Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertualang bersama Dinosaurus Melalui Komik Doraeman Movie Storie

Kompas.com - 28/04/2022, 18:00 WIB
Komik Doraemon Movie Story: Dinosaurus Baru Nobita Sumber Gambar: Dok. Elex Media Komputindo Komik Doraemon Movie Story: Dinosaurus Baru Nobita
Rujukan artikel ini:
Doraemon Movie Story: Dinosaurus Baru…
Pengarang: Fujiko F. Fujio
Penulis Vonny
|
Editor Ratih Widiastuty

Kisah Petualangan Nobita di Komik Doraemon Movie Story: Dinosaurus Baru Nobita

Sejak terbit perdana pada tahun 1969, ada banyak sekali variasi cerita Doraemon yang sudah diterbitkan.

Selain kisah regulernya, kisah Petualangan Doraemon yang diadaptasi dari film animasinya juga mendapat tempat khusus di hati penggemar Doraemon.

Pada tahun 2020 lalu, Doraemon merilis film animasi terbaru dengan judul Dinosaurus Baru Nobita yang tak pelak akan membawa kita pada nostalgia film animasi Doraemon yang pertama sekali rilis pada tahun 1980 di Jepang, yaitu Dinosaurus Nobita yang memperkenalkan pembaca dan penonton pada Pisuke, seekor dinosaurus piaraan Nobita yang menggemaskan dan paling membekas dalam ingatan kalangan penikmat kisah Doraemon.

Kisah Dinosaurus Baru Nobita kali ini diawali Nobita bersama teman-temannya yaitu Shizuka, Giant, dan Suneo, mengunjungi pameran dinosaurus di sebuah museum.

Mereka bisa melihat-lihat berbagai jenis dinosaurus berkat tiket yang diusahakan koneksi ayah Suneo yang memang digambarkan sebagai anak orang kaya.

Tak disangka, Nobita bisa mendapatkan informasi terkait dinosaurus spesies futabasaurus yang membawa Nobita nostalgia dengan Pisuke, dinosaurus yang sempat beberapa lama dipeliharanya.

Dalam pameran ini pula, keempat anak tersebut bisa praktik menggali fosil dinosaurus. Kalau sungguhan menemukan fosil dinosaurus, mereka bisa menamai dinosaurus tersebut dengan nama mereka.

Akibat diledek Giant dan Suneo, Nobita yang naik pitam kelepasan bersumpah akan menemukan fosil dinosaurus sungguhan dan akan makan kacang lewat mata apabila tidak berhasil menemukannya, hal yang disambut antusias Giant dan Suneo.

Nobita menunjukkan kesungguhan tekadnya yang sebenarnya jarang sekali diperlihatkannya untuk menemukan fosil dinosaurus di tempat penggalian bahkan dia tidak berhenti menggali sampai waktu tutup museum.

Di ambang keletihannya, martilnya mengenai suatu batu yang entah bagaimana Nobita meyakininya benar-benar telur dinosaurus.

Dia membawanya pulang dan memohon kepada Doraemon untuk meminjamkan kain waktu.

Doraemon tidak percaya bahwa Nobita akan lagi-lagi menemukan telur dinosaurus.

Meski demikian, dia tetap meminjamkan kain waktunya.

Nobita dengan sabar menunggu batu telur dinosaurusnya menetas yang di luar dugaannya menghabiskan waktu begitu lama.

Penantian panjangnya terbayar saat batu telur dinosaurus yang dibawanya benar-benar menetas.

Doraemon dan Nobita takjub saat mendapati tidak hanya seekor, melainkan ada dua ekor dinosaurus alias dinosaurusnya kembar.

Meski kembar, Doraemon dan Nobita menyadari perbedaan tabiat keduanya.

Yang satu begitu lincah dan tidak bisa diam, yang kemudian diberi nama Myu.

Sementara yang seekor lagi, yang begitu tenang dan malas-malasan, persis Nobita, diberi nama Kyu.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Saat Doraemon mencari spesies dinosaurus yang baru menetas tersebut dalam ensiklopedia lengkap alam semesta, didapati bahwa Myu dan Kyu belum terdaftar di mana pun.

Bahkan belakangan diketahui sebenarnya mereka jenis dinosaurus yang bisa terbang. Nobita girang setengah mati dan langsung menamakan si kembar sebagai spesies nobisaurus.

Nobita segera menyadari tidak mudah memelihara dinosaurus di rumah mereka yang sempit, apalagi dinosaurusnya kembar.

Tidak hanya harus sembunyi-sembunyi dari ibu mereka yang tidak setuju mereka memelihara hewan apa pun, ditambah tanpa informasi apa pun tentang nobisaurus, Nobita dan Doraemon bahkan tidak tahu harus memberi makan apa dan bagaimana mengobati saat Kyu sakit.

Namun berkat ketekunan Nobita dan peralatan diorama untuk piaraan, alat ajaib Doraemon, untuk sementara masalah teratasi.

Peralatan diorama untuk piaraan yang bisa disetel lingkungan dan cuacanya memungkinkan Nobita dan Doraemon memelihara si kembar dengan layak tanpa memusingkan akan menimbulkan kegaduhan dan kecurigaan ibu.

Saatnya Nobita meladeni ejekan Giant dan Suneo yang sengaja mendatangi rumah Nobita dengan membawa sebungkus kacang.

Keduanya masih ingat sumpah Nobita untuk makan kacang lewat mata apabila Nobita gagal menemukan fosil dinosaurus.

Ditemani Shizuka yang juga kebetulan singgah, Nobita membawa ketiga sahabatnya menemui Kyu dan Myu di dalam diorama.

Ketiga sahabatnya tercengang dan pada awalnya ketakutan, namun tidak lama, mereka bermain-main bersama di kembar.

Menyadari pertumbuhan fisik Kyu dan Myu yang makin besar, sahabat-sahabatnya menyarankan Nobita untuk memulangkan Kyu dan Myu ke zaman mereka berasal, yaitu zaman kapur.

Nobita marah dan menentangnya karena dia ingin bersama Kyu dan Myu sampai kapan pun.

Namun perkembangan situasi akhirnya memaksa Nobita mengambil keputusan pahit sekaligus yang terbaik yaitu memulangkan dinosaurus kembar ke zaman mereka sebenarnya di mana si kembar bisa hidup bersama kawanannya.

Ditambah, bisa saja dengan bersama kawanannya, Kyu yang selama ini tidak kunjung bisa terbang seperti Myu akhirnya lambat laun bisa terbang.

Keputusan yang didukung Doraemon dan Shizuka bahkan Giant dan Suneo.

Mengendarai mesin waktu Doraemon, Nobita dan kawan-kawan menuju zaman kapur yaitu lebih dari 66 juta tahun silam dari masa kini.

Seperti apa petualangan mereka pada zaman purbakala? Simak kelanjutan kisahnya dalam Doraemon Movie Story: Dinosaurus Baru Nobita buah karya Fujiko F Fujio sensei yang sudah diterbitkan Elex Media pada tanggal 11 Maret 2022 lalu.

Kamu bisa mendapatkan komiknya di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com