Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal 4 Dasar Ragam Klasifikasi Makhluk Hidup dan Contohnya!

Kompas.com - 29/08/2022, 14:30 WIB
ragam klasifikasi makhluk hidup Photo by ROverhate on Pixabay ragam klasifikasi makhluk hidup
Rujukan artikel ini:
169+ Fakta Asyik Tentang Makhluk…
Pengarang: Tony Wolf
|
Editor Rahmad

Di bumi tempat kita tinggal ini, banyak sekali makhluk yang bisa dilihat dengan mata telanjang atau makhluk kecil yang hanya bisa dilihat dengan alat. Untuk dengan mudah mengenali makhluk yang beragam ini, mereka harus diklasifikasikan atau dikelompokkan.

Taksonomi organisme atau ragam klasifikasi makhluk hidup adalah pengelompokan organisme berdasarkan sifat atau ciri-ciri makhluk hidup tertentu yang dimilikinya. Klasifikasi organisme biasanya didasarkan pada ciri fisik, morfologi, metode reproduksi, kegunaan, materi genetik, kandungan gen kromosom, dan kandungan biokimia.

Berdasarkan karakteristik dasar tersebut, ragam klasifikasi makhluk hidup ini dapat dibagi menjadi empat kategori. Yakni sistem klasifikasi alami, sistem klasifikasi buatan, sistem klasifikasi filogenetik, dan sistem klasifikasi modern.

Ragam Klasifikasi Makhluk Hidup

Berikut ini dasar-dasar ragam klasifikasi makhluk hidup yang perlu kamu tahu jika ingin belajar tentang makhluk hidup lebih luas lagi:

1. Sistem Klasifikasi Alami

Pertama, ada klasifikasi sistem alami yang tentunya kita sudah mengetahui bahwa klasifikasi ini pada dasarnya didasarkan pada kesamaan. Hal ini dapat diketahui dengan mengamati organisme tersebut secara morfologis.

Misalnya, mengamati kucing, anjing, sapi, kuda, dan harimau. Dilihat dari alam, kelima hewan tersebut memiliki empat kaki, sehingga kita dapat melihat bahwa mereka membentuk kelompok yang dimaksudkan secara alami, kelompok hewan berkaki empat.

Dengan demikian, dasar sistem alam ternyata adalah pembentukan kelompok organisme secara alami. Taksonomi sistem alam adalah Aristoteles, seorang ilmuwan terkenal asal negara Yunani pada 350 SM. Dia membagi makhluk hidup menjadi dua dunia.

Yakni makhluk hidup berjenis hewan dan tumbuhan. Satwa liar dibagi lagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan habitat dan perilakunya, sedangkan tumbuhan dikelompokkan berdasarkan ukuran dan strukturnya.

2. Sistem Klasifikasi Buatan

Kedua, dibandingkan dengan sistem klasifikasi alami, sistem klasifikasi buatan lebih baik, lebih lengkap, dan lebih mudah dipahami daripada sistem klasifikasi sebelumnya. Klasifikasi ini pertama kali diperkenalkan oleh Carl von Linne (1707-1778).

Dia dikenal sebagai ahli botani Swedia Carolus Linnaeus. Dia disebut "Bapak Taksonomi". Berdasarkan persamaan dan perbedaan struktur tubuh organisme, taksonomi Linnaean diklasifikasikan sebagai bentuk mengamati dan mempelajari organisme.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Hal ini mencari kesamaan fitur struktural eksternal dan internal dari berbagai spesies makhluk hidup. Jika ada orang-orang dengan ciri-ciri struktur tubuh yang sama atau serupa maka mereka dikelompokkan. Sedangkan orang-orang dengan ciri-ciri yang berbeda dikelompokkan secara terpisah.

Sistem ini memberikan setiap tingkat taksonomi organisme dengan istilah tertentu berdasarkan banyak, atau setidaknya kesamaan, dalam karakteristik setiap jenis organisme yang dikelompokkan. Berikut ini contoh ragam klasifikasi makhluk hidup buatan:

  • Tanaman obat seperti jahe, kina, kayu putih, dan ginseng
  • Tanaman hias seperti mawar, melati, dan anggrek
  • Tanaman pangan seperti padi, jagung, gandum, dan ubi
  • Tanaman sayuran seperti bayam, kangkung, kacang panjang, dan kol

3. Taksonomi Filogenetik atau Sistematis

Klasifikasi sistem filogenetik ini telah diperkenalkan kepada dunia sejak asal muasal teori evolusi oleh Darwin dan Lamarck. Sistem filogenetik adalah sistem yang mengklasifikasikan organisme berdasarkan keterkaitannya dan mengkoordinasikannya berdasarkan proses evolusi.

4. Sistem Klasifikasi Modern

Sistem klasifikasi didasarkan pada hubungan organisme (filogeni), karakteristik genetik atau kromosom, dan karakteristik biokimia. Selain membandingkan ciri-ciri makhluk hidup secara morfologi, sistem klasifikasi modern ini juga membandingkan secara anatomi, fisiologi, etologi, dan struktur molekul organisme terklasifikasi.

Nah, itulah dasar-dasar ragam klasifikasi makhluk hidup yang perlu kamu tahu. Berdasarkan sistem di atas,kamu diharapkan tidak lagi kesulitan membedakan ciri-ciri makhluk hidup dan mengenalnya sesuai dengan klasifikasinya.

Buku 169+ Fakta Asyik Tentang Makhluk Hidup yang di tuliaTony Wolf bisa kamu jadikan referensi untuk mengenal berbagai macam ragam makhluk hidup. Buku ini menarik dibaca, apalagi untuk anak-anak yang baru belajar tentang makhluk hidup.

Buku ini ditulis dengan menarik dan akan banyak pengetahuan baru yang bisa kamu peroleh. Kamu bisa menemukan fakta unik tentang berbagai macam makhluk hidup yang ada di sekitarmu atau yang tidak pernah kamu lihat sekalipun.

Buku ini sendiri bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com