Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Rekomendasi Jurusan Public Speaking untuk Kamu yang Pandai Berbicara

Kompas.com - 23/05/2022, 12:00 WIB
Jurusan Public Speaking Sumber Gambar: Freepik.com Jurusan Public Speaking
Rujukan artikel ini:
Bicara Itu Ada Seninya
Pengarang: Oh Su Hyang
|
Editor Ratih Widiastuty

Apakah kamu memiliki ketertarikan di bidang komunikasi dan senang berbicara di hadapan orang banyak?

Jika iya, maka kamu bisa mengasah kemampuan public speaking kamu, khususnya untuk mengejar jenjang karier di masa depan, dengan memilih jurusan kuliah yang tepat sesuai dengan minat dan bakat yang kamu miliki.

Selain bisa mengembangkan skill berkomunikasi untuk mempersiapkan diri sebelum memasuki dunia karier, memilih jurusan yang tepat sesuai dengan minat yang kamu sukai juga akan membuat masa-masa kuliah kamu jadi lebih menyenangkan karena tidak merasa terbebani.

Bagi kamu yang jago berbicara atau tertarik di bidang komunikasi, berikut adalah beberapa rekomendasi jurusan public speaking yang bisa menjadi referensi untuk kamu yang sedang memilih jurusan kuliah.


Baca juga: Metode Public Speaking


4 Rekomendasi Jurusan Public Speaking

1. Ilmu Komunikasi

Jurusan pertama yang direkomendasikan untuk kamu bisa mendalami public speaking dengan lebih dalam lagi adalah jurusan Ilmu Komunikasi.

Di dalam jurusan ini kamu akan dapat memahami bagaimana cara yang efektif serta menarik untuk menyampaikan pesan kepada komunikan atau penerima pesan melalui berbagai macam media, baik secara lisan maupun tulisan.

Terdapat beberapa tingkatan komunikasi yang akan kamu pelajari, mulai dari tingkat individu, media, publisitas atau periklanan, komunikasi interkultural, serta komunikasi media sosial.

Selain bisa mengembangkan kemampuan public speaking dengan lebih baik, kamu pun berkesempatan untuk belajar mengenai dasar-dasar desain dan fotografi, mengasah keahlian dalam berpikir kritis, mempelajari cara menulis kreatif, serta kemampuan bekerja sama dalam tim ketika menempuh jurusan ini.

Sebagai lulusan dari jurusan Ilmu Komunikasi, kamu memiliki kesempatan kerja yang begitu luas, seperti di media massa atau jurnalisme, penyiar, pembaca berita, reporter atau wartawan, di perusahaan sebagai public relations, advertising, marketing, copywriter, dan masih banyak lagi. Baca selengkapnya tekrait Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi.

2. Hukum

Jurusan kuliah selanjutnya yang direkomendasikan untuk kamu yang jago berbicara, dan khususnya juga memiliki ketertarikan mengenai ilmu hukum adalah jurusan hukum.

Di dalam jurusan ini kamu akan dituntut untuk aktif mengemukakan argumen atau gagasan yang kamu miliki, sehingga kamu bisa mengasah kemampuan dalam public speaking.

Selain itu, kemampuan komunikasi ini juga dibutuhkan karena simulasi persidangan merupakan mata kuliah wajib di semester akhir yang perlu kamu lalui saat memutuskan untuk masuk ke dalam jurusan ini.

Terdapat berbagai prospek kerja yang bisa kamu pilih sebagai alumni dari jurusan hukum, seperti menjadi pengacara, hakim, jaksa, konsultan, legal officer, notaris, dan lain-lain.

Semua bidang pekerjaan ini juga mewajibkan kamu untuk pandai dalam berbicara, baik kepada klien atau saat di pengadilan.

3. Hubungan Internasional

Jurusan Hubungan Internasional menjadi jurusan kuliah selanjutnya yang bisa kamu ambil untuk mengembangkan minat kamu dalam public speaking.

Di dalam jurusan ini kamu akan mempelajari mengenai upaya-upaya yang dilakukan oleh suatu negara untuk berinteraksi secara global, baik itu melibatkan negara, instansi pemerintah, ataupun organisasi swasta.

Selain belajar tentang teori, kamu pun akan menjalani berbagai simulasi pertemuan-pertemuan penting di dunia, salah satunya adalah sidang PBB.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Terdapat berbagai mata kuliah yang menuntut keterampilan dalam berkomunikasi, seperti negosiasi dan resolusi konflik, geopolitik dan geostrategi, manajemen strategik untuk hubungan internasional, dan lain-lain.

Prospek pekerjaan yang bisa kamu lakukan sebagai alumni dari jurusan Hubungan Internasional, yaitu bisa menjadi diplomat, pegawai di kedutaan atau organisasi internasional, bekerja di perusahaan multinasional, pegawai negeri sipil, politisi, serta masih banyak lagi.

4. Pendidikan Guru

Bagi kamu yang tidak hanya tertarik dalam public speaking tetapi juga senang mengajar, maka jurusan Pendidikan Guru akan menjadi pilihan jurusan kuliah yang tepat untuk kamu.

Di dalam jurusan ini kamu akan mempelajari bagaimana cara yang efektif dalam menyampaikan ilmu sebagai seorang guru kepada murid, bagaimana cara yang tepat untuk mengajar dan mengelola kelas, cara mengembangkan program pembelajaran, dan lain-lain.

Selain memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, sebagai guru kamu pun dituntut untuk mempunyai kemampuan manajerial, dapat melakukan observasi dan analisis, berpikir secara sistematis, serta inovatif.

Selain menjadi guru di sekolah, kamu juga bisa mengajar di bimbingan belajar atau bimbel, menjadi konselor pendidikan, konsultan minat dan bakat anak, bekerja di institusi pendidikan, dan lain-lain.

Tidak hanya kamu bisa mengaplikasikan kemampuan dan minat kamu dalam public speaking, namun bekerja di bidang pendidikan juga merupakan sebuah profesi mulia yang berperan dalam mencerdaskan penerus-penerus bangsa.

Nah, itulah keempat rekomendasi jurusan kuliah yang memiliki hubungan erat dengan bidang komunikasi, terutama public speaking.

Selain memilih jurusan yang tepat sesuai dengan bakat dan ketertarikan kamu dalam bidang komunikasi, kamu juga bisa mengembangkan kemampuan public speaking kamu dengan membaca buku.

Buku Bicara Itu Ada Seninya yang ditulis oleh Oh Su Hyang bisa menjadi pilihan bacaan yang tepat bagi kamu untuk mempelajari seni dalam berkomunikasi secara lebih mendalam.

Di dalam buku ini, penulis yang merupakan seorang dosen sekaligus pakar komunikasi akan membagikan berbagai ilmu mengenai cara berkomunikasi yang baik, meliputi teknik-teknik dalam bahasa tubuh, persuasi, negosiasi, dan lain-lain.

Setiap bab yang dimuat di dalam buku ini berisikan narasi-narasi pendek yang membahas mengenai permasalahan dalam komunikasi serta tips yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Pembahasan-pembahasan tersebut juga diselingi dengan pengalaman pribadi yang dialami oleh penulis dan juga kisah dari orang-orang sukses lain yang ditambahkan untuk bisa menginspirasi para pembaca.

Buku ini akan membantu kamu untuk memahami dasar-dasar berkomunikasi yang baik dan efektif, seperti cara menangani rasa takut atau ketidakpercayaan diri saat berbicara, cara untuk memberikan kesan yang baik, latihan yang bisa dilakukan untuk melatih kemampuan berkomunikasi, dan lain-lain.

Kamu bisa mendapatkan buku Bicara Itu Ada Seninya dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com