Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mari Berkenalan dengan Bahasa Pemrograman untuk Anak yang Populer

Kompas.com - 19/07/2022, 16:00 WIB
Bahasa Pemrograman untuk Anak-anak yang Populer Sumber Gambar: Freepik.com Bahasa Pemrograman untuk Anak-anak yang Populer
Rujukan artikel ini:
Belajar Pemrograman Python untuk Guru…
Pengarang: Jubilee Enterprise
|
Editor Almira Rahma Natasya

Di era yang semakin maju dan modern seperti saat ini, banyak kegiatan yang dapat dilakukan anak-anak untuk beradaptasi dengan kemajuan informasi dan teknologi.

Siapa bilang jika anak-anak sekalipun tidak bisa belajar bahasa pemrograman? Faktanya terdapat beberapa bahasa pemrograman sederhana yang bisa dipelajari oleh anak-anak.

Aktivitas pengkodean atau yang lebih dikenal dengan coding nyatanya tidak hanya bisa dipelajari atau dilakukan oleh para ahli IT saja, sebab anak-anak sekalipun masih mampu untuk mempelajarinya sedari dini.

Coding sendiri ialah cara untuk memberikan perintah melalui pengolahan kode (syntax) menggunakan bahasa pemrograman.

Terdapat beberapa karya yang bisa dibuat oleh anak-anak selama mempelajari aktivitas coding menggunakan bahasa pemrograman, seperti membuat robot, mendesain video game, merancang aplikasi, hingga membuat animasi.

Selain itu, terdapat pula beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari belajar bahasa pemrograman, antara lain mampu memecahkan masalah secara sistematis dan meningkatkan kreativitas.

Tidak hanya itu, anak-anak juga akan menjadi jauh lebih berani untuk keluar dari zona nyaman mereka dengan mencoba berbagai hal baru serta mampu untuk mengasah dan mengembangkan bakat mereka dari kegiatan belajar bahasa pemrograman.

Ketika sudah dikenalkan dengan bahasa pemrograman sejak dini, anak-anak akan memiliki bekal yang mumpuni untuk masa depan mereka, jika nantinya berkecimpung dalam dunia IT dan memilih untuk menjadi programmer profesional.

Namun, bahasa pemrograman apa saja yang bisa dipelajari oleh anak-anak? Berikut beberapa bahasa pemrograman untuk anak-anak yang populer.

Bahasa Pemrograman Anak-Anak yang Populer

1. Java

Java adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling populer di dunia untuk diajarkan kepada anak-anak, karena biasanya bahasa pemrograman ini kerap digunakan untuk mengembangkan aplikasi pada platform Android.

Bahasa pemrograman yang ditawarkan pada Java tergolong sederhana dan akan dengan mudah dipelajari serta dipahami oleh anak-anak.

Apalagi jika si Kecil termasuk ke dalam anak-anak yang ingin belajar coding berdasarkan teks, maka bahasa pemrograman Java merupakan pilihan yang sesuai.

Sistem coding yang ditawarkan dalam Java layaknya Bahasa Inggris yang akan dengan mudah dan praktis cepat dikuasai oleh anak-anak.

2. Alice

Alice adalah bahasa pemrograman bagi anak-anak yang mempunyai visual berbasis blok dengan sistem coding yang tergolong sederhana untuk memprogram banyak hal, seperti permainan 3D, animasi, hingga narasi berbentuk interaktif.

Bahasa pemrograman ini memang dirancang untuk orientasi objek dengan eksplorasi yang kreatif.

Apalagi program yang telah dibuat menggunakan Alice bisa diubah menjadi Lingkungan Pengembangan Terintegrasi untuk pemrograman di Java, sehingga terkesan fleksibel untuk dipelajari.

Bisa disimpulkan jika proses bahasa pemrograman Alice ini merupakan menerjemahkan skrip yang ditulis dalam bentuk blok coding Alice ke dalam bentuk bahasa pemrograman berbasis teks Java.

3. Python

Python juga menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling mudah untuk dipelajari bagi anak-anak, sehingga dapat menjadi pilihan tepat bagi pemula yang ingin mulai mempelajari coding.

Cara kerja python sendiri selayaknya pidato bahasa Inggris, sehingga anak-anak tidak perlu sepenuhnya mempelajari sistem bahasa baru.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Python sendiri merupakan bahasa pemrograman yang ada di balik kehadiran beberapa platform jejaring sosial terbesar, seperti Instagram, YouTube, dan lain sebagainya.

Python memiliki bahasa pemrograman berbasis teks, sehingga akan cocok bagi anak-anak mulai dari usia delapan tahun ke atas.

Ketiga bahasa pemrograman ini dapat menjadi opsi pilihan bagi anak-anak yang ingin mulai belajar coding karena ketiga bahasa pemrograman ini selain populer juga terkenal sangat mudah untuk dipelajari.

Jika si kecil tertarik dalam dunia coding, kamu bisa mendaftarkannya untuk mengikuti pelatihan agar ia makin mahir dengan teknologi.

Salah satu pelatihan koding yang bisa diikuti anak-anak adalah Kodingbean, sebuah akademi koding untuk mempersiapkan anak Indonesia menjadi generasi high tech di masa depan.

Dengan kurikulum teknologi holistik yang disajikan, anak-anak akan mendapatkan pembelajaran eksklusif mencakup dasar-dasar pengkodean, eksplorasi ilmiah, kecerdasan buatan, pembelajaran mesin, hingga rancangan berpikir.

Melalui berbagai program pembelajaran yang unik, Kodingbean akan membantu anak untuk bisa menggali potensi terbaiknya dengan meningkatkan berbagai keterampilan, seperti pemecahan masalah yang kompleks, kecerdasan emosional, berpikir kritis, kreatif, fleksibilitas, serta kognitif.

Dibimbing langsung oleh pengajar-pengajar berkualitas melalui sesi kelas reguler yang dilakukan secara daring dan private 1 : 1, konsep materi pembelajaran koding yang disampaikan bisa diterima serta dipahami oleh anak dengan lebih optimal.

Tidak hanya memahami teori mengenai koding saja, namun Kodingbean juga akan mendorong anak untuk bisa mengembangkan aplikasi seluler secara nyata, melakukan simulasi ilmiah, serta perangkat keras layaknya ahli teknologi.

Cara Mengajari Anak Coding (Kodingbean) Cara Mengajari Anak Coding (Kodingbean)

Kini pendaftaran kelas Kodingbean sudah bisa dilakukan melalui Gramedia.com.

Dengan harga spesial dan tambahan diskon 30%, kamu sudah bisa mendaftarkan si kecil ke seluruh kelas di Kodingbean.

Langsung klik di sini untuk daftar kelasnya sekarang!

Daftar Kodingbean Sekarang di Gramedia.com! Daftar Kodingbean Sekarang di Gramedia.com!

Dan, jika kamu tertarik mengajarkan si Kecil bahasa pemrograman python, maka buku yang satu ini akan menjadi sumber dan pegangan yang tepat untuk mempelajarinya.

Buku Belajar Pemrograman Python untuk Guru dan Murid yang disusun oleh Jubilee Enterprise akan membantu guru dan murid mengenal dunia pemrograman sejak dini.

Buku ini akan mengupas langkah-langkah sistematis untuk bisa memahami bahasa pemrograman Python dengan beberapa materi, seperti mengenal bahasa pemrograman Python, fungsi dan user input pada Python, bekerja dengan list, tuple, dan dictionary, serta masih banyak lagi.

Bukunya sendiri sudah dapat dipesan dan dibeli melalui Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com