Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pernah disebut Jamet? Yuk Ketahui Asal Usul Istilahnya

Kompas.com - 17/09/2022, 17:30 WIB
asal usul istilah jamet Sumber: twitter asal usul istilah jamet
Rujukan artikel ini:
Kamus Gaul Percakapan Bahasa Inggris-Republish
Pengarang: Yusup Priyasudiarja
|
Editor Rahmad

Jamet adalah kata yang seringkali disebut oleh anak muda kekinian. Sebagian dari kamu mungkin belum mengetahui apa itu arti dari jamet.

Jamet adalah istilah yang sering digunakan untuk menyebut seseorang dengan suatu gaya atau atribut tertentu. Kini, istilah kata jamet adalah kata yang sangatlah populer dalam istilah bahasa gaul. Pengertian tentang jamet terus berkembang dan juga meluas. Kini, jamet adalah kata yang paling sering dicari artinya lho di halaman internet.

Istilah jamet sendiri sebetulnya sudah ada sejak lama. Namun, istilah ini populer kembali di tahun 2021 lalu. Jamet adalah kata yang paling sering disebutkan di sosial media, terutama di TikTok. Jamet adalah sebuah bukti bahasa gaul yang terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu.

Arti Kata Jamet

Jamet adalah kependekan dari “jajal metal”. Ada juga yang mengartikan kata jamet adalah singkatan dari “Jawa metal”. Istilah ini seringkali dikaitkan dengan seseorang dengan gaya metal.

Apabila mencari arti kata jamet di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), maka tidak akan kamu temukan arti dari kata tersebut. oleh sebab itu, jamet masuk ke dalam kategori bahasa gaul yang dibuat oleh kalangan masyarakat.

Perlu dicatat pula, bahwa makna Jajal metal atau Jawa metal bukanlah kata yang mendiskreditkan suatu ras atau kelompok tertentu.

Jamet didefinisikan sebagai seseorang yang ingin bergaya atau berlagak keren dengan menggunakan beragam atribut musik metal. Jamet sangat identik dengan rambut gondrong yang biasanya diluruskan, kemudian diwarnai, atau dibiarkan acak-acakan saja. Pakaian yang ia gunakan biasanya dianggap tak serasi.

Asal Mula Kata Jamet

asal usul istilah jamet asal usul istilah jamet

Istilah jamet sudah muncul dalam waktu yang lama. Istilah ini kemudian muncul kembali dan populer di tahun 2021, terutama di sosial media. Hal ini juga disebabkan karena kemunculan video di TikTok yang menampilkan seorang pemuda yang berpenampilan dengan gaya metal, lengkap dengan rambut gondrongnya. Pemuda tersebut terlihat tampil menari dengan goyang badinding yang seru.

Aksi dari seorang pemuda tersebut sempat menjadi viral, sampai orang-orang melabelinya dengan istilah jamet. Berdasarkan pada video TikTok tersebut, orang banyak yang langsung mengidentifikasikan bahwa sosok jamet adalah seseorang yang kurang lebih berpenampilan sama seperti pemuda yang ada di dalam video TikTok tersebut.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Istilah jamet banyak diberikan kepada seseorang yang ingin terlihat secara fisik penampilannya seperti anggota band metal, yang menggunakan aksesoris, riasan, serta pakaian khas anak band metal. Namun sayangnya, penampilan tersebut justru tidak bisa memberikan kesan yang keren.

Malah sebaliknya, kesan yang kemudian timbul saat melihat seseorang tersebut adalah jauh dari kata keren. Oleh karena itu, masyarakat menilai bahwa hal tersebut perlu untuk mereka beri julukan tersendiri.

Ciri dari penampilan seseorang yang biasanya disebut jamet adalah selain mereka yang berambut panjang atau berpakaian tidak matching, biasanya mereka sering berkumpul dengan alasan yang tak jelas bersama dengan sekumpulan orang yang juga memiliki penampilan serupa. Mereka juga kerap menggunakan aksesoris ala-ala anak metal yang digunakan secara berlebihan.

Istilah jamet juga sering ditambahkan dengan predikat kuproy, sehingga penyebutannya menjadi jamet kuproy. Kata kuproy sendiri adalah kependekan dari kuli proyek, yang diasosiasikan oleh banyak masyarakat kalau mereka yang disebut dengan jamet adalah memiliki latar belakang pekerjaan sebagai kuli proyek.

Hal yang perlu dicatat dari istilah kata ini adalah ini hanyalah bahasa gaul yang tidak bermaksud untuk merendahkan profesi atau pihak manapun. Kebebasan dalam berekspresi dalam menampilkan sebuah konten menjadi hak semua orang, selama tidak melanggar norma dan juga hukum yang ada di masyarakat.

Nah, sekarang kamu jadi sudah tahu kan istilah jamet itu apa. selain jamet dan jamet kuproy, sebetulnya masih banyak lagi istilah gaul lainnya yang bisa kamu pelajari. Kamu juga bisa mempelajari dan mengetahui istilah-istilah gaul dalam bahasa Inggris melalui buku Kamus Gaul Percakapan Bahasa Inggris.

Buku ini cocok banget untuk kamu-kamu para remaja yang ingin terbiasa berbicara atau menulis dengan bahasa Inggris secara gaul. Dengan buku ini, kamu bisa ngomong maupun chatting dengan ungkapan bahasa Inggris yang gaul, luwes, dan tidak kaku layaknya menggunakan bahasa Inggris yang standar.

Buku ini bisa segera kamu pesan melalui https://www.gramedia.com/

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com