Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi Drama Korea Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Kamu Tonton Sekali Seumur Hidup

Kompas.com - 27/06/2022, 16:00 WIB
Drama Korea Terbaik Sumber Gambar: Freepik.com Drama Korea Terbaik
Rujukan artikel ini:
Things Left Behind: Hal-Hal yang…
Pengarang: Kim Sae Byoul
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Sejak beberapa tahun belakangan ini, drakor atau drama Korea memang tengah menjadi tontonan yang hits, tidak hanya di kalangan anak muda tapi juga orang dewasa dan anak-anak.

Ada banyak sekali alasan mengapa drakor bisa sangat digemari oleh masyarakat, salah satunya adalah karena kebanyakan drakor memiliki alur cerita yang menarik, menyentuh hati, dan tentunya tidak bisa ditebak.

Selain itu, kepiawaian akting para aktor dan aktrisnya juga menjadi nilai tambah hingga mampu meraih penghargaan dan mendapatkan popularitas dari dalam negeri maupun mancanegara.

Daripada penasaran, langsung saja simak beberapa drama Korea terbaik sepanjang masa yang sepertinya wajib kamu tonton dalam sekali seumur hidup. Baca selengkapnya terkait Rekomendasi Drama Korea Terpopuler.

Rekomendasi Drama Korea Terbaik

1. Reply 1998 (2015)

Reply 1988 menjadi salah satu drama Korea terbaik sepanjang masa yang akan selalu bisa dinikmati oleh siapa saja dan kapan saja.

Bahkan dengan alur cerita yang sederhana, drama ini tetap mampu menghangatkan hati setiap penontonnya, dan membuat kita ikut bernostalgia dengan latar serta suasana di tahun 80-an.

Berkisah tentang lima orang sahabat yang tinggal di kompleks kecil bernama Ssangmundong, yakni Choi Taek si atlet baduk yang polos), Kim Jung Hwan si baik hati tapi sarkastik dan suka mengomel, Sung Sun-woo si penyayang dan paling bisa diandalkan, Ryu Dong-ryong si paling dewasa dan bijaksana, serta Sung Deok-sun, di mana ia satu-satunya gadis dalam kelompok pertemanan mereka.

Drama ini akan fokus pada kisah kehidupan mereka mulai dari masa kanak-kanak, remaja, sampai dewasa, juga tentang kisah keluarga mereka yang setiap harinya selalu dipenuhi dengan cerita bahagia, sedih, haru, dan dijamin akan bikin kamu tersentuh di setiap episodenya.

Walau sudah mengudara lebih dari 5 tahun lalu, drakor yang satu ini dijamin tidak akan ketinggalan zaman dan tetap bisa menjadi tontonan yang asyik untuk kamu nikmati.

2. Mr. Sunshine (2018)

Sejak penayangan perdananya, drakor ini berhasil menempati urutan ke-6 sebagai serial dengan rating tertinggi di Korea (18,1 persen), dengan biaya produksi sekitar lebih dari 30 miliar won atau sekitar Rp385 miliar.

Drakor ini menceritakan tentang Eugene Choi, seorang anak laki-laki yang terlahir sebagai budak yang berhasil melarikan diri ke Amerika Serikat setelah kedua orang tuanya dibunuh, dan jalan takdir kemudian membawanya menjadi seorang Kapten Korps Marinir AS.

Sebuah misi khusus kemudian membawanya kembali pulang ke tanah kelahirannya, namun tanpa diduga ia malah jatuh cinta pada seorang wanita bangsawan sekaligus seorang pejuang kemerdekaan Korea bernama Go Ae-shin.

Walau drakor ini berlatar belakang di tahun 1900-an, para penontonnya tidak akan dibuat kebingungan karena alur ceritanya dikemas dengan sangat apik, sehingga pantas dinobatkan sebagai salah satu drama Korea terbaik sepanjang masa.

Apa yang kemudian terjadi pada kehidupan mereka? Kelanjutan kisahnya bisa kamu nikmati di platform Netflix.

3. Prison Playbook (2017)

Drama Prison Playbook menceritakan tentang Kim Je Hyeok, seorang atlet baseball berprestasi yang berhasil dikontrak oleh tim baseball profesional Amerika.

Namun sebelum menandatangani kontrak tersebut, Je Hyeok justru tersandung kasus hukum dan divonis 1 tahun penjara, setelah ia menghajar pria misterius yang sempat melecehkan adiknya di apartemennya.

Di penjara, ia kembali dipertemukan dengan sahabatnya, Lee Joon Hoo, yang bekerja sebagai sipir serta para tahanan lain dengan berbagai latar belakang dan kasus hukum yang beragam, mulai dari pecandu narkoba, tersangka kasus penipuan, sampai korban fitnahan.

Drama dengan total 16 episode ini akan fokus pada kehidupan Kim Je Hyeok dan teman-teman narapidananya selama tinggal di penjara, dan konsekuensi apa saja yang harus mereka terima atas perbuatan mereka.


Baca juga: Drama Korea Komedi Romantis


4. Hospital Playlist (2020)

Mengisahkan tentang lima orang dokter yang telah bersahabat sejak masa kuliah dan kemudian bekerja di sebuah rumah sakit yang sama.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kelima sahabat ini memiliki latar belakang dan keahlian yang berbeda-beda, mulai dari Lee Ik Joon, seorang dokter ahli hepatobilier pancreas atau saluran pencernaan, Ahn Jung Won sang dokter spesialis anak, Kim Joon Wan yang merupakan dokter bedah kardiotoraks, Yan Seok Hyung si ahli kebidanan, serta Chae Song Hwa yang ahli dalam bedah syaraf dan satu-satunya wanita di geng pertemanan mereka.

Setiap episode dalam drama ini mengisahkan berbagai pengalaman mereka dalam menghadapi pasien dengan berbagai macam kasus yang berbeda-beda.

Tidak hanya tentang pasien di rumah sakit, drama yang tayang pada tahun 2020 ini juga menyelipkan kisah percintaan kelima sahabat ini, salah satunya adalah kisah cinta segitiga antara Song Hwa dan dua pria di geng mereka.

Dengan bumbu cerita yang menarik dan alur kisahnya yang tidak membosankan, drama ini memang layak dijadikan sebagai salah satu drakor terbaik sepanjang masa.

Bahkan sampai akhir episode, banyak sekali penonton yang merasa kesulitan untuk move on dari drama yang satu ini.

Pada akhir tahun 2021, drama ini kembali menghadirkan kisah persahabatan kelima dokter hebat ini dengan merilis Hospital Playlist musim kedua.

Tentunya dengan jalan cerita yang lebih menarik dan fresh untuk kamu nikmati.

5. Signal (2016)

Signal merupakan drama Korea yang dirilis pada tahun 2016 dengan total 16 episode dan diadaptasi dari sebuah kisah nyata, yakni mengenai kasus pembunuhan berantai di wilayah Hwaseong, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan pada sekitar tahun 1986-1991.

Drakor Signal menceritakan tentang kerjasama detektif di zaman sekarang dan zaman dahulu untuk memecahkan kasus pemerkosaan dan pembunuhan yang dilakukan melalui sebuah walkie-talkie.

Park Hae Young pada awalnya tidak ingin menjadi seorang detektif karena peristiwa traumatis yang pernah ia alami semasa kecil, yakni kasus penculikan sahabatnya, Yoon Jung, yang kemudian ditemukan tewas dan kasusnya ditutup tanpa pernah diketahui siapa pelakunya.

Cerita berlanjut saat ia menemukan sebuah walkie-talkie yang bisa berbicara, suaranya ternyata berasal dari seorang detektif bernama Lee Jae Han yang telah meninggal saat ia tengah menyelidiki kasus penculikan Yoon Jung.

Bersama dengan Cha Soo Hyun, sahabat Hae Young, kedua detektif ini berusaha untuk mengungkap kembali misteri yang telah lama terpendam, dan menuntut keadilan pada pelaku yang sebenarnya.

Sejak penayangan episode perdananya, drama Signal berhasil menjadi salah satu drakor terbaik sepanjang masa setelah berhasil mencapai rating 12,54 persen, dan memenangkan penghargaan BaekSang Arts Awards dalam kategori “Best Drama” dan “Best Screenplay”.

Itulah daftar drama Korea terbaik yang harus kamu tonton setidaknya sekali seumur hidup dan dijamin tidak akan membuatmu menyesal telah menontonnya.

Tidak bisa dipungkiri bahwa Korea Selatan memang masih menjadi salah satu negara penghasil serial drama terbaik, yang tentunya juga dilengkapi dengan ide, tema, dan alur cerita yang seringkali tidak mudah ditebak.

Tidak hanya drama Korea, berbagai novel karangan para penulis Korea juga masih memiliki banyak peminat di berbagai toko buku Indonesia, salah satunya adalah buku Things Left Behind karya Kim Sae Byoul.

Buku self improvement populer asal Korea ini mengisahkan tentang kehidupan seorang pengurus barang-barang peninggalan orang yang telah meninggal dunia, atau petugas pembersih tempat kejadian perkara (TKP).

Menariknya, buku ini akan mengungkap beragam kisah mengenai sebab-akibat dan alasan utama dibalik kematian seseorang, dan bagaimana reaksi keluarga yang ditinggalkan, terutama setelah mengetahui rahasia yang selama ini disimpan rapat oleh mendiang.

Melalui buku ini, kita akan disadarkan tentang hal-hal penting mengenai kehidupan yang selama ini terabaikan, sekaligus juga membuat kita memahami betapa berharganya keluarga dalam kehidupan.

Berkat kepopulerannya, buku ini juga turut menginspirasi sutradara Kim Seong-ho dan penulis Yoon Ji-ryeon, untuk menjadikannya ke dalam sebuah drama 10 episode dengan judul “Move to Heaven”, yang ditayangkan perdana oleh Netflix pada 14 Mei 2021.

Buku Things Left Behind ini bisa kamu beli dan dapatkan melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com