Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Contoh Alat Musik Ritmis dan Cara Menggunakannya

Kompas.com - 07/08/2022, 10:30 WIB
contoh alat musik ritmis pinterest contoh alat musik ritmis
Rujukan artikel ini:
Panduan Lengkap Menjadi Drummer Sukses
Pengarang: Denny Ajd, Denny AJD
|
Editor Rahmad

Alat musik ritmis digunakan sebagai pengiring serta pengatur tempo pada lagu. Alat musik ritmis juga bisa memberikan ketukan atau irama pada sebuah lagu. Pada umumnya, alat musik ritmis tidak bernada. Alat musik ritmis berhubungan dengan sebuah ketukan (pulse). Ada beberapa alat musik ritmis yang bisa dimainkan. Berikut alat musik beserta cara menggunakannya

Alat Musik Ritmis dan Cara Menggunakannya

1. Tamborin

tamborin tamborin

Tamborin termasuk ke dalam alat musik ritmis yang dimainkan dengan cara digoyangkan dan ditabuh. Alat musik ini terdiri dari kayu atau plastik, bingkai, dengan pasangan jingle logam kecil yang disebut dengan zil.

Cara memainkan tamborin adalah dengan memegangnya dalam posisi yang tegak di salah satu tangan, dan tangan lainnya digunakan untuk mengetuk bagian tengah hingga memunculkan suara.

2. Gong

gong gong

Gong adalah alat musik ritmis yang berasal dari Asia Timur dan Tenggara yang memiliki bentuk piringan logam datar melingkar dan bisa menghasilkan suara dengan dipukul menggunakan sebuah palu.

Biasanya, sebuah gong yang menghasilkan sebuah nada tertentu, dimainkan dengan gong nada tertentu lainnya dalam suasana seperti gamelan tradisional

Gong memiliki berbagai ukuran, gaya, serta bentuk yang berbeda-beda. Gong sendiri terbuat dari logam yang dibentuk dengan hantaman sebuah palu. Sebagian besar gong dibuatnya dari kuningan atau perunggu yang dicampur dengan logam lain.

3. Bass

bass bass

Bas merupakan salah satu alat musik ritmis yang dimainkan dengan cara dipetik. Bass memiliki fungsi untuk memainkan nada yang rendah, mendekati rentang batas pada pendengaran manusia. Akibatnya, nada ini seringkali terasa di dalam tubuh.

Untuk menghasilkan suara yang memiliki nada rendah, instrumen bass membutuhkan kolom udara serta senar yang panjang. Badan bass sendiri biasanya terbuat dari kayu. Jenis kayu yang umumnya digunakan untuk tubuh adalah alder, mahoni, atau abu.

4. Timpani

timpani timpani

Timpani termasuk kategori alat musik ritmis yang bisa menghasilkan suara dengan cara dipukul. Meski timpani memainkan peran penting dalam sebuah orkestra, strukturnya tetap sederhana.

Sebuah kulit yang ada pada bagian kepala drum ditempatkan di atas badan drum yang memiliki bentuk ketel. Pemain menggunakan palu untuk memukul bagian atas drum. Hantaman palu inilah yang menyebabkan bagian atas drum bergetar. Getaran itu kemudian ditransmisikan ke cangkang untuk membuat drum beresonansi dengan suara.

Dengan menyesuaikan kekencangan kepala, nada timpani bisa diubah sehingga drum bisa membuat nada secara akurat yang bisa dibedakan sebagai nada C-D-E.

5. Triangle

triangle triangle

Triangle merupakan alat musik ritmis yang berbentuk segitiga yang dapat mengeluarkan bunyi ketika dipukul. Alat musik ini terbuat dari sebatang logam yang sudah dibengkokkan menjadi bentuk segitiga. Biasanya, logam baja digunakan sebagai bahan dasar tetapi bisa juga dengan logam lain seperti berilium.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Instrumen ini biasanya dikaitkan oleh sebuah lingkaran dari kawat atau benang di bagian atas kurva. Untuk memainkannya, pemain bisa memukulnya menggunakan tongkat perkusi supaya dapat menghasilkan suara berdentang.

Frekuensi yang dihasilkan oleh alat musik ini berada pada frekuensi yang tinggi dan biasanya terdengar nyaring di telinga manusia.

Nada yang tenang bisa diperoleh dengan menggunakan tongkat yang jauh lebih ringan. Komposer terkadang meminta sebuah tongkat kayu untuk digunakan sebagai pengganti pemukul logam. Dengan begitu akan memberikan nada yang lebih tenang dan tidak nyaring.

6. Pandeiro

pandeiro pandeiro

Ini adalah jenis alat musik ritmis jenis drum yang sangat populer di Brasil. Bagian drum head-nya bisa disetel dan rangkanya juga dilengkapi dengan logam yang disebut platinelas. Pandeiro mampu menciptakan nada yang lebih tajam dan nyaring daripada drum biasanya.

alat musik pandeiro dipegang di satu tangan dan dipukul dengan tangan yang lain untuk bisa menghasilkan suara. Pola alat musik pandeiro khas dimainkan dengan cara bergantian menggunakan ibu jari, ujung jari, tumit, serta telapak tangan.

Pandeiro juga bisa digoncangkan untuk bisa menghasilkan suara atau pemain alat musik ini bisa menggerakkan jarinya di sepanjang kepala untuk menghasilkan drum roll.

7. Drum

drum drum

Drum adalah salah satu alat musik ritmis modern yang memiliki bentuk mirip dengan alat musik tradisional tabuh yang ada di Indonesia. Alat musik ini mempunyai bentuk tabung yang serupa dengan Kendang, tapi pada bagian luarnya menggunakan bahan plastik sintetis.

Drum dimainkan dengan cara memukul bagian permukaannya dengan menggunakan stick yang terbuat dari kayu. Drum biasanya dipakai sebagai pengirim lagu musik rock, pop, atau jenis musik modern lain.

Jika kamu tertarik untuk bisa memainkan alat musik drum, kamu bisa membaca buku Panduan Lengkap Menjadi Drummer Sukses dari Denny Ajd. Buku ini menjelaskan panduan lengkap dalam bermain drum.

Selain itu, buku ini akan membahas bermain musik melalui media drumseat, bagaimana cara mendalaminya, serta apa saja yang harus dihindari. Penulis merangkum catatan ini sejak ia mulai bermusik di tahun 1994, mulai dari ia menjadi seorang drummer di SMA hingga menjadi dosen kepala di sekolah tinggi musik.

Buku ini sangatlah cocok dan tepat untuk kamu jadikan pedoman dalam bermain drum agar bisa menjadi musisi yang sukses.

Buku ini bisa kamu pesan langsung di https://www.gramedia.com/

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com