Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Klub Terbaik Sepanjang Masa dari Eropa, Ada MU hingga Arsenal!

Kompas.com - 16/08/2022, 18:00 WIB
Klub Terbaik Sepanjang Masa Sumber Gambar: pixabay.com Klub Terbaik Sepanjang Masa
Rujukan artikel ini:
Buku Jago Sepak Bola Untuk…
Pengarang: REKI SIAGA AGUSTINA, M.PD.,…
|
Editor Ratih Widiastuty

Sejarah sepak bola tak lepas dari performa para pemain yang menunjukkan semangat sekaligus seni permainan yang indah.

Untuk menjadi tim sepak bola terbaik, setidaknya harus memenangkan satu buah trofi di tengah era persaingan yang ketat.

Pemain sepak bola dituntut untuk tampil bermain dengan atraktif namun efektif dalam iklim standar teknis yang tinggi.

Meski sepak bola di Indonesia belum dikenal besar di dunia, sejumlah klub bola di Eropa dan Amerika Serikat telah berkembang untuk menunjukkan keterampilan lebih besar dan tingkat kebugaran lebih tinggi.

Berikut ini daftar klub bola terbaik sepanjang masa berdasarkan sejumlah liga yang pernah berlangsung, dilansir dari HowTheyPlay.

Klub Terbaik Sepanjang Masa

1. Spanyol (2007-2012)

Klub Terbaik Sepanjang Masa Klub Terbaik Sepanjang Masa

Spanyol menjadi tim sepak bola terbaik sepanjang masa setelah berhasil memenangkan tiga turnamen internasional berturut-turut.

Tercatat, tim sepak bola Spanyol pernah memenangkan Kejuaraan Eropa atau European Championships pada 2008 dan 2012.

Selain itu, mereka juga berhasil jadi pemenang dalam Piala Dunia FIFA tahun 2019.

Berdasarkan catatan, tim nasional Spanyol tidak terkalahkan dalam 35 pertandingan, termasuk menang di sepuluh pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2010.

Tim ini secara eksklusif dibentuk dari tim sepak bola populer, yaitu Barcelona dan Real Madrid dengan pemain terkenal tim termasuk Andres Iniesta, Xabi Alonso, David Villa, Carles Puyol, dan Iker Casillas.

2. Barcelona (2009)

Klub Terbaik Sepanjang Masa Klub Terbaik Sepanjang Masa

Babak musim 2009 Barcelona memenangkan treble atau tiga kejuaraan utama oleh klub Spanyol.

Mereka berhasil mengalahkan United di final Liga Champions dengan skor 2-0, memenangkan Copa Del Rey atau Piala Raja Spanyol, dan mengungguli Real Madrid 6-2 untuk menang dalam La Liga.

Tahun 2009 juga menjadi musim munculnya Lionel Messi sebagai pemain terbaik di dunia dan menggandakan jumlah golnya dari musim sebelumnya.

Pada musim tersebut, Barcelona di bawah bimbingan manajer sepak bola terbaik dunia, Pep Guardiola, juga memenangkan Piala Super Domestik dan UEFA serta Piala Dunia Klub FIFA tahun 2009.

Kemenangan tersebut membuat Barcelona tercatat sebagai tim sepak bola dari treble menjadi ‘sextuple’, menang dalam 6 kompetisi nasional dan internasional dalam kurun waktu 1 tahun atau 1 musim.

3. Arsenal (2004)

Klub Terbaik Sepanjang Masa Klub Terbaik Sepanjang Masa

Di musim 2004, Arsenal berhasil melewati seluruh Liga Premier 2003-2004 tanpa terkalahkan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Meski Juventus menyamai prestasi tersebut pada 2012, Arsenal tetap jadi klub sepakbola dengan memenangkan lebih banyak pertandingan karena lebih unggul 90 poin.

Tim sepak bola asal Inggris ini memiliki gaya menyerang yang cepat dalam mengungguli lawan dan mendapatkan julukan sebagai The Arsenal Invincibles atau Arsenal Tak Terkalahkan.

Tercatat mereka berhasil memecahkan rekor 49 pertandingan tak terkalahkan hingga dinyatakan sebagai tim sepak bola terbaik Liga Premier yang pernah ada.

4. Prancis (1998-2000)

Klub Terbaik Sepanjang Masa 
Klub Terbaik Sepanjang Masa

Musim Piala Dunia 1998 berhasil membuat Prancis sebagai klub terbaik sepanjang masa setelah berhasil mengalahkan Brazil dengan skor 3-0 di final.

Tim nasional sepak bola Prancis ini juga memenangkan Kejuaraan Eropa 2000 dengan mengalahkan Italia 2-1 berkat gol emas dari David Trezeguet.

Selain pencetak gol emas, pemain terkenal lain di tim Prancis pada masa itu adalah Zinedine Zidane, Laurent Blanc, Lilian Thuram, dan Didier Deschamps.

5. Manchester United (1998-1999)

Klub Terbaik Sepanjang Masa Klub Terbaik Sepanjang Masa

Di tahun 1998-1999 Manchester United (MU) berhasil memenangkan treble dalam ajang Liga Premier, Piala FA, dan Liga Champions dalam satu musim.

Selain mengukir kemenangan tiga kejuaraan dalam satu musim, MU melahirkan pemain hebat seperti David Beckham, Ryan Giggs, Roy Keane, Paul Scholes, dan Peter Schmeichel.

Perjuangan tim sepak bola di bawah bimbingan Alex Ferguson ini berbuah manis dalam kemenangannya di final Liga Champions 1999.

Tercatat, klub asal Inggris itu berhasil mengalahkan Bayern Munich setelah sempat tertinggal dan kemudian unggul dua gol telat dari Teddy Sheringham dan Ole Gunnar Solskjær.

Nah, itu dia lima klub sepak bola terbaik sepanjang masa yang telah berhasil menorehkan kemenangan indah pada musimnya.

Jika kamu tertarik untuk menggeluti bidang sepak bola dan masuk jajaran pemain ternama sekaligus jadi salah satu anggota klub legendaris di atas, kamu bisa mulai mempelajarinya dengan membaca buku Jago Sepak Bola untuk Pemula.

Untuk menjadi pemain sepak bola ternama membutuhkan proses panjang, sehingga kamu harus memahami terlebih dahulu dasar-dasar pengetahuan terkait hal tersebut.

Oleh karena itu, buku karya Reki Siaga Agustina ini akan memberikanmu pengetahuan yang berkaitan dengan sepak bola, seperti sejarah, peraturan permainan, teknik bermain, variasi latihan hingga pola formasi dalam permainan.

Buku ini akan membahas secara lengkap dan jelas mengenai sepak bola untuk memberikan kemudahan saat kamu akan mulai berlatih secara langsung.

Kamu bisa mendapatkan buku Jago Sepak Bola untuk Pemula dengan mudah di toko buku Gramedia atau secara online melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com