Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bingung Mau Memilih Jurusan Apa? Simak Prospek Kerja Manajemen Sebagai Referensi

Kompas.com - 01/08/2022, 18:00 WIB
Prospek Kerja Manajemen Sumber Gambar: Pexels.com Prospek Kerja Manajemen
Rujukan artikel ini:
Dasar-Dasar Ilmu Manajemen: Pengantar Menguasai…
Pengarang: ERNA NOVITASARI
|
Editor Ratih Widiastuty

Saat ini banyak sekali para lulusan SMA yang mulai mencari kampus dan jurusan kuliah yang dirasa akan cocok bagi mereka untuk mengusahakan masa depan yang jauh lebih cerah dengan harapan mendapatkan pekerjaan yang menjamin kesejahteraan setelah lulus nantinya.

Namun, faktanya, pilihan jurusan yang luar biasa banyaknya membuat sebagian calon mahasiswa ini merasa kebingungan untuk menentukan pilihan jurusan yang tepat.

Dan, di antara sekian banyaknya jurusan kuliah yang ada, manajemen merupakan pilihan yang banyak digemari karena biasanya setelah lulus nantinya akan ada banyak prospek pilihan pekerjaan yang beragam untuk dijadikan profesi.

Hal ini pula yang menyebabkan jurusan manajemen menjadi jurusan favorit di beberapa perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Jurusan manajemen sendiri merupakan program studi yang mempelajari mengenai aktivitas korporasi atau perusahaan yang masih mempunyai hubungan dengan bisnis dan ilmu ekonomi.

Jadi pada intinya kamu akan menjadi seseorang yang mengendalikan roda aktivitas suatu perusahaan yang meliputi strategi bisnis, kebijakan perusahaan, ketenagakerjaan dan kepegawaian, hingga pemasaran.

Pastinya, setiap aspek yang ada di dalam suatu perusahaan memiliki cara tersendiri untuk dikelola dan mesti diperhatikan, sehingga membuat ilmu manajemen terus berkembang dan bisa dipelajari secara lebih mendetail lagi seiring perkembangan zaman.

Tidak hanya itu, jurusan manajemen juga mempunyai beberapa pilihan jurusan, seperti manajemen, manajemen industri, manajemen keuangan, manajemen informatika, dan lain sebagainya.

Namun, jika ditilik dari prospek kerja, pekerjaan apa saja yang bisa menjadi profesi bagi lulusan manajemen? Berikut prospek kerja manajemen yang bisa kamu jadikan profesi di masa depan.

Prospek Kerja Manajemen

1. Pegawai HRD (Human Resource Departement)

Profesi sebagai seorang pegawai HRD bertugas untuk mengelola sumber daya manusia (SDM) di suatu perusahaan, mulai dari rekrutmen, perencanaan SDM, menentukan gaji, mengembangkan kerja sama, hingga manajemen kinerja.

Tidak hanya itu, pegawai HRD pun melakukan konsultasi, pengembangan, evaluasi, administrasi, dan pemutusan hubungan kerja (PHK).

Boleh dikata, pegawai HRD mempunyai tanggung jawab untuk mengurus setiap hal yang berhubungan dengan ruang lingkup pegawai, karyawan, tenaga kerja, buruh, dan manajer yang ikut berpartisipasi dalam aktivitas perusahaan untuk mencapai tujuan bersama.

2. Staff Keuangan

Bekerja sebagai seorang staff keuangan akan memiliki tanggung jawab pekerjaan untuk mencari, mengelola, mengalokasikan dana, hingga melakukan pembayaran di perusahaan.

Tidak hanya itu, staff keuangan juga bertugas untuk mengatur uang kas perusahaan demi memenuhi kebutuhan perusahaan yang harus sesuai dengan catatan yang diberikan oleh bagian accounting.

Untuk bisa bekerja sebagai staff keuangan, kamu harus memiliki ketelitian yang tinggi serta mempunyai ketertarikan lebih terhadap matematika.

Bukan Cuma harus menguasai matematika, staff keuangan pun harus memahami ilmu ekonomi dan akuntansi agar mampu memberikan kinerja yang baik bagi perusahaan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Akuntan

Profesi sebagai seorang akuntan biasanya dipilih oleh mahasiswa dan mahasiswi lulusan manajemen yang berfokus pada bidang keuangan karena harus mengemban tugas seperti menghitung, mengawasi, dan membuat laporan keuangan bagi suatu perusahaan, instansi, maupun lembaga.

Agar bisa menggeluti pekerjaan ini, kamu harus terlebih dahulu lulus Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk).

Kabar baiknya adalah profesi akuntan sendiri sangat dibutuhkan oleh berbagai macam perusahaan karena bisa dibilang seorang akuntan merupakan ujung tombak dari suatu perusahaan.

4. Konsultan Bisnis

Seorang konsultan bisnis tentunya harus mempunyai kemampuan dalam bidang bisnis dan ekonomi, sehingga kehadirannya teramat sangat dibutuhkan oleh para pelaku bisnis yang ingin berkonsultasi tentang perencanaan, pengembangan, hingga masalah yang berkaitan dengan dunia bisnis.

Dan, yang paling menarik dari seorang konsultan bisnis ialah waktu kerjanya yang terbilang fleksibel dan tidak sama dengan karyawan kantoran lainnya.

Pekerjaan yang akan dilaksanakan oleh seorang konsultan bisnis antara lain melakukan observasi yang mendalam pada sebuah bisnis untuk menemukan risiko yang akan menimbulkan masalah serta bagaimana cara menghadapinya melalui solusi dan strategi yang diberikan.

5. Pebisnis

Berkat ilmu dan wawasan yang diselami ketika masih kuliah manajemen, maka profesi sebagai pebisnis akan dengan mudah dilakukan dengan berbekal pengetahuan yang dimiliki.

Walaupun hampir semua orang mampu menjadi seorang pebisnis, tapi ilmu ekonomi dan bisnis yang dimiliki menjadi kelebihan yang dimiliki.

Berbekal ilmu yang diperoleh, kamu dapat menjadi seorang pebisnis yang baik melalui pengetahuan seputar keuangan, manajemen risiki, hingga operasional.

Semua ilmu ini nantinya akan menjadi senjata utama yang akan menjadikan kamu sebagai seorang pebisnis andal dan sukses.

Bagi kamu yang tertarik untuk mempelajari ilmu manajemen secara lebih mendalam, maka buku Dasar-dasar Ilmu Manajemen yang ditulis oleh Erna Novitasari, S.E. ini dapat menjadi solusinya.

Kehadiran buku ini diharapkan mampu membantu kamu semua untuk dapat mengenal dan memahami secara lebih gampang tentang konsep dasar ilmu manajemen.

Ditulis dengan ringkas dan praktis membuat buku ini dapat dipahami dengan mudah oleh semua kalangan masyarakat, baik akademisi, aktivis, maupun pebisnis.

Buku ini bisa kamu dapatkan dan beli di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com