Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudahkah Kamu Mengetahui Cara Membaca Tabel Periodik yang Benar? Berikut 7 Caranya

Kompas.com - 25/08/2022, 12:30 WIB
cara membaca tabel periodik Sumber: amnh.org cara membaca tabel periodik
Rujukan artikel ini:
Kamus Kimia Sc Index +…
Pengarang: Nurhayati Rahayu, S.Pd &…
|
Editor Rahmad

Apakah kalian sudah mengetahui bagaimana cara membaca tabel periodik dengan benar? Kalau sudah, selamat! Kalau belum, jangan khawatir, artikel ini akan membantu kamu menjelaskan tentang cara membaca tabel periodik dengan cara yang benar.

Untuk kamu yang mempelajari ilmu pengetahuan alam, pasti sudah sangat mengenal dengan yang namanya sistem periodik unsur atau tabel periodik. Tabel periodik merupakan susunan unsur-unsur yang berdasarkan pada nomor atom dan kemiripan sifat-sifatnya.

Kamu perlu mengenali, memahami, serta menghafalkannya untuk dapat menghitung reaksi kimia. Dengan bantuan tabel periodik, kamu jadi bisa mengetahui nomor atom, konfigurasi elektron, dan sifat yang ada pada setiap unsur.

Cara Membaca Tabel Periodik

cara membaca tabel periodik cara membaca tabel periodik

Coba baca urutan cara membaca tabel ini sambil kamu membaca tabel sistem periodik yang kamu mili, ya!

1. Bacalah tabel periodik mulai dari kiri atas kek kanan bawah

Unsur-unsur pada tabel periodik tersusun berdasarkan nomor atomnya. Semakin ke kanan dan ke bawah, maka nomor atom yang dimilikinya semakin besar. Nomor atom adalah banyaknya proton yang dimiliki atom unsur.

Semakin ke kanan, kamu juga akan melihat kalau nomor massa setiap atomnya bertambah besar. Semakin ke kanan atau semakin ke bawah, massa atom unsur akan bertambah dikarenakan massa atom dihitung berdasarkan dengan jumlah proton dan juga neutron di setiap atom unsur.

Jumlah proton yang bertambah bersama dengan unsurnya, yang berarti beratnya juga naik.

2. Pahami bahwa setiap unsur ini mengandung 1 proton yang lebih banyak dari pada atom yang di sebelah kirinya

Kamu bisa mengetahui hal ini dengan cara melihat nomor atomnya. Nomor atom tersusun dari kiri ke kanan. Unsur-unsur juga dipisahkan menjadi tiga kelompok. Kamu bisa melihat secara langsung pengelompokannya pada tabel periodik.

3. Kenali golongan atom, yang mempunyai sifat fisik dan kimia yang sama

Golongan ditunjukkan pada kolom vertikal. Pada banyak kasus, golongan ini dicirikan dengan warnanya yang sama. Hal inilah yang bisa membantu kamu dalam mengidentifikasi unsur mana yang mempunyai sifat fisik dan kimia yang mirip.

Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah untuk memperkirakan reaksi dari unsur-unsur tersebut. setiap unsur pada golongan tertentu mempunyai jumlah elektron yang sama pada orbital terluarnya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Sebagian besar unsur hanya masuk di satu golongan

Bedanya, hidrogen dapat dikelompokkan ke dalam golongan halogen atau logam alkali. Pada beberapa tabel, hidrogen muncul pada kedua golongan tersebut.

Di banyak kasus, kolom akan diberikan nomor 1-8, baik di atas maupun di bawah tabel. Angka-angka itu dapat ditampilkan dalam bentuk angka romawi (IA), angka arab (1A), ataupun angka (1).

5. Baca golongan atom mengikuti kolomnya dari atas ke bawah

Coba kamu perhatikan ruang kosong yang ada pada tabel. Selain berdasarkan pada nomor atom, penyusunan unsur-unsur ke dalam kelompok serta golongan juga mempertimbangkan sifat fisik dan juga kimia yang sama.

Dengan cara ini, kamu akan lebih bisa memahami cara setiap unsur tersebut bereaksi. Bertambahnya unsur kimia, membuat penggolongannya akan semakin sulit. Jadi, tak heran kalau tabel periodik memuat ruang kosong.

6. Perhatikan bahwa setiap baris disebut dengan periode

Semua unsur dalam satu periode mempunyai jumlah orbitan atom yang sama, yang nantinya akan dilintasi oleh elektron. Jumlah orbitan ini akan sesuai dengan jumlah periode. Tabel periodik akan memperlihatkan 7 baris, yang artinya terdapat 7 periode.

7. Baca periode unsur dengan mengikuti barisnya dari kiri ke kanan

Kamu harus membedakan antara logam, silogam, dan juga nonlogam. Kamu akan lebih bisa memahami sifat-sifat dari unsur dengan cara kamu mengenali jenis dari unsur tersebut. untungnya, sebagian besar dari tabel periodik sudah menggunakan warna untuk menunjukkan apakah unsur tersebut masuk ke dalam kelompok logam, semilogam, atau nonlogam.

Kamu dapat menemukan unsur logam pada tabel yang ada di sebelah kanan, sementara yang nonlogam ada di sebelah kiri tabel. Sedangkan untuk kelompok yang semilogam terletak di antara logam dan nonlogam.

Itulah cara membaca tabel periodik yang benar. Belajar kimia memang terkadang sulit, karena ada banyak sekali istilah yang terkadang sulit untuk dihafalkan serta dipahami. Kamu harus memiliki cara tersendiri agar belajar menjadi lebih seru.

Seperti buku Kamus Kimia Sc Index + Tabel Periodik, buku ini membantu kamu dalam memberikan definisi dari istilah kimia yang bisa membuatmu menjadi seorang ahli kimia. Kamus ini akan menjadi referensi kimia yang paling lengkap untuk kamu.

Kamus Kimia ini juga dilengkapi dengan tabel unsur periodik, rumus konsentrasi kimia, sampai keterampilan dasar laboratorium. Dijamin, kamus Kimia ini bisa membuat kegiatan belajar kamu jadi lebih mudah dan juga menyenangkan.

Kamus kimia ini bisa langsung kamu pesan melalui https://www.gramedia.com/

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com