Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review Novel Shine, Mengulik Kerasnya Kehidupan Idola K-Pop

Kompas.com - 06/06/2022, 12:00 WIB
Novel Shine Sumber Gambar: twitter.com/bukugpu Novel Shine
Rujukan artikel ini:
Shine
Pengarang: Jessica Jung
|
Editor Ratih Widiastuty

Bagi kamu para penggemar musik K-Pop, mungkin sudah tidak asing lagi saat mendengar nama Jessica Jung.

Ya, ia adalah mantan anggota dari sebuah girl group legendaris bernama SNSD atau biasa disebut juga dengan Girls’ Generation yang masih cukup populer hingga saat ini.

Berbekal pengalamannya yang pernah berkiprah dalam industri hiburan K-Pop selama beberapa tahun, Jessica kemudian menuliskan sebuah novel fiksi yang menceritakan mengenai kerasnya kehidupan sebagai seorang idola K-Pop, dan berbagai pengorbanan yang harus mereka pertaruhkan untuk dapat mewujudkan impian tersebut.

Bisa dikatakan jika novel Shine merupakan salah satu buku yang wajib untuk kamu baca, baik bagi penggemar musik K-Pop ataupun tidak, yang ingin mengetahui seluk-beluk di balik gemerlapnya industri hiburan K-Pop yang tengah mendunia saat ini.

Kisah perjalanan Rachel Kim selama menjadi trainee yang dibagikan di dalam buku akan memberikan kamu gambaran tentang betapa kerasnya usaha yang harus dikerahkan oleh seseorang, sebelum akhirnya bisa debut menjadi idola K-Pop seperti yang kamu lihat sekarang.


Baca juga: Review Novel Pachinko


Sinopsis Novel Shine

Shine menceritakan kisah tentang seorang gadis berusia tujuh belas tahun bernama Rachel Kim.

Ia sedang menjalani masa trainee selama enam tahun di salah satu perusahaan musik K-Pop terbesar yang telah mendebutkan banyak grup paling populer di Korea, bernama DB Entertainment.

Bagi kamu yang masih asing dengan industri hiburan ini, trainee adalah istilah yang ditujukan kepada seseorang yang tengah menjalani pelatihan untuk menjadi seorang artis atau idola pada sebuah label agensi atau perusahaan.

Untuk mendukung impiannya yang sejak lama sudah bercita-cita menjadi seorang penyanyi, keluarga Rachel yang sebenarnya tinggal di Amerika pun terpaksa ikut pindah dan menemani Rachel selama menjalani pelatihan.

Tidak hanya Rachel saja yang harus berjuang untuk meniti karier menjadi seorang idola, namun keluarganya yang telah memiliki usaha yang cukup sukses di Amerika pun harus memulai merintis bisnisnya kembali setibanya mereka di Korea.

Hal ini menambah tekanan bagi Rachel jika seandainya ia tidak berhasil lulus di pemilihan anggota girl group DB Entertainment selanjutnya, karena pengorbanan yang telah dilakukan oleh keluarga Rachel untuk mendukungnya.

Tidak hanya menanggung tekanan yang diberikan keluarga, Rachel pun harus bertahan menghadapi kebencian yang ditunjukkan secara terang-terangan oleh trainee-trainee lain yang merasa bahwa Rachel memperoleh perlakuan istimewa dari petinggi-petinggi perusahaan.

Statusnya sebagai seorang blasteran Korea - Amerika juga kerap membuat Rachel mendapatkan diskriminasi serta bullying di antara trainee-trainee lainnya.

Hanya Jason Lee, salah satu anggota boy group terbaru DB Entertainment yang tengah naik daun bernama NEXT BOYZ, yang memahami kesulitan-kesulitan yang dialami oleh Rachel.

Sejak pertemuan pertama mereka ketika menghadiri acara yang diadakan untuk trainee-trainee DB Entertainment, Rachel dan Jason pun menjadi semakin dekat hingga keduanya memutuskan untuk berkencan.

Meskipun menghabiskan waktu bersama Jason merupakan hal yang menyenangkan, namun Rachel tidak dapat menampik perasaan takut yang terus menghantuinya, jika hubungannya suatu saat diketahui oleh DB Entertainment dan mengancam kesempatannya untuk bisa debut menjadi seorang idola K-pop.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium


Baca juga: Rekomendasi Novel Romantis Korea


Review Novel Shine

Ditulis langsung oleh mantan anggota salah satu girl group paling populer, buku ini banyak mengupas mengenai kehidupan yang dilalui oleh orang-orang yang bermimpi untuk bisa debut menjadi idola di industri hiburan Korea.

Latihan keras yang harus dijalani setiap hari, diet ketat yang dipantau setiap minggunya, larangan berpacaran, perbedaan perlakuan yang diterima oleh idola perempuan dan laki-laki, serta skandal yang sengaja dibuat untuk mendongkrak popularitas, merupakan segelintir rahasia di balik gemerlapnya industri musik K-Pop yang diungkapkan di dalam buku ini.

Belum lagi adanya diskriminasi dan konflik persaingan yang terjadi di antara para trainee, membuat perjalanan untuk meraih mimpi menjadi seorang idola terasa begitu berat dan banyak menguras energi, baik secara fisik maupun mental.

Waktu yang dibutuhkan saat menjalani pelatihan untuk mempersiapkan diri menjadi seorang idola pun tidak dapat dikatakan sebentar, dan sering kali mereka harus mengorbankan masa muda yang seharusnya menjadi salah satu masa-masa paling menyenangkan dalam hidup.

Meskipun telah mengorbankan begitu banyak hal untuk bisa mengikuti pelatihan sebagai trainee di perusahaan, namun hal itu ternyata juga tidak menjamin jika mereka sudah pasti akan debut menjadi seorang idola.

Di dalam buku Shine ditunjukkan bahwa perusahaan akan mengumumkan jumlah anggota yang dibutuhkan untuk sebuah grup yang ingin mereka debutkan, dan para trainee akan menghadapi seleksi yang menentukan apakah mereka bisa lulus atau tidak.

Jika tidak berhasil lulus, mereka pun hanya bisa menelan kekecewaan dan kembali menjalani hari-hari pelatihan sebagai seorang trainee, sambil menunggu perusahaan untuk mengumumkan kapan mereka akan mendebutkan sebuah grup lagi.

Bahkan tidak jarang dalam kehidupan nyata terdapat beberapa berita mengenai trainee yang melakukan percobaan bunuh diri karena gagal debut menjadi penyanyi idola, setelah menjalani pelatihan keras selama bertahun-tahun.

Tidak mengherankan jika buku ini akan meninggalkan perasaan menyesakkan bagi para pembaca yang ikut larut ke dalam cerita yang menggambarkan betapa kerasnya kehidupan yang dijalani oleh artis-artis idola K-Pop ini.

Meskipun bergenre fiksi remaja muda, namun Jessica Jung sebagai penulis pun mengakui bahwa buku pertamanya ini terinspirasi dari pengalaman pribadinya ketika menjadi anggota dari grup Girls’ Generation.

Bahkan karakter Leah yang merupakan adik dari Rachel juga diakui terinspirasi dari adik Jessica sendiri, yaitu Krystal Jung yang juga adalah mantan anggota dari girl group f(x) yang sempat populer di Korea.

Selain banyak mengulas tentang kerasnya kehidupan yang harus dijalani untuk menjadi seorang idola K-Pop, buku ini juga menghadirkan kisah cinta remaja yang manis dan akan membuat kamu ikut tersenyum karena tingkah menggemaskan yang dilakukan oleh Rachel dan Jason.

Tidak hanya mengungkapkan rahasia di balik kesuksesan industri hiburan K-Pop, namun buku ini juga bisa memberikan pesan positif kepada para pembaca untuk selalu berjuang dan pantang menyerah dalam menggapai mimpi yang ingin kamu wujudkan.

Kamu bisa mendapatkan buku Shine ini dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com