Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 9 Manfaat Bawang Putih Untuk Pria Dewasa yang Perlu Kamu Ketahui!

Kompas.com - 22/08/2022, 11:30 WIB
manfaat bawang putih untuk pria Photo by MaisonBoutarin on Pixabay manfaat bawang putih untuk pria
Rujukan artikel ini:
Sehat Tanpa Obat Dengan Bawang…
Pengarang: Dian Sukma Kuswardhani
|
Editor Rahmad

Bawang putih sering digunakan sebagai bumbu masakan. Namun, bawang putih juga sudah populer digunakan sebagai obat tradisional sejak zaman dahulu. Banyak manfaat bawang putih untuk kesehatan, termasuk kesehatan pria, yang dikaitkan dengan zat allicin yang terkandung dalam bawang putih.

Allicin telah terbukti memiliki sifat antibakteri, antivirus, antijamur, dan antioksidan. Selain itu, bawang putih kaya akan vitamin dan nutrisi seperti kalsium mangan, tembaga, selenium, dan vitamin B1, B6, dan C. Itulah sebabnya bawang putih sangat baik dikonsumsi oleh pria.

Manfaat Bawang Putih Untuk Pria

Bawang putih memiliki banyak manfaat, sehingga tak heran banyak produk pria dewasa yang mengandung bawang putih. Namun demikian, tidak perlu membeli produk herbal yang sudah jadi.

Mengkonsumsi bawang putih secara alami juga lebih bermanfaat bagi tubuh. Bawang putih tidak hanya mudah ditemukan, tetapi juga sangat terjangkau. Berikut ini manfaat bawang putih untuk pria dewasa, terutama untuk kesehatan reproduksi:

1. Peningkatan Produksi Testosteron

Hormon testosteron memiliki dampak yang signifikan terhadap produksi sperma. Bawang putih yang mengandung selenium dan vitamin B6 diduga berperan penting dalam memproduksi sperma yang sehat sekaligus meningkatkan produksi testosteron.

Kadar hormon testosteron juga berperan dalam meningkatkan kepadatan otot dan tulang pada pria.

2. Prostat Jadi Lebih Sehat

Fungsi prostat adalah mengeluarkan cairan yang dapat melindungi sperma. Ketika seorang pria berejakulasi, prostat menghalangi saluran yang mengarah ke kandung kemih, memungkinkan sperma melakukan perjalanan menuju rahim.

Prostat juga menentukan kesuburan pria. Pembesaran prostat mempengaruhi pria seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu, makan bawang putih dapat mengurangi risiko BPH (benign prostatic hyperplasia).

Satu studi menemukan bahwa pria yang makan bawang putih memiliki risiko BPH 28% lebih rendah daripada mereka yang tidak.

3. Kesehatan Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular biasanya disebabkan oleh radikal bebas dari paparan bahan kimia berbahaya dalam tubuh. Radikal bebas juga dapat meningkatkan risiko pengerasan pembuluh darah akibat penumpukan plak, atau yang biasa disebut dengan plak.

Timbunan plak dapat mempersempit dan menebalkan pembuluh darah serta mengganggu sirkulasi darah dalam tubuh. Hal ini menjelaskan bahwa bawang putih dapat menurunkan kolesterol jahat, salah satu penyebab aterosklerosis.

4. Pencegahan Disfungsi Ereksi

Bawang putih dikatakan dapat mencegah disfungsi ereksi atau ketidakmampuan pria untuk mempertahankan ereksi selama hubungan seksual. Ada banyak faktor mengapa ini terjadi. Salah satunya adalah masalah aliran darah ke alat kelamin.

Bawang putih dapat meningkatkan sirkulasi darah, jadi makan bawang putih secara teratur dan dalam jumlah sedang dapat membantu mengurangi disfungsi ereksi.

5. Peningkatan Gairah Seksual Pada Pria

Kadar testosteron juga mempengaruhi faktor gairah seksual seseorang. Semakin banyak testosteron, semakin bergairah seorang pria. Seperti disebutkan sebelumnya, bawang putih dapat meningkatkan produksi testosteron dan melancarkan aliran darah.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Bawang putih telah lama dikenal sebagai afrodisiak alami yang dapat meningkatkan sirkulasi darah, memberi dan meningkatkan gairah seksual.

6. Memiliki Sifat Antioksidan, Antivirus dan Antibakteri

Sebenarnya, ini bukan hanya untuk pria. Antioksidan, antivirus dan antimikroba dalam bawang putih efektif dalam melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Antioksidan juga membantu pria dan wanita terlihat lebih muda.

Antiviral dan antibakteri Bertindak sebagai agen, allicin dapat membantu tubuh melawan berbagai penyakit.

7. Meningkatkan kesuburan

Bawang putih dapat membantu meningkatkan kesuburan pada pria. Sebuah tinjauan dari 18 penelitian menyimpulkan bahwa bawang putih membantu meningkatkan produksi sperma dan meningkatkan kadar testosteron.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan bagaimana bawang putih mempengaruhi kesuburan dan kadar testosteron pada manusia.

Bawang putih tidak hanya dapat membantu mencegah penyakit, tetapi juga memainkan peran penting dalam kesehatan dan kesuburan seksual.

8. Antioksidan

Ekstrak bawang putih segar dan tua yang kaya antioksidan membantu menetralkan senyawa berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas. Sebuah penelitian terhadap 100 pria tidak subur menemukan bahwa mengkonsumsi suplemen antioksidan meningkatkan jumlah sperma.

Menariknya, sebuah penelitian pada tikus diabetes menemukan bahwa S-allylcysteine ​​​​dalam bawang putih meningkatkan fungsi ereksi dengan menghalangi pembentukan radikal bebas.

9. Menghasilkan Aroma yang Memikat

Diperlukan penelitian tambahan untuk memahami bagaimana pengaruhnya terhadap fungsi seksual dan kesuburan pada manusia. Sebenarnya bawang putih dapat menghasilkan aroma yang lebih menarik bagi lawan jenis.

Penelitian ini terdiri dari tiga fase, dengan 42 peserta laki-laki diberi jumlah dan jenis (umbi atau kapsul) bawang putih. Bau badan pria kemudian dikumpulkan dan dievaluasi pada pembalut yang dikenakan oleh 82 wanita selama 12 jam.

Hasil menunjukkan bahwa wanita menemukan aroma yang menyenangkan, menarik dan intens. Buku Sehat Tanpa Obat dengan Bawang Merah Bawang Putih yang ditulis Dian Sukma Kuswardhani mengupas secara mendalam tentang aspek sejarah, botani, sampai kandungan dan manfaat bawang putih untuk berbagai bidang.

Dalam buku ini juga menyertakan tips tips praktis terkait bawang putih, termasuk kegunaannya untuk dikonsumsi pria.

Buku ini sendiri bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com