Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengetahui Manfaat Mengarang Bagi Pelajar

Kompas.com - 05/05/2022, 09:57 WIB
Manfaat Mengarang Bagi Pelajar Sumber Foto : Pixabay Manfaat Mengarang Bagi Pelajar
Rujukan artikel ini:
Pasti Bisa! Let`s Write!, Ayo…
Pengarang: Pardiyono, Drs
|
Editor Ratih Widiastuty

Ketika kita masuk Sekolah Dasar (SD) dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pasti akan ada tugas mengarang apalagi kalau habis liburan sekolah. Materi mengarang ini bisa dibilang gampang-gampang susah, bagi pelajar yang terbiasa mengarang akan terlihat mudah dan yang belum terbiasa mengarang cerita akan sulit untuk melakukan tugas itu.

Bahkan, tugas mengarang bagi pelajar terus ada hingga SMA, hanya saja karangan yang dibuat akan terus mengalami perkembangan. Misalnya saja tokoh yang ada di dalam karangan bukanlah diri sendiri melainkan ada tokoh-tokoh baru, latar, serta alur yang lebih menarik.

Salah satu tulisan yang dihasilkan dari mengarang ketika masih pelajar adalah cerita pendek atau disingkat menjadi cerpen. Di dalam cerpen, kita akan menemukan alur cerita yang sangat menarik dan membuat diri kita tersentuh ketika membacanya. Namun, dalam beberapa kasus sudah ada pelajar yang mampu mengarang sebuah novel yang cukup bagus.

Cerpen atau novel merupakan dua karya tulis yang dihasilkan dari mengarang yang cukup populer hingga saat ini. Sebelum mengarang cerpen atau novel, sebaiknya kamu mengetahui pengertian cerpen dan pengertian novel agar karangan dihasilkan menjadi lebih bagus.

Manfaat Mengarang Bagi Pelajar

Nah, supaya kamu lebih yakin untuk belajar mengarang, bisa simak beberapa manfaat mengarang khususnya bagi para pelajar.

  1. Mengembangkan Daya Imajinasi

Pada dasarnya, setiap orang pasti memiliki daya imajinasinya masing-masing. Daya imajinasi yang dimiliki oleh seseorang sebenarnya bisa terus dikembangkan dengan baik. Salah satu cara mengembangkan daya imajinasi adalah dengan mengarang. Hal ini dapat terjadi karena ketika kita mengarang pastinya akan membutuhkan jalan cerita yang menarik dan bisa membuat pembaca tersentuh setelah membacanya.

  1. Melatih Kepercayaan Diri

Kepercayaan diri sangatlah penting untuk kehidupan kita sehari-hari karena dengan rasa percaya diri itulah, rasa minder dalam diri akan mulai pudar. Memang sangat tidak mudah untuk meningkatkan rasa percaya diri, tetapi selama ada kemauan pasti akan bisa.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Dalam mengarang tak selamanya hasil karangan akan bagus, sehingga kita harus dapat menerima kritik. Dari kritik itu, kamu bisa memperbaiki hasil karangan dan semakin percaya diri untuk terus mengarang. Selain itu, kamu semakin yakin bahwa karangan yang kamu buat akan semakin banyak yang membacanya.

  1. Mengeluarkan Uneg-Uneg

Dalam kehidupan yang kita jalani ini pasti selalu ada yang namanya uneg-uneg yang sulit diungkapkan. Hal seperti itu sangat tidak baik untuk dipendam terlalu lama karena bisa mengganggu kesehatan mental dan emosi menjadi tidak stabil.

Oleh sebab itu, kamu perlu melatih diri untuk mengeluarkan uneg-uneg yang di mana dapat dilakukan dengan cara membiasakan diri untuk mengarang. Dengan begitu, emosi yang sudah terpendam terlalu lama, perlahan-lahan akan pulih karena sudah bisa dituangkan ke dalam sebuah cerita.

  1. Mengetahui Nilai Sosial

Ketika mengarang cerpen atau novel atau hanya membuat karangan sederhana, biasanya akan memiliki nilai sosial yang bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat. Misalnya, ada suatu karangan yang ceritanya berisi jangan sering berbohong karena bisa merugikan diri sendiri dan orang lain. Terlebih lagi, kalau kamu mengarang suatu cerita yang idenya berasal dari permasalahan sosial, pastinya akan banyak nilai sosial yang akan bisa dipetik.

  1. Dapat Dijadikan Sebagai Tolok Ukur Penggunaan Bahasa

Dalam mengarang tak akan bisa dilepaskan dari bahasa yang bisa membangun suasana cerita. Oleh sebab itu, pemilihan bahasa merupakan salah satu faktor penting dalam mengarang. Dengan begitu, seseorang yang sering mengarang akan memiliki bahasa serta kata-kata yang cukup banyak, sehingga bisa dijadikan sebagai tolok ukur akan kemampuan bahasa yang kita miliki.

Itulah beberapa manfaat yang dapat dirasakan ketika kita mengarang khususnya bagi para pelajar. Jadi, buat kamu, jangan pernah ragu untuk belajar mengarang, baik itu secara otodidak atau belajar bersama dengan ahlinya.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa mengarang memiliki banyak sekali manfaat, terutama yang berkaitan dengan daya imajinasi. Daya imajinasi ini sangatlah bermanfaat karena akan memunculkan ide-ide kreatif, sehingga dapat menemukan solusi dari suatu permasalahan dengan cepat.



Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com