Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertarungan menegangkan Conan bersama Kid si Pencuri dan Kelompok Teroris!

Kompas.com - 13/02/2022, 10:00 WIB
Sumber Foto: Dok. Elex Media Komputindo
Rujukan artikel ini:
Detektif Conan The Movie: The…
Pengarang: Aoyama Gosho
Penulis Fitri Annisa
|
Editor Almira Rahma Natasya

Detektif Conan The Movie Comics Edition – The Lost Ship in The Sky adalah komik yang diadaptasi dari film keempat belas dari animasi Detektif Conan.

Para fans setia Conan pasti sudah tidak asing lagi dengan cerita dan seri movie Conan yang dicetak dalam format black and white ini.

Sudah ada beberapa seri yang diterbitkan oleh Elex Media dan The Lost Ship in The Sky adalah edisi terbarunya.

Dalam kisah kali ini Shinichi Kudo kembali dipertemukan dengan rivalnya, Kid si Pencuri.

Kisah dimulai ketika Instansi Mikroorganisme Nasional Tokyo diserang oleh kelompok misterius yang menyebut diri mereka "Kucing Siam Merah."

Kelompok teroris yang seharusnya sudah musnah sepuluh tahun yang lalu itu menyebabkan ledakan laboratorium berkeamanan tinggi yang menyimpan bakteri mematikan! Ampul-ampul yang berisi bakteri pun dicuri oleh mereka.

Sementara itu, paman Sonoko, Jirokichi Suzuki, merasa terganggu karena tindakan terorisme ini mendominasi berita utama, menutupi berita acara pembukaan kapal udara terbesar di dunia miliknya serta surat tantangannya terhadap Kid.

Paman Jirokichi menantang Kid untuk mencuri permata yang dipajang di kapal udara tersebut, yaitu permata ‘Lady Sky’ yang termasyhur.

Jirokichi mengirim pesan kepada Kid yang mengatakan bahwa permata besar yang ia dambakan akan dipajang di dek langit kapal terbang 'Bell Tree' pada 14 Agustus.

Jika Kid ingin menggenggam harta karun besar ini dia harus datang sebelum kapal terbang mendarat di Osaka.

Kid menjawab tantangan Jirokichi dengan sebuah surat yang mengumumkan bahwa dia akan mencuri ‘Lady Sky’ saat pesawat sudah memasuki langit Osaka.

Conan Edogawa bersama teman-teman klub detektif ciliknya serta Profesor Agasa, Ran Mouri, dan Kogoro Mouri diundang untuk ikut naik kapal terbang ‘Bell Tree’ oleh Sonoko Suzuki.

Mereka diajak berkeliling dan melihat permata ‘Lady Sky’ yang disimpan di ruangan berkeamanan tinggi.

Selain diletakkan di kotak kaca anti peluru yang bahkan tidak bisa dipenetrasi senapan mesin, Paman Jirokichi juga memasang banyak trik dan jebakan yang membuat permata tersebut mustahil untuk dicuri.

Namun, kesenangan mereka terhenti ketika seorang penelepon tak dikenal menghubungi Paman Jirokichi dan menyatakan bahwa mereka telah melepaskan bakteri mematikan yang menghebohkan tersebut di ruang merokok salah satu kabin.

Segera setelah itu, gejala mulai muncul di antara penumpang dan kekacauan pun terjadi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Gejala ruam muncul di beberapa bagian tubuh korban yang terinfeksi sehingga mereka harus diisolasi di ruangan khusus karena bakteri ini gampang menular melalui cairan.

Memanfaatkan kesempatan, kelompok teroris “Kucing Siam Merah” tiba-tiba muncul dan membajak pesawat! Mereka juga mengancam bahwa akan menyebarkan bakteri berbahaya tersebut melalui udara dari atas kapal terbang.

Untuk menghentikan para penyerang, Conan mencoba menghentikan bom waktu yang telah dipasang di beberapa bagian kapal terbang, tapi tindakannya ketahuan oleh para teroris dan Conan dilempar keluar dari atas kapal terbang!? Bagaimana cara Conan keluar dari situasi genting ini?

Salah satu hal yang unik pada cerita The Lost Ship in The Sky ini adalah Conan dan Kid si Pencuri yang mau tidak mau harus bekerja sama untuk memecahkan petunjuk dan menemukan tujuan sebenarnya dari kelompok “Kucing Siam Merah” sebelum waktu habis.

Sementara itu, Ran yang secara tidak sengaja akhirnya mengetahui identitas asli Kid si Pencuri merasa ragu apa itu benar-benar sosok aslinya atau hanya merupakan salah satu penyamaran Kid.

Conan Movie yang Menjadi Box Office di Jepang

Film Detektif Conan The Movie The Lost Ship in The Sky dirilis pada 17 April 2010 di Jepang dan telah menghasilkan 3,1 miliar yen di box office domestik Jepang.

Film ini juga masuk menjadi nominasi Japan Academy Prize untuk kategori animasi terbaik di tahun 2010.

Keseluruhan plot cerita The Lost Ship in The Sky ini sangat menarik, full action, dan menampilkan ketegangan yang tidak kalah seru dari seri-seri sebelumnya.

Film Conan pertama yang menampilkan aksi terorisme sekaligus pembajakan kapal terbang.

Karakter Kid si Pencuri yang kembali muncul sebagai rival Conan juga menjadi daya tarik utama.

Begitu pula dengan para tokoh penjahat dalam cerita ini, motif mereka melakukan teror serta adanya plot twist yang sulit ditebak pembaca membuat cerita ini sangat patut disimak.

Walau filmnya sudah tayang sejak tahun 2010, versi komiknya yang hanya dua volume dan dicetak dalam format black and white ini baru diterbitkan di Jepang pada tahun 2019.

Cerita dan penokohan yang sangat seru ditambah kualitas gambar komik seri animasi Conan yang semakin apik membuat komik ini sangat direkomendasikan untuk para fans setia Conan.

Berikut adalah judul-judul Detektif Conan - the Movie Comics Edition yang telah diterbitkan Elex Media:

Semua buku di atas bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com. Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Dapatkan Diskonnya! Dapatkan Diskonnya!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com