Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Memberikan Nasihat Kepada Si Buah Hati

Kompas.com - 18/05/2022, 08:00 WIB
Pentingnya memberikan nasihat pada anak Sumber foto : Pixabay Pentingnya memberikan nasihat pada anak
Rujukan artikel ini:
Qanza : Aku Dengar Nasihat…
Pengarang: Yanne TW
|
Editor Ratih Widiastuty

Sudah menjadi hal umum bagi oleh setiap orang tua kalau ketika memiliki buah hati akan muncul rasa bahagia. Bahkan, kebahagiaan itu tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Dengan rasa bahagia itu, setiap orang tua akan selalu berharap agar si buah hati bisa menjadi anak yang baik saat dewasa nanti dan bisa menjadi anak yang berbakti kepada orang tua.

karena itu, setiap orang tua akan berusaha untuk terus mengajarkan kemampuan yang dimiliki oleh sang anak agar terus berkembang. Selain itu, orang tua juga berusaha untuk memberikan nasihat kepada anaknya apabila telah melakukan kesalahan.

Dengan nasihat itu, si kecil akan berusaha untuk memahami dan memperbaiki kesalahannya.

Nasihat yang diberikan oleh orang tua bisa dibilang sangat berarti dan bermanfaat bagi seorang anak karena dengan nasihat itu sang anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik di kemudian hari. Maka dari itu, menyampaikan nasihat memiliki banyak sekali manfaat.

Mengapa memberikan nasihat kepada si buah hati sangat perlu untuk dilakukan? Nah, supaya kamu bisa memberikan nasihat kepada si buah hati, bisa simak artikel ini sampai habis.


Baca juga: Contoh Pantun Nasihat


Pentingya Memberikan Nasihat Kepada Anak

Ketika seorang anak lahir ke dunia, pasti yang akan ia lihat adalah lingkungan keluarganya, sehingga didikan dan nasihat yang akan pertama kali didengar adalah dari lingkungan keluarga. Orang tua memiliki peran penting dalam lingkungan keluarga

Seorang anak pastinya belum mengerti mana yang baik dan mana yang salah, sehingga ia akan melakukan hal-hal sesuai dengan yang disukainya saja. Oleh sebab itu, orang tua harus berperan untuk memberitahukan tentang hal-hal boleh dilakukan dan hal-hal yang tidak boleh dilakukan. Dengan begitu, sang anak tidak akan mengulangi kesalahannya lagi.

Ketika memberikan nasihat kepada anak, maka secara tidak langsung, kita sudah mendidik anak. Dalam hal ini, mendidik anak bukan hanya dilakukan untuk bidang akademis saja, tetapi juga untuk sikap dan perilaku terutama saat berinteraksi dengan orang lain. Bahkan, menurut beberapa penelitian, lingkungan keluarga sangat memengaruhi tumbuh kembang si buah hati.

Jadi, bagi para orang tua jangan pernah malas dan ragu untuk terus memberikan nasihat serta mendidik anak agar kelak di kemudian hari bisa tumbuh dengan baik. Untuk melakukan hal itu, orang tua harus sering melihat tingkah laku si buah hati secara rutin.

Dalam memberikan nasihat kepada anak, setiap orang tua memiliki cara yang berbeda-beda, biasanya melihat dari karakteristik sang anak itu sendiri. Beberapa orang biasanya memberikan nasihat pada saat si buah hati melakukan kesalahan, ada juga yang memberikan nasihat melalui cerita dongeng, dan sebagainya. Baca mengenai Dongeng Si Kancil yang penuh Nasihat.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Lebih unik lagi, memberikan nasihat menggunakan pantun nasihat yang saat ini sudah ada banyak sekali contoh pantun nasihat yang bisa ditemukan di mesin pencarian internet. Apapun caranya, yang utama adalah nasihat itu bisa diterima dan diterapkan dengan baik oleh si kecil. Jadi, apakah kamu sudah menemukan cara yang tepat untuk memberikan nasihat?

Manfaat Memberikan Nasihat Kepada Anak

Nah, supaya lebih yakin untuk memberikan nasihat kepada anak, kamu bisa simak beberapa manfaat memberikan nasihat kepada anak di bawah ini.

1. Meningkatkan Kualitas Hubungan Keluarga

Dengan memberikan nasihat kepada anak, maka hubungan keluarga khususnya orang tua dengan anak akan menjadi lebih harmonis. Semakin harmonis hubungan keluarga, maka komunikasi anak dan orang tua akan semakin terjaga. Bahkan, rasa cinta anak kepada orang tua bisa semakin besar juga.

2. Meningkatkan Kesadaran Rasa Tanggug Jawab

Ketika sudah dewasa, mungkin sudah mengetahui hal-hal apa saja yang bisa menjadi tanggung jawabnya. Pada dasarnya, untuk mengenalkan rasa tanggung jawab, bisa dilakukan sejak kecil.

Untuk menyadarkan betapa pentingnya rasa tanggung jawab kepada anak, maka peran orang tua sangat dibutuhkan. Hal ini dapat terjadi karena dengan nasihat yang diberikan oleh orang tua, seorang anak akan mengetahui hal-hal yang akan menjadi tanggung jawabnya di kemudian hari.

3. Melatih Pikiran Agar Lebih Matang

Seorang anak yang sedang masa pertumbuhan pastinya belum memiliki pola pikir yang matang, sehingga sudah menjadi keharusan bagi orang tua untuk melatih pola pikir si buah hati agar menjadi lebih matang. Pada dasarnya, ada banyak sekali cara untuk mengasah pola pikir yang matang, salah satunya adalah dengan memberikan nasihat kepada anak. Berkat pemberian nasihat itu, seorang anak akan mengetahui hal-hal yang boleh dikerjakan dan yang tidak boleh dikerjakan.

Demikian manfaat memberikan nasihat kepada anak yang bisa orang tua tiru. Nasihat akan mudah dicerna jika diberikan dengan cara yang menyenangkan dan tidak terkesan menggurui seperti yang tersirat dalam Buku Qanza : Aku Dengar Nasihat Mama - Berbakti kepada Orang Tua .

Buku ini bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com. Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com