Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Rekomendasi Buku Ilmu Komunikasi Terpopuler

Kompas.com - 01/08/2022, 16:00 WIB
Buku Ilmu Komunikasi Sumber Gambar: Canva Buku Ilmu Komunikasi
Rujukan artikel ini:
Komunikasi Itu Ada Seninya
Pengarang: Oh Su Hyang
Penulis Renny Novita
|
Editor Almira Rahma Natasya

Memiliki keterampilan komunikasi yang baik akan membantu sepanjang hidup kamu.

Keterampilan yang harus dimiliki pemimpin ini tidak hanya memengaruhi kehidupan kerja saja, melainkan juga pertemuan sosial, dan kehidupan pribadimu.

Terutama dalam karier profesional, kamu perlu berkomunikasi secara efektif dengan baik kepada atasan, rekan kerja, maupun tim kamu.

Keterampilan komunikasi yang baik akan menjadi kunci untuk menyampaikan poin yang ingin kamu maksud dengan tepat.

Keterampilan komunikasi membantu menyesuaikan pikiran dan menyajikannya secara akurat.

Jika kamu ingin keajaiban menghampiri setiap aspek kehidupanmu, milikilah keterampilan komunikasi interpersonal yang efektif, karena keterampilan ini akan membantumu berada di tempat yang kamu inginkan.

Oleh karena itu, mempelajari ilmu komunikasi itu sangat penting.

Berikut tiga rekomendasi buku ilmu komunikasi populer yang bisa kamu baca.

3 Rekomendasi Buku Ilmu Komunikasi Terpopuler

1. Komunikasi Itu Ada Seninya - Oh Su Yang

Dari pengalaman penulis yang mengajar lebih dari 200 kali dalam setahun, berurusan dengan para wirausahawan, memberikan pelatihan psikologi dan masih banyak lagi, Oh Su Yang mendapati bahwa cara komunikasi yang efektif adalah berdasarkan psikologi.

Ia menemukan fakta bahwa cara komunikasi yang berlandaskan psikologi mampu memikat lawan bicara.

Jika kamu pernah menemukan seseorang yang obrolannya selalu bisa mencairkan hubungan yang kaku atau bagaimana kamu mudah terbujuk oleh kata-kata seseorang, bisa dibilang bahwa orang yang kamu maksud menggunakan komunikasi psikologis.

Bagaimana jika sekarang kamu yang menggunakan metode itu sehingga kamu tidak perlu khawatir untuk berbicara dan soal hubungan interpersonal?

Caranya adalah dengan membaca buku Komunikasi Itu Ada Seninya, di mana buku ini mencakup soal teknik komunikasi psikologis dalam kehidupan sehari-hari.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Dengan total 43 teknik yang diajarkan, kamu akan bisa memulihkan hubungan, membujuk, serta bisa meningkatkan efisiensi dalam komunikasi dan pekerjaanmu.

2. Komunikasi Bebas Konflik - Hiromi Yamasaki

Penulis adalah seorang coach yang telah 11 tahun memberikan kursus coaching komunikasi yang ditujukan untuk para ibu.

Buku ini mengajarkan agar kita dapat menjalin hubungan interpersonal dengan baik lewat cara mengenali diri sendiri terlebih dahulu dan memahami mind (pikiran) yang menjadi fondasi komunikasi.

Yamasaki mengingatkan pembaca bahwa untuk bisa mahir berhubungan dengan orang lain, pertama-tama yang harus kita lakukan adalah mengenal diri sendiri dan memahami perasaan diri sendiri dengan baik.

Selain itu mengetahui mind yang melatarbelakangi tindakan tersebut lebih penting dari hanya sekadar meniru apa yang disarankan di dalam buku ini.

Buku ini juga dilengkapi dengan cerita komik manga lucu yang memberikan contoh tentang salah satu situasi komunikasi, seperti misalnya ketika membahas tentang trik-trik agar mudah berhubungan dengan orang lain tanpa menggunakan energi konfrontasi.

3. Sukses Berkomunikasi - Dale Carnegie

Mengutip dari perkataan Dale Carnegie, “Ada empat cara, hanya empat cara, dalam berhubungan dengan dunia. Kita dievaluasi dan dgolongkan dalam empat cara ini: apa yang kita lakukan, cara kita memandang, apa yang kita ucapkan, dan cara kita mengungkapkannya.”

Di dalam buku Sukses Berkomunikasi, kamu akan mempelajari beberapa strategi untuk memperbaiki komunikasi, baik secara lisan maupun tulisan, sebagai langkah penting meraih kesuksesan yang lebih besar dalam pekerjaan dan segala aspek kehidupanmu.

Kamu akan mempelajari bagaimana cara menyempurnakan kemampuan komunikasi lisan saat berbicara dengan orang lain, sampai seni public speaking.

Selain itu kamu akan mempelajari cara menyimak sungguh-sungguh apa yang dikatakan orang lain sehingga dapat memahami pesan yang disampaikan secara utuh.

Setiap bab disajikan dalam bahasa yang mudah dimengerti sehingga kamu akan mudah menerapkan pedoman untuk mencapai setiap area yang dibahas.

Ketiga buku yang direkomendasikan di dalam artikel ini, yaitu Komunikasi Itu Ada Seninya, Komunikasi Bebas Konflik, dan Sukses Berkomunikasi, bisa kamu beli dengan mudah melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com