Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Situs yang Menyediakan Tes Psikotes Online dan Cara Jitu untuk Menghadapi Tesnya

Kompas.com - 30/06/2022, 13:00 WIB
Tes Psikotes Online Sumber Gambar: Freepik.com Tes Psikotes Online
Rujukan artikel ini:
Master Book Psikotes Terlengkap
Pengarang: Ardani Prawira
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Hingga saat ini, tes psikotes masih menjadi salah satu tahap yang wajib ditempuh saat menjalani tes penerimaan kerja di perusahaan, maupun untuk mendaftar beasiswa tertentu.

Saat menjalankan tes psikotes, pihak penilai akan mengetahui semua aspek yang ada dalam diri kamu, sehingga mereka bisa menentukan apakah kamu sudah sesuai dengan kriteria mereka atau belum.

Dalam kata lain, tes ini bisa disebut sebagai tes yang berpengaruh untuk menentukan apakah kamu bisa lanjut ke tahap seleksi selanjutnya atau tidak.

Di era yang semakin canggih seperti sekarang, banyak orang yang lebih memilih untuk melakukan tes psikotes melalui online, karena dinilai lebih efisien dan menguntungkan, bagi penyelenggara tes maupun peserta tes itu sendiri. Baca juga terkait Macam Soal Psikotes.

Pada dasarnya, tes psikotes sering juga disebut sebagai salah satu tes seleksi tersulit, sehingga kamu harus lebih dahulu melakukan persiapan yang matang sebelum benar-benar terjun dan mengerjakan tesnya.

Untuk mengetahui dimana tempat yang tepat untuk melakukan tes psikotes, berikut adalah 5 situs yang menyediakan fitur tes psikotes online, dilengkapi juga dengan cara jitu untuk menghadapi tesnya dan mendapatkan hasil yang maksimal.

5 Daftar Situs Tes Psikotes Online

1. Latihanpsikotes.com

Situs tes psikotes online yang satu ini akan menyediakan berbagai macam soal psikotes yang telah dikategorikan sesuai dengan jenis tesnya.

Dengan begitu, kamu bisa bebas memilih jenis soal yang ingin dikerjakan lebih dahulu, soal yang mudah atau yang sulit.

Salah satu kelebihan dari situs ini adalah kamu bisa mengunduh soal-soalnya dan mengerjakannya secara offline.

Sementara bagi kamu yang belum memahami soalnya, kamu bisa menemukan penjelasan lengkapnya di bagian pembahasan soal. Baca selengkapnya Contoh Soal Psikotes.

2. Ggkarir.com

Selain menyediakan berbagai jenis soal psikotes, situs ini juga dilengkapi dengan daftar lowongan pekerjaan yang bisa langsung kamu apply jika sudah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Dengan tampilan yang simpel, situs ini sangat mempermudah penggunanya untuk memanfaatkan setiap fiturnya dengan baik, selain itu kamu juga tidak perlu repot untuk registrasi jika ingin mengerjakan tesnya karena situs ini bisa diakses secara gratis.

Berbeda dengan situs tes psikotes online lainnya, situs yang satu ini lebih didominasi oleh soal-soal yang biasanya keluar saat tes rekrutmen pekerjaan di perusahaan.

3. Psikotesyuk.com

Merupakan situs tes psikotes online yang menyediakan soal-soal psikotes secara gratis, tapi tetap harus diakses dengan mendaftarkan diri menjadi salah satu anggotanya.

Soal-soal yang tersedia biasanya adalah jenis soal psikotes yang sering digunakan di Indonesia, sehingga kamu bisa memilih untuk mengerjakan soal yang menurutmu paling mudah terlebih dahulu.

4. Proprofs.com

Situs tes psikotes ini berisi soal-soal yang tersedia dalam 40 bahasa dunia, jadi sangat cocok untuk kamu yang mungkin ingin sekalian belajar bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya.

Selain psikotes, situs ini juga menyediakan soal-soal jenis lain yang bisa kamu kerjakan sebagai selingan untuk mengasah kemampuan berpikirmu secara umum.

Untuk memilih latihan psikotes, kamu bisa klik menu Quizzes, baru kemudian kamu akan diarahkan pada menu soal psikotes dalam berbagai macam kategori yang bebas untuk kamu pilih.

5. Tipscv.com

Situs ini menyediakan fitur tes psikotes online dengan soal-soal yang beragam dan tersedia dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Tapi sesuai dengan namanya, situs ini juga menyediakan berbagai macam tips untuk membuat CV (Curriculum Vitae) yang bisa kamu gunakan untuk melamar pekerjaan di perusahaan impianmu.

Sama seperti kebanyakan situs tes psikotes lainnya, situs ini juga memperbolehkan penggunanya untuk mengunduh soal-soal yang tersedia, sehingga bisa dikerjakan melalui offline.

Cara Jitu untuk Menghadapi Tes Psikotes

1. Menyiapkan Mental dan Fisik

Tips yang satu ini sebenarnya bisa kamu lakukan kapan pun dan di mana pun, bukan hanya saat menghadapi sebuah tes saja.

Pada dasarnya, kondisi mental dan fisik memang menjadi aspek paling penting yang harus dipersiapkan, karena akan memengaruhi konsentrasi, kesiapan, dan ketenangan kamu dalam menghadapi tes yang akan berlangsung.

Terkadang, tes psikotes online membutuhkan waktu yang lama, sehingga akan lebih baik jika kamu menjaga ketahanan daya tahan tubuh, jangan sampai mengantuk dan kelelahan.

2. Pahami Seluk Beluk Tes Psikotes dengan Benar

Saat mengerjakan tes psikotes, kamu mungkin merasa bahwa bentuk soal yang kamu baca saat ini hampir sama dengan bentuk soal pada tes-tes sebelumnya.

Memang benar adanya bahwa beberapa tes psikotes memang kebanyakan memiliki bentuk soal yang sama, tapi hasil dan cara pengerjaannya mungkin saja berbeda.

Oleh sebab itu, memahami seluk beluk dunia tes psikotes menjadi salah satu hal paling penting, yang tentunya hasilnya nanti akan mempengaruhi penilaianmu.

3. Persiapkan Laptop atau Smartphone dengan Jaringan Internet yang Stabil

Sebelum melaksanakan tes psikotes online, kamu wajib mempersiapkan laptop, komputer, atau smartphone yang akan kamu gunakan.

Selain itu, jaringan internet juga menjadi salah satu hal yang paling penting, dan akan menentukan kelancaran koneksi jaringan saat pelaksanaan tesnya.

4. Kerjakan Sesuai Urutan Kategori Soal atau Pilih yang Paling Mudah

Sama seperti saat mengerjakan tes pada umumnya, tes psikotes ini bisa dikerjakan sesuai dengan urutan kategori soal, atau bisa juga dengan menggunakan teknik eliminasi (memilih soal yang lebih mudah terlebih dahulu).

Teknik eliminasi ini menjadi salah satu cara paling efektif, sehingga kamu tidak akan fokus hanya pada soal yang sulit saja, karena itu akan sangat menghabiskan waktu.

Dengan melakukan berbagai macam persiapan diatas, tes psikotes kamu bisa dipastikan akan berjalan dengan lancar dan lebih mudah, sehingga peluang lulus kamu akan semakin besar.

Tapi kalau kamu masih merasa kurang dalam hal belajar dan ingin lebih mendalami berbagai jenis tes psikotes, kamu juga bisa membaca buku Master Book Psikotes Terlengkap yang ditulis oleh Ardani Prawira.

Tes psikotes merupakan tes yang bertujuan untuk menilai aspek-aspek dalam diri individu secara psikis.

Buku setebal lebih dari 400 halaman ini dilengkapi dengan ringkasan pembahasan materi setiap jenis soal psikotes, contoh soal dan pembahasannya, serta tips tambahan dalam menghadapi tes psikotes.

Tidak hanya itu, buku ini juga dilengkapi dengan tips dan trik wawancara kerja, salah satu aspek yang tidak kalah penting dan akan kamu laksanakan setelah pengumuman hasil tes psikotes.

Bagi kamu yang penasaran, kamu bisa membeli dan mendapatkan buku ini melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com