Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Jajanan Korea yang Halal dan Enak, Wajib Coba!

Kompas.com - 03/10/2022, 13:30 WIB
jajanan korea yang halal Photo by tragrpx on Pixabay jajanan korea yang halal
Rujukan artikel ini:
101 Korean Food Guide
Pengarang: Olivia Kristie
|
Editor Rahmad

Bagi kamu pecinta K-drama atau K-pop pasti juga ingin mencicipi jajanan korea yang khas tersebut. Bahkan kamu yang suka mencicipi kuliner unik pasti juga penasaran dengan jajanan korea yang mulai populer di Indonesia.

Namun dalam prakteknya kamu mungkin juga memperhatikan apakah makanan tersebut halal atau tidak. Hal inilah yang bisanya jadi pertimbangan besar terutama bagi umat muslim untuk mencicipi makanan mancanegara.

Jangan khawatir berikut ini terangkum daftar jajanan korea yang halal dan enak,serta recommended untuk dicoba.

Daftar Jajanan Korea yang Halal

Berbicara soal kuliner maka berkaitan erat dengan selera seseorang. Namun apakah kamu pernah penasaran dengan beberapa makanan mancanegara yang mungkin sangat asing bagi lidah kalian.

Bisa jadi lidah kamu cocok dengan makanan mancanegara tersebut, termasuk jajanan korea yang lumayan populer di Indonesia.

Tak jarang orang tertarik dengan makanan korea karena pengaruh K-dramanya atau para K-pop idolnya. Berikut ini daftar jajanan korea yang halal dan enak untuk dicoba:

1. Chamchi Kimbab

Liburan di Korea tidak lengkap tanpa makan kimbap. Tapi haruskah kamu ragu untuk membeli ini? Ada juga chamchi kimbab yang berbahan tuna, jadi bisa dinikmati pelan-pelan sampai kenyang. Mirip dengan sushi Jepang, makanan ini biasanya terdiri dari nasi, sayuran, kimchi, dan isian daging atau ikan.

2. Tteokbokki

Jajanan kaki lima ini sebenarnya bisa ditemukan di Indonesia. Tentu saja, jika kamu mencicipi tteokbokki di negara asalnya, maka dapat mencicipi rasa otentiknya. Camilan ini terdiri dari kue beras, bakso ikan, sup ikan teri dan pasta cabai yang khas Korea.

3. Pajeon

Sekilas jajanan korea yang halal ini mirip martabak telur, namanya pajeon atau pancake dengan daun bawang. Bahan utamanya adalah tepung terigu, daun bawang cincang, dan telur. Biasanya dengan tambahan seperti udang atau cumi.

Jajanan kaki lima ini juga cocok dijadikan sebagai camilan untuk mengenyangkan perut. Hal ini karena ukurannya yang lumayan besar dan mengandung terigu.

4. Bingsu

Bingsu adalah es serut khas Korea yang terkenal dengan porsinya yang banyak dan topping yang beragam. Yang paling terkenal tentu saja Bingsu dengan kacang merah manis. Rasa segar dipadu dengan rasanya yang masih tidak akan gagal buat lidahmu terpesona.

5. Hotteok

Hotteok adalah camilan manis dan lembut yang terbuat dari tepung yang diisi dengan gula merah, kacang tanah, dan kayu manis. Makanan jalanan ini sangat cocok dinikmati saat panas di tengah musim dingin Korea. Jadi jangan khawatir karena hotteok adalah salah satu jajanan korea yang halal.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

6. Bungeoppang

Bungeoppang adalah roti berbentuk ikan dengan rasa yang manis. Roti ini dibuat dengan pasta kacang merah asli dan renyah di luar dan lembut di dalam. Ketika kamu memasukkannya ke dalam mulut, pasta kacang merah akan meleleh di mulut.

Kamu mungkin juga tidak akan asing dengan jajanan korea yang satu ini karena sering muncul di serial drama korea. Jika kamu penasaran dengan rasanya, jangan khawatir karena Bungeoppang halal dan pastinya lezat.

7. Twist Potato

Twist Potato ini sangat populer di kalangan anak muda Korea yang menyukai jajanan kaki lima. Kentang ini biasanya di iris, ditusuk dengan stick, dan dipilin menjadi spiral. Biasanya kentang ini dipanggang dan dicelupkan ke dalam keju parut yang manis dan gurih.

8. Gyeran-ppang

Gyeran-ppang adalah roti telur yang disukai oleh banyak wisatawan yang berkunjung ke Korea. Seperti namanya, Gyeran-ppang dibuat dengan bahan-bahan halal: telur dan roti.

Roti Guerlain ditandai dengan topping yang terbuat dari ekstrak vanila, garam, gula, dan keju mozzarella yang dilelehkan. Roti gyeran dibuat dengan roti dan telur, sehingga bisa disantap oleh para musafir muslim yang mencari makanan ringan di negeri ginseng tersebut.

Buku 101 Korean Food Guide yang ditulis Olivia Kristie bisa kamu jadikan referensi untuk mengetahui berbagai jenis jajanan korea yang enak-enak. Buku ini menjelaskan secara lugas lokasi, cita rasa, dan bahan apa yang digunakan dalam makanan tersebut.

Jadi kamu sudah tidak perlu khawatir mana jajanan korea yang halal dan tidak. Seperti yang kita ketahui kebanyakan dari makanan khas korea selatan juga banyak yang terbuat dari daging babi.

Itulah sebabnya kamu perlu memperhatikan jajanan korea mana yang halal dan bisa kamu konsumsi.

Buku ini sendiri bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com