam-jam tanpa merasa lelah.

Bayangkan jika kamu bekerja sesuai dengan passion kamu tersebut. Bahkan ketika kamu menemukan rintangan, prosesnya akan jauh lebih mudah untuk kamu nikmati.

2. Lebih Percaya Diri

Berbisnis sesuai dengan passion akan menjadikanmu lebih percaya diri, karena kamu pasti sudah menghabiskan banyak waktu dan memiliki cukup banyak pengalaman dalam bidang tersebut.

Sikap percaya diri ketika berbisnis adalah sikap yang sangat penting, bahkan disebut sebagai faktor utama kesuksesan yang akan membuat usaha kamu akan lebih berkembang.

3. Tidak Mudah Menyerah dan Berani Menghadapi Tantangan

Seseorang yang bekerja atau berbisnis sesuai dengan passion-nya memiliki semangat yang lebih tinggi untuk berusaha agar usahanya lebih maju lagi. Tidak ada kata ragu untuk mencoba hal-hal baru yang akan mengembangkan bisnisnya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Justru, peluang untuk berkembang akan selalu jadi tantangan yang menyenangkan dan kesempatan untuk belajar lebih banyak lagi. Ketika dihadapkan pada hambatan dalam perjalanan bisnis, selama kamu mengerjakan pekerjaan yang kamu suka, kamu tidak akan mudah menyerah dan berhenti mencoba.

Meskipun terdengar menyenangkan, berbisnis tentu saja bukan hal yang mudah untuk dilakukan–dengan atau tanpa passion sekalipun.

Oleh sebab itu, kamu harus mempelajari kiat-kiat berbisnis agar dapat lebih percaya diri untuk dapat meraih kesuksesan.

Bagi kamu yang ingin belajar berbisnis dari passion, namun masih belum mengetahui cara-cara untuk membangun usaha, jangan khawatir! Gramedia Digital bersama dengan Komunitas Ibu Pembelajar Indonesia menyediakan ruang untuk kamu belajar bersama pebisnis-pebisnis perempuan yang inspiratif, melalui Webinar “Bisnisku, Passion-ku”, yang merupakan salah satu rangkaian acara Generation Festival 5.0 dalam menyambut hari Sumpah Pemuda.

Webinar ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 29 Oktober 2022 pukul 14.00-15.30 WIB. Kamu akan belajar mengenai bisnis dari passion bersama Sista Mauli (owner Natural Goods) dan Soraya Ayu Hapsari (owner Savitri Wedding, Less Waste Wedding Organizer).

Bersama kedua perempuan hebat ini, kamu dapat memperdalam pemahaman mengenai entrepreneurship, belajar mengenali passion untuk memulai bisnis, serta mendapatkan tips-tips untuk menghadapi rintangan dalam membangun bisnis.

Selain mendapat kesempatan belajar dari dua womanpreneur hebat yang sudah berpengalaman ini, kamu juga berkesempatan untuk memperoleh hadiah-hadiah menarik senilai total jutaan rupiah!

Kamu hanya perlu berlangganan Full Premium Package 1 Bulan Gramedia Digital untuk mengikuti webinar ini maupun rangkaian acara lainnya pada Generation Festival 5.0 secara gratis!

Jika kamu sudah berlangganan dan ingin mengikuti acaranya, kamu bisa registrasi di ibupembelajar.id/event/77.

Rangkaian Acara Generation Festival 5.0

Tidak kalah menarik dan bermanfaat dari kegiatan “Bisnisku, Passion-ku”, rangkaian kegiatan lain di acara Generation Festival 5.0 juga dapat kamu ikuti, mulai dari tanggal 28-30 Oktober 2022.

Dengan mengusung kampanye #SahabatTanpaBatas, kegiatan edukatif ini dapat diikuti oleh peserta dari segala usia. Pada hari Jumat, 28 Oktober 2022, rangkaian acara diawali dengan webinar Mengelola Mental, Menabung Kebahagiaan dilanjut pada SADARI & Sayangi Payudaramu! yang dihadiri oleh dokter, psikolog, dan penulis buku.

Hari Sabtu, 29 Oktober 2022, sebelum webinar Bisnisku, Passion-ku,ada kelas menulis untuk anak, Cara Asyik Menulis Cerita. Sementara untuk hari Minggu, 30 Oktober 2022, akan ada webinar dan kelas mewarnai Warna-warni Hewan Nusantaraku dan Taktik Jitu Bikin Konten Slay sebagai penutup, yang dibawa oleh penulis buku dan editor dari penerbit Bhuana Ilmu Populer (BIP).

Yuk, ikuti seluruh webinarnya dengan mudah dan jangan sampai ketinggalan! Acara ini terbuka dan gratis untuk semua pelanggan Full Premium Package Gramedia Digital dan BOOKR Class. Untuk informasi lebih lengkap mengenai rangkaian acara Generation 5.0 Festival, bisa klik di promo.gramedia.com/gen-50-festival/.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com