Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi Buku SBMPTN Saintek Terbaik, Siap Bantu Kamu Lolos di Jurusan Impian

Kompas.com - 27/06/2022, 10:21 WIB
Rekomendasi buku sbmptn saintek Sumber Gambar: Freepik.com Rekomendasi buku sbmptn saintek
Rujukan artikel ini:
The Master Key Utbk Sbmptn…
Pengarang: Tim Widya Gamma &…
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Ada beberapa cara yang harus kamu lakukan untuk bisa diterima sebagai mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri, salah satu caranya adalah lewat jalur SBMPTN.

SBMPTN merupakan sebuah ujian tertulis yang dilakukan secara serentak dan memiliki peluang masuk yang cukup besar, sehingga membuat SBMPTN banyak diminati dan diikuti oleh banyak orang.

Dalam prosesnya, jenis ujian SBMPTN ini dibagi menjadi tiga kelompok, yakni kelompok ujian Saintek, Soshum, dan Campuran.

Bagi kamu yang memilih jenis ujian Soshum, kamu akan mengerjakan materi Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi, sedangkan pada jenis ujian Saintek kamu akan mengerjakan materi Biologi, Fisika, Kimia, dan Matematika IPA.

Sementara kelompok ujian campuran nantinya akan mengerjakan kedua materi Saintek dan Soshum secara bersamaan.

Pemilihan kelompok ujian SBMPTN ini tentunya harus dilakukan dengan cermat karena akan menentukan jurusan kuliah yang bisa kamu ambil.

Kalau kamu tertarik untuk masuk ke jurusan yang berhubungan dengan ilmu alam, maka memilih jenis tes Saintek adalah hal yang paling tepat.

Selain memilih jurusan, kamu juga membutuhkan persiapan khusus yang akan membantu memperbesar peluang kamu untuk bisa diterima di universitas impian.

Berikut ini ada beberapa buku tes ujian SBMPTN Saintek yang bisa kamu gunakan untuk belajar mandiri dari rumah, tanpa bantuan bimbel.

Rekomendasi Buku SBMPTN Saintek Terbaik

1. The Master Key UTBK SBMPTN TPS TKA Saintek 2022 – Tim Widya Gamma & Tim Quantum

Dalam ujian SBMPTN, ada dua jenis tes yang akan kamu kerjakan, yakni Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA).

Tes Potensi Skolastik adalah tes yang akan mengukur kemampuan kognitif seperti penalaran dan pemahaman umum, sementara Tes Kompetensi Akademik adalah tes yang mengukur sejauh mana kemampuan kamu dalam penguasaan materi Saintek maupun Soshum.

Dalam buku ini, kamu akan mendapatkan banyak ringkasan materi dan paket soal yang akan melatih diri kamu dan membantu kamu agar lebih terbiasa dalam mengerjakan berbagai tipe soal SBMPTN.

2. Paten Bahas Kisi-Kisi SBMPTN TPS UTBK Saintek 2022 – Tim Tentor Anak Bangsa

Buku dengan tebal 540 halaman ini menyediakan banyak sekali materi pembahasan, paket soal Saintek, dan tentunya kunci jawaban yang akan menilai berapa jumlah soal yang kamu jawab dengan benar.

Tidak hanya itu, buku ini juga memberikan banyak sekali bonus yang menarik, seperti misalnya free e-book TOEFL untuk melatih kemampuan berbahasa Inggris, free video tutorial mengerjakan tes SBMPTN, dan free aplikasi android yang juga berisi materi SBMPTN untuk menambah pengetahuan kamu.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Top Spoiler Bocoran Soal Asli UTBK SBMPTN Saintek 2022 – Forum Mentor Jenius

Buku setebal 780 halaman ini menyediakan 34 paket pembelajaran super lengkap yang khusus digunakan untuk belajar SBMPTN Saintek.

Kamu akan mendapatkan paket soal tryout SBMPTN, paket prediksi soal yang akan keluar dalam SBMPTN tahun 2022, dan beberapa paket soal yang pernah keluar dalam ujian SBMPTN beberapa tahun ke belakang.

Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan berbagai tips dan trik yang bisa kamu praktikkan agar sukses dan lolos dalam ujian SBMPTN.

4. Strategi Sukses UTBK SBMPTN Saintek 2022 – Tim Master Eduka

Selain belajar dengan giat dan tekun, kamu juga membutuhkan strategi tertentu agar bisa lolos dan diterima di jurusan yang kamu impikan.

Melalui buku ini, kamu tidak hanya akan belajar materi dan soal-soal Saintek saja, tapi kamu juga akan diberikan beberapa tips dan trik yang bisa membantu kamu dalam tes SBMPTN, misalnya seperti tips memanajemen waktu belajar materi SBMPTN, tips memahami materi yang rumit, dan tips menghitung bobot tiap soal dalam tes SBMPTN.

5. Wangsit (Pawang Soal Sulit) HOTS SBMPTN Saintek 2022 – Tim Tentor Master

Setiap soal yang keluar dalam tes SBMPTN pastinya memiliki tingkat kesulitan yang jauh lebih tinggi, sehingga menuntut para calon mahasiswa untuk bisa memahami materinya dengan baik.

Soal yang diujikan ini tentunya sudah dirancang dan dibuat secara khusus, yang bertujuan untuk mengukur kemampuan dan pemahaman siswa sebelum memasuki dunia perkuliahan.

Buku Wangsit ini akan membekali kamu dengan berbagai materi pembahasan dan paket soal prediksi SBMPTN Saintek yang bisa memberikan gambaran mengenai jenis soal yang akan diujikan.

Selain itu, buku ini juga menyediakan fasilitas tryout SBMPTN secara online yang bisa kamu ikuti melalui aplikasi khusus, sehingga kamu akan lebih siap dalam menghadapi ujian SBMPTN di kemudian hari.

Tidak ada persoalan yang sulit jika kamu mau belajar, berdoa, dan berusaha yang maksimal, agar mendapatkan hasil yang terbaik dan sesuai dengan keinginan.

Lolos SBMPTN tanpa bantuan bimbel bukanlah hal yang mustahil, karena saat ini sudah banyak sekali buku-buku dan berbagai media pembelajaran lain yang siap membantu kamu dalam belajar.

Untuk kamu yang membutuhkan referensi tambahan dalam memahami berbagai materi SBMPTN, kamu bisa membeli buku-bukunya melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com