Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Buku Tentang Pendidikan Terbaik yang Membahas Masalah dan Solusinya

Kompas.com - 08/09/2022, 13:30 WIB
Rekomendasi Buku Tentang Pendidikan Photo on Gramedia.com Rekomendasi Buku Tentang Pendidikan
Rujukan artikel ini:
Landasan Pendidikan: Dasar Pengenalan Diri…
Pengarang: Amos Neolaka, Prof., Dr.,…
|
Editor Rahmad

Secara konsep, pengertian pendidikan adalah suatu bentuk bimbingan yang diberikan orang dewasa pada anak yang belum dewasa untuk tujuan kedewasaan. Artinya pendidikan dan mendidik memiliki keterkaitan.

Itulah sebabnya ada sistem pendidikan yang kompleks yang berkaitan dengan banyak hal di dalamnya. Dalam praktiknya, isu pendidikan jadi topik yang menarik untuk dibicarakan. Terlebih kondisi pendidikan di Indonesia yang perlu banyak pembenahan.

Banyak para ahli yang mengulas masalah dan mengkritik isu pendidikan Indonesia. Melalui rekomendasi buku tentang pendidikan berikut ini kamu bisa memperoleh banyak referensi tentang masalah dan solusi terbaik untuk menghadapi kondisi pendidikan Indonesia. Termasuk mempelajari bagaimana perkembangannya sampai saat ini.

Rekomendasi Buku Tentang Pendidikan

Berikut ini rekomendasi buku tentang pendidikan yang mengulas tuntas tentang masalah pendidikan di Indonesia secara praktik dan teoritik:

1. Landasan Pendidikan: Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup

Penulis : Amos Neoloka

Tahun Terbit : 1 Oktober 2017

Penerbit : Prenada Media Group

Bahasa : Indonesia

Jumlah Halaman : 564

Pendidikan adalah kata yang digunakan banyak orang. Pertanyaannya, apakah orang yang banyak bicara tentang pendidikan mengerti apa itu pendidikan?

Faktanya, perlu dicatat bahwa banyak orang yang tidak memahami pengertian pendidikan itu sendiri, meskipun sebenarnya mereka membicarakannya.

Pendidikan bukan tentang menyekolahkan anak agar lebih pintar, tetapi apa yang perlu dipahami anak untuk mengembangkan diri guna mencapai cita-cita dan tujuan hidup di masa depan yang penuh tantangan, konon mencakup berbagai aspek.

Jadi, buku Landasan Pendidikan: Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup ini akan membantu menjawab pertanyaan dasar tentang pendidikan tersebut.

2. Pedagogik Telaah Kritis Ilmu Pendidikan Dalam Multiperspektif

Penulis : Yusuf Tri Herlambang

Tahun Terbit : 14 November 2018

Penerbit : Bumi Aksara

Bahasa : Indonesia

Pedagogi adalah ilmu dasar yang menjadi dasar menyelenggarakan pendidikan. Dalam perkembangannya, idiom umum tidak lagi dipandang sebagai ilmu yang terbatas pada masalah praktis dan argumen sempit lainnya.

Ini menjadikan pedagogik sebagai ilmu yang terlepas dari esensinya, tetapi semakin menjadi landasan teoritis yang membangun pilar-pilar kehidupan manusia. Artinya pedagogik sebagai ilmu yang berhubungan dengan manusia dan segala aspeknya.

Atas dasar inilah kinerja manusia menjadi tema sentral dan titik tolak untuk memaknai pendidikan. Selanjutnya, pedagogik sebagai ilmu dibangun di atas struktur dasar yang jelas tidak hanya berdasarkan konsep.

Tetapi juga pada landasan kontekstual dan filosofis serta dimensi lain di dalamnya. Buku Pedagogik Telaah Kritis Ilmu Pendidikan Dalam Multiperspektif ini lengkap mengulas pedagogi Indonesia yang didasarkan pada prinsip-prinsip dasar pengembangannya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Seperti nilai-nilai yang mendarah daging dan falsafah Pancasila sebagai falsafah kebangsaan Indonesia.

3. Pendidikan dan Manusia: Kumpulan Kritik Pendidikan

Semua artikel dalam buku Pendidikan dan Manusia: Kumpulan Kritik Pendidikan membahas berbagai masalah yang timbul dari kebijakan pendidikan yang berpusat pada statistik, seperti peningkatan kualitas guru, ujian nasional, dan perubahan kurikulum.

Dengan menggunakan paradigma pendidikan kritis, kita melihat keberadaan dunia pendidikan dari luar grand system yang mendorongnya. Paradigma ini telah muncul di berbagai negara di dunia, termasuk dalam tulisan Paulo Freire.

Sebenarnya tulisan-tulisan buku itu bertentangan dengan sistem, tetapi pada kenyataannya itu adalah cara untuk memahami dunia pendidikan dari sudut pandang pedagogis yang kritis, saya di sini.

Arah perkembangan pendidikan yang dikemukakan oleh Paulo Freire adalah bahwa, secara terselubung, pendidikan harus melindungi kaum tertindas. Hal ini tercermin dari munculnya berbagai sistem pendidikan yang mendobrak status quo.

4. Filsafat Pendidikan

Pendidikan dapat dilihat sebagai aplikasi pemikiran filosofis, tetapi filsuf konsisten dengan pemikirannya. Sebuah filosofi yang memberikan kerangka konseptual holistik bagi manusia dalam pendidikan, menetapkan manusia sebagai titik awal dan tujuan akhir.

Oleh karena itu, makna pendidikan dimulai dengan makna fitrah manusia dan orang-orang yang menciptakan teori pendidikan. Teori pedagogis dipraktikkan dalam proses pembelajaran berbagai aliran filsafat.

Pendidikan bukan hanya tentang perkembangan fisiologis manusia, pengayaan materi dan pemberdayaan. Pendidikan bersifat sistematis dan relasional untuk membentuk manusia sejati.

Landasan ilmu pendidikan adalah proses humanisasi manusia, yaitu watak manusia sebagai makhluk pendidikan, yang pada akhirnya mengungkapkan kesadaran akan nilai-nilai kemanusiaan.

Kesadaran manusia sebagai manusia tidak dilahirkan, tetapi pendidikan diperlukan untuk mendukung aspek (kognitif) sikap, keterampilan dan pengetahuan.

Buku Filsafat Pendidikan: Teori Klasik Postmodernisme di Indonesia dan Permasalahannya menyajikan pemikiran filosofis tentang teori pendidikan, dimulai dengan teori klasik dan diakhiri dengan teori postmodern.

Selain itu, buku ini menyajikan masalah pengasuhan rahasia terbuka yang harus dipecahkan bersama.

Beberapa solusi yang ditawarkan sebagai "obat" untuk masalah pengasuhan anak ini juga disajikan dalam buku ini. Buku ini sangat cocok bagi para penggiat pendidikan, guru, dosen, dan mahasiswa S-1, S-2, dan S-3 sebagai wahana perjuangan ilmu pendidikan.

5. Pendidikan Kritis : Kritik Atas Praksis Neo - Liberalisasi Dan Standarisasi Pendidikan

Buku Pendidikan Kritis yang ditulis Edi Subkhan ini cocok dibaca oleh mahasiswa, dosen, pegiat pendidikan, dan masyarakat umum yang ingin mengetahui masalah pendidikan kita yang seringkali tidak disadari oleh masyarakat umum.

Kasus-kasus dan analisis tajam dari aspek-aspek pedagogis utama dalam buku ini layak untuk dipelajari, terutama bagi siswa guru dan pendidik pada umumnya.

Buku ini juga memuat solusi efektif yang seringkali tidak terpikirkan di masyarakat dan patut dibaca oleh para pendidik dan pengambil kebijakan untuk pengembangan lebih lanjut.

Nah itulah rekomendasi buku tentang pendidikan yang bisa kamu jadikan referensi untuk mengamati isu dan masalah pendidikan di Indonesia.

Mana buku yang tertarik kamu baca? Pendidikan Indonesia memang perlu banyak perhatian, mempelajar sistemnya yang tepat bisa membantu memperbaikinya.

Pahami makna dari pengertian pendidikan dengan koleksi buku Gramedia.com di atas.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com