Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Sakit Gigi dalam 5 Menit dengan Mudah dan Cepat

Kompas.com - 16/10/2022, 09:12 WIB
Cara Menghilangkan Sakit Gigi Dalam 5 Menit Sumber Gambar: Freepik.com Cara Menghilangkan Sakit Gigi Dalam 5 Menit
Rujukan artikel ini:
Gigi dan Mulutku Sehat
Pengarang: Dicky Stefanus
|
Editor Ratih Widiastuty

Sakit gigi merupakan gangguan kesehatan yang bisa menimbulkan rasa menyakitkan dan tidak tertahankan karena bisa mempengaruhi ke bagian tubuh lainnya, tentu kamu setuju terutama bagi kamu yang pernah mengalaminya.

Gigi adalah salah satu organ penting di bagian tubuh yang berperan untuk membantu mengunyah hingga akhirnya dapat dicerna dalam sistem pencernaan.

Jika mengalami sakit gigi juga tidak bisa dianggap remeh karena bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, sebab biasanya juga disertai pusing, demam, hingga pembengkakan di kelenjar getah bening.

Lalu mengapa sakit gigi bisa sangat memengaruhi bagian tubuh lain, hal ini dikarena di dalam gigi terdapat banyak saraf yang sangat sensitif.

Rasa nyeri dan ngilu pada gigi bisa terjadi karena kamu kurang menjaga kebersihan area mulut dan gigi yang memancing beragam permasalahan, seperti gigi berlubang, penyakit gusi, dan infeksi gigi.

Meskipun sakit gigi biasanya tidak menimbulkan masalah yang serius, tetapi tetap harus diperiksakan ke dokter gigi untuk segera ditangani lebih lanjut.

Namun, bila saat ini merasakan sakit tetapi belum sempat ke dokter gigi, kamu tidak perlu khawatir karena terdapat cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit dengan mudah yang bisa dilakukan di rumah.

Simak beberapa cara menghilangkan sakit gigi melalui penjelasan berikut.

Cara Menghilangkan Sakit Gigi dalam 5 Menit

1. Lakukan Kompres Dingin

Saat sakit gigi biasanya gusi akan mengalami pembengkakan dan peradangan, tentunya ini akan menimbulkan rasa nyeri yang sangat tidak nyaman.

Untuk membantu meredakan nyeri dan bengkak, kamu bisa menggunakan kompres dingin agar membantu meringankan sakitnya.

Kamu bisa mengambil es batu dengan dibungkus di dalam handuk, kemudian tempelkan ke sisi wajah atau rahang yang terasa sakit.

Cara kompres dingin bisa membantu menyempitkan area pembuluh darah di area tersebut, sehingga rasa sakit berkurang dan kamu bisa beristirahat.

Kamu bisa melakukan kompres dingin untuk beberapa saat dengan melakukannya dengan durasi 15 – 20 menit.

2. Berkumur Menggunakan Air Garam

Cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit secara mudah dapat dilakukan dengan berkumur menggunakan larutan air hangat dan ditambahkan satu sendok garam untuk meredakan peradangan.

Garam sendiri memiliki senyawa yang bisa dijadikan sebagai disinfektan alami untuk meredakan peradangan sekaligus membersihkan sela-sela gigi dan gusi dari sisa makanan.

Cara ini juga dapat membantu melindungi gigi yang rusak dari infeksi karena garam juga mengandung antibakteri.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Oleskan Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh memiliki kandungan antiseptic berupa eugenol yang bisa mengurangi rasa sakit di gigi.

Kamu bisa langsung mengoleskan minyak cengkeh ke gigi yang terasa sakit atau bisa gunakan alat bantu terlebih dahulu ke sikat gigi kemudian baru dioleskan.

Diamkan beberapa saat minyak cengkeh di gigi yang sakit, lalu jangan lupa untuk membersihkan gigi dengan berkumur.

4. Berkumur dengan Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida merupakan zat kimia yang biasa digunakan untuk mencegah infeksi pada luka dan juga menjaga kesehatan mulut.

Saat sakit gigi sedang melanda, kamu juga bisa menggunakan hidrogen peroksida dengan dengan cara dijadikan sebagai obat kumur.

Cara penggunaannya, terlebih dahulu encerkan hydrogen 3% dan campurkan dengan air, kemudiian bila mulut sampai bersih dan ingat jangan sampai tertelan.

5. Minum Obat Pereda Nyeri

Jika sakit gigi yang dialami sangat tidak tertahankan, kamu bisa mengonsumsi obat pereda nyeri dengan jenis antiinflamasi nonsteroid, seperti ibuprofen, aspirin, dan naproxen.

Namun, sebelum mengonsumsinya ada hal perlu diperhatikan terlebih dahulu, pastikan kamu memperhatikan prosedur penggunaannya dengan cermat dan hati-hati.

Jika dirasa cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit berhasil dilakukan meredakan nyeri kamu juga tetap perlu memeriksakan diri ke dokter gigi, agar dapat dicari tahu penyebab pasti sakitnya dan tentunya mendapatkan penanganan yang tepat.

Tidak hanya itu, cara menghilangkan sakit gigi terbaik termudah yang bisa dilakukan adalah dengan selalu memperhatikan kesehatan dan kebersihan gigi serta mulut.

Lakukan Langkah kecil menjaga kesehatan gigi dengan rajin menggosok dua kali sehari, menghindari makan-makanan yang bisa merusak gigi, serta usahakan setiap enam bulan sekali rutin periksakan diri ke dokter.

Sebagai referensi menjaga kesehatan gigi, kamu juga bisa mengetahuinya di buku Gigi dan Mulutku Sehat yang ditulis oleh Dicky Stefanus bisa memberikan banyak edukasi segala hal tentang gigi.

Buku ini akan mengenalkan cara perawatan gigi yang diperbolehkan hingga kesalahan yang seharusnya dihindari dengan menyajikan informasi menggunakan ilustrasi yang menarik.

Buku Gigi dan Mulutku Sehat sangat pas bagi orang tua yang ingin mengenalkan perawatan gigi kepada buah hati tercinta.

Jika tertarik, buku ini bisa langsung didapat melalui situs Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com