Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024

12 Nama-Nama Putri Disney, yang Mana Favoritmu?

Kompas.com - 09/10/2022, 13:00 WIB
Nama Putri Disney Sumber Gambar: Pinterest.com Nama Putri Disney
Rujukan artikel ini:
5-Minute Princess Stories (Kisah-kisah 5…
Pengarang: Disney
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Bagi para pecinta film-film Disney, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan nama-nama karakter Putri Disney seperti Cinderella, Rapunzel, Jasmine, atau bahkan Anna dan Elsa.

Seperti yang kita tahu, para putri Disney ini tidak hanya sekadar cantik, tapi juga memiliki karakter yang kuat sebagai tokoh utama dalam sebuah cerita.

Tapi tahukah kamu kalau ternyata pihak Disney tidak asal ambil nama saat menentukan nama karakter putri dalam setiap ceritanya?

Mereka juga akan menyesuaikannya dengan karakteristik atau sifat sang putri yang akan menjadi highlight cerita.

Dalam sejarah Disney, sudah ada 12 nama putri Disney yang berhasil disertifikasi sebagai ‘Princess Disney Official’, dan menjadi hak cipta dan hak milik pihak Disney secara penuh.

Mengutip dari laman Disney With Daves Daughter, berikut ini adalah daftar nama karakter putri Disney dan beberapa faktanya yang harus kamu ketahui.

12 Daftar Nama Putri Disney

1. Snow White

Nama Putri Disney Nama Putri Disney

Dalam bahasa Inggris, Snow White berarti salju putih, ini terbukti dari karakter sang putri yang memang memiliki kulit seputih salju dan memiliki aura yang memancarkan keindahan atau kecantikan.

Snow White juga digambarkan sebagai karakter putri yang suka kebersihan, mudah berteman dengan siapa saja, tabah, dan tidak ragu dalam memberikan kepercayaan kepada orang-orang di sekitarnya.

Dalam film animasi Disney berjudul “Snow White and The Seven Dwarfs”, Snow White dikisahkan memiliki kecantikan yang tidak terkalahkan sampai membuat ibu tirinya merasa cemburu dan ingin menyingkirkannya dengan berbagai cara, mulai dari membuangnya ke hutan sampai membuatnya memakan apel beracun.

Menurut penuturan Disney, selain cantik dan baik hati, Snow White juga memiliki kemampuan untuk bisa berkomunikasi dengan banyak binatang di hutan.

2. Cinderella

Nama Putri Disney Nama Putri Disney

Cinderella sendiri memiliki arti yang cukup unik yakni ‘abu halus’ yang diambil dari bahasa Prancis, ini sesuai dengan penggambaran sosok Cinderella sebagai gadis polos, cantik, dan baik hati yang dijadikan sebagai upik abu atau pembantu oleh keluarga tirinya.

Dari semua putri Disney yang ada, karakter Cinderella adalah salah satu karakter tertua yakni berusia 19-20 tahun, ia juga merupakan putri Disney kedua setelah Snow White.

Dalam film animasinya, Cinderella digambarkan sebagai seorang putri yang menerima sihir dari ibu peri, ia kemudian berhasil datang ke pesta kerajaan dengan kereta kuda, gaun yang cantik, dan sepatu kaca.

3. Aurora

Nama Putri Disney Nama Putri Disney

Nama Aurora berasal dari bahasa Latin yang berarti ‘dinihari’, menggambarkan suatu pemandangan yang cantik dan menyegarkan untuk menyambut hari yang baru.

Untuk kali pertama dalam sejarah film animasi Princess Disney, nama Aurora tidak dijadikan sebagai judul filmnya, pihak Disney menamai filmnya dengan judul “Sleeping Beauty” untuk karakter Aurora.

Aurora sendiri sering dijuluki sebagai putri tidur karena dalam ceritanya, ia adalah seorang putri yang dikutuk oleh penyihir dan hanya bisa terbangun setelah dirinya dicium oleh sang pangeran.

4. Ariel

Nama Putri Disney Nama Putri Disney

Nama Ariel berasal dari bahasa Ibrani yang berarti Dewa Singa, ia digambarkan sebagai sosok putri yang kuat, tangguh, pantang menyerah, dan memiliki kemauan yang keras,

Sebagai putri duyung, karakter Ariel digambarkan dengan rambut merah dan suara yang indah, ia juga sangat kagum dengan daratan tempat tinggal manusia yang membuatnya sering naik ke permukaan.

Pertemuannya dengan Pangeran Eric pada akhirnya membuat Ariel harus melakukan perjanjian dengan Ursula bahwa selama 3 hari, Ariel bisa menjadi manusia dan harus membuat sang pangeran jatuh cinta kepadanya.

5. Belle

Nama Putri Disney Nama Putri Disney

Nama Belle berasal dari bahasa Prancis yang berarti cantik, sesuai dengan karakternya, Putri Belle adalah sosok yang cantik paras dan hatinya.

Dalam film animasi ‘Beauty and The Beast’, Bella terpaksa menjadi tawanan di sebuah kastil terpencil di tengah hutan, disana ia tinggal dengan sosok mengerikan yang mendapat kutukan.

Sosok mengerikan ini akan berubah wujud saat ia berhasil menemukan cinta sejatinya dan tanpa sadar, putri Belle adalah sosok yang berhasil mematahkan kutukan tersebut.

6. Jasmine

Nama Putri Disney Nama Putri Disney

Jasmine adalah nama bunga yang berasal dari bahasa Persia, ia adalah sosok Putri yang sangat cantik dan dikagumi oleh banyak orang, Jasmine juga digambarkan memiliki keharuman seperti bunga.

Dari sekian banyak karakter Putri Disney, Jasmine sebenarnya bukan termasuk tokoh utama dalam filmnya, ia digambarkan sebagai sosok pendamping Aladin, seorang anak jalanan miskin yang jatuh cinta dengan sosok Jasmine.

Setelah bertemu dengan Jasmine, Aladin mendapatkan sebuah lampu ajaib berisi Jin yang akan mengabulkan 3 permintaannya, ia kemudian meminta untuk dijadikan sebagai pangeran agar bisa merebut hati Jasmine.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

7. Pocahontas

Nama Putri Disney Nama Putri Disney

Dalam bahasa Algonquin, Pocahontas berarti ‘gadis ceria’, dalam film animasi Disney-nya sendiri, sosok Pocahontas memang digambarkan sebagai seorang gadis yang penuh semangat dan teguh pendirian.

Pocahontas adalah putri seorang kepala suku yang sudah dijodohkan dengan Kocoum, tapi ia menolak dan jatuh cinta dengan Kapten John Smith yang berasal dari Eropa, sejak saat itulah keduanya sepakat untuk melakukan perjalanan ke dunia baru, yang ternyata menjadi awal permasalahan di antara 2 suku besar.

Pocahontas menjadi salah satu karakter Putri Disney terunik karena digambarkan berasal dari Amerika dan tidak berkulit putih seperti Putri lainnya.

8. Mulan

Nama Putri Disney Nama Putri Disney

Dalam bahasa Tiongkok, Mulan berarti ‘Anggrek Hutan’, ini menggambarkan karakter Mulan yang cantik, berkemauan keras, tidak takut pada tantangan, dan bisa bertahan hidup di lingkungan yang keras seperti anggrek hutan.

Kisah Mulan didasarkan pada seorang prajurit legendaris Tiongkok bernama ‘Hua Mulan’, dalam film Disney, Mulan menyamar sebagai prajurit pria menggantikan ayahnya untuk melawan tentara Hun yang ingin menginvasi Tiongkok.

9. Tiana

Nama Putri Disney Nama Putri Disney

Nama Tiana berasal dari bahasa Yunani yang berarti ‘Ratu Peri’, ia adalah satu-satunya putri Disney yang memiliki pekerjaan layaknya rakyat biasa.

Dalam film animasi Disney, Tiana bekerja keras demi mewujudkan cita-cita mendiang ayahnya untuk mendirikan restoran, sayangnya pada suatu hari ia bertemu dengan Pangeran Naveen yang telah dikutuk jadi kodok.

Naveen percaya kalau ciuman Tiana bisa mengubahnya kembali menjadi manusia, tapi ternyata Tiana yang ikut-ikutan berubah menjadi kodok.

10. Rapunzel

Nama Putri Disney Nama Putri Disney

Rapunzel digambarkan memiliki rambut panjang yang menyimpan kekuatan sebagai penyembuh ajaib, hal ini membuat ibunya mengurung Rapunzel di menara tinggi yang terpencil demi mendapatkan kekuatan tersebut.

Tanpa disangka, seorang pencuri bernama Flynn Ryder tiba-tiba memanjat kastil Rapunzel untuk melarikan diri, perbuatannya menginspirasi Rapunzel untuk ikut melarikan diri demi melihat lentera yang dihadiahkan untuknya di hari ulang tahunnya.

11. Merida

Nama Putri Disney Nama Putri Disney

Berasal dari bahasa Celtic yang berarti ‘mutiara’, dalam filmnya, Merida adalah sosok putri yang kuat, tidak terkalahkan, dan memiliki kecantikan layaknya mutiara.

Merida digambarkan memiliki rambut keriting berwarna terang, ia juga dikenal sebagai sosok pemanah yang tangguh dan berani untuk menolak perjodohan dengan seorang pria yang tidak pernah ia kenal.

Dalam cerita Disney, Merida dikisahkan tidak memiliki sosok pangeran sebagai pendampingnya.

12. Moana

Nama Putri Disney Nama Putri Disney

Nama karakter Moana berasal dari bahasa Maori yang berarti ‘samudera’, Moana memang digambarkan sebagai seorang putri yang hidup dan tinggal di lautan.

Sama seperti Merida, Moana juga tidak memiliki pangeran, ia adalah putri Kepala Tui, pemimpin suku Motunui yang berasal dari Polinesia.

Moana adalah seorang gadis berkemauan keras, ia memutuskan untuk berlayar menyusuri lautan untuk menyatukan kembali peninggalan Dewi Te Fiti, Moana juga berusaha menemukan seorang dewi legendaris bernama Maui demi menyelamatkan rakyatnya.

Itulah ke-12 nama putri Disney yang ternyata memiliki arti dan makna tersendiri, dan digambarkan memiliki kecantikan, kebaikan hati, dan keberanian yang menjadi idaman banyak orang.

Jadi, Putri Disney manakah yang menjadi favoritmu?

Buat kamu yang ingin merasakan kembali nostalgia masa kecil bersama kisah-kisah para putri Disney, atau ingin membacakan dongeng untuk si kecil, kamu bisa membaca buku 5-Minute Princess Stories (Kisah-kisah 5 Menit Putri Disney) yang juga ditulis oleh Disney.

Buku yang terdiri dari 190-an halaman ini berisi 12 cerita yang mengisahkan tentang petualangan, kisah cinta, dan perjuangan para putri Disney untuk menemukan kebahagiaannya.

Dikemas dengan konsep yang sangat apik, setiap cerita yang ada dalam buku ini bisa kamu baca dalam sekali duduk saja, dan bisa juga dijadikan sebagai bahan cerita untuk acara-acara tertentu.

Dilengkapi dengan beberapa gambar atau ilustrasi, buku ini cocok buat kamu yang ingin flashback dan membaca kembali kisah putri Disney yang menginspirasi.

Buku ini bisa kamu beli melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke