Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Langit Berwarna Biru? Cari Tahu Alasannya di Sini!

Kompas.com - 22/04/2022, 16:00 WIB
Kenapa langit berwarna biru Sumber Gambar: Freepik.com Kenapa langit berwarna biru
Rujukan artikel ini:
Ilmuwan Cilik Ingin Tahu :…
Pengarang: Ruby Tuesday Book Limited
|
Editor Almira Rahma Natasya

Memandang hamparan langit biru yang cerah sering kali bisa memberikan kita perasaan damai dan mampu memanjakan mata dengan keindahannya.

Namun, pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa langit berwarna biru dan bukannya warna yang lain?

Ternyata terdapat alasan ilmiah yang bisa menjawab pertanyaan tersebut.

Jika kamu penasaran, berikut adalah beberapa faktor yang memengaruhi kenapa langit berwarna biru.

Alasan Kenapa Langit Berwarna Biru

1. Cahaya Matahari

Matahari sebagai sumber cahaya utama di dalam sistem tata surya menjadi faktor pertama yang memengaruhi warna langit.

Jika dilihat dengan mata telanjang, sinar matahari selalu tampak berwarna putih kekuningan, padahal sebenarnya cahaya putih tersebut terdiri dari berbagai warna pelangi, mulai dari merah hingga ungu.

Berbagai spektrum warna ini memiliki panjang gelombang yang berbeda-beda, mulai dari warna merah yang paling panjang, sedangkan warna biru serta ungu memiliki panjang gelombang yang jauh lebih pendek.

Dalam perjalanannya mencapai bumi melalui atmosfer, sinar matahari ini akan diserap, dipantulkan, dan dihamburkan oleh berbagai senyawa serta partikel yang terdapat di dalam atmosfer bumi.

Untuk mengetahui mengapa dari berbagai spektrum warna yang dimiliki oleh sinar matahari warna birulah yang tampak pada langit, kamu perlu mengetahui faktor selanjutnya, yaitu atmosfer bumi.

2. Atmosfer Bumi

Atmosfer bumi yang tersusun atas berbagai macam partikel, seperti oksigen dan nitrogen yang paling mendominasi, memainkan peran penting dalam memengaruhi warna langit.

Saat sinar matahari yang telah dijelaskan sebelumnya mencapai atmosfer bumi, maka akan terjadi sebuah interaksi antara cahaya matahari dan partikel yang terdapat di dalam atmosfer.

Interaksi yang terjadi tersebut kemudian akan mengakibatkan penghamburan cahaya Rayleigh atau disebut juga Rayleigh scattering.

Efek penghamburan Rayleigh ini merupakan suatu proses di mana partikel gas akan menyerap sinar matahari dan memancarkannya kembali ke berbagai penjuru arah.

Panjang gelombang yang lebih pendek dalam spektrum warna, yakni biru dan ungu, akan tersebar lebih kuat karena lebih mudah terserap oleh molekul atau partikel dalam atmosfer bumi.

Meskipun warna ungu sama-sama tersebar kuat dengan warna biru, namun intensitas cahaya ungu lebih rendah jika dibandingkan dengan warna biru.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Oleh karena itulah, langit yang kita lihat menjadi berwarna biru.

3. Penglihatan Manusia

Selain dipengaruhi oleh intensitas cahaya, faktor penglihatan manusia menjadi alasan berikutnya mengapa langit bisa berwarna biru.

Sel kerucut yang terdapat yang pada mata manusia dan berperan dalam menangkap warna, ternyata lebih sensitif terhadap warna biru dibandingkan dengan warna lainnya.

Hal ini kemudian menyebabkan mata manusia jadi lebih mudah dalam menangkap warna biru pada langit daripada warna ungu.

Nah, itulah ketiga faktor yang menjadi alasan mengapa langit yang kamu lihat berwarna biru.

Pertanyaan unik seperti ini lebih sering diutarakan oleh anak-anak yang dipenuhi dengan rasa ingin tahu yang besar dibandingkan dengan orang dewasa.

Buku Ilmuwan Cilik Ingin Tahu: Mengapa Langit Berwarna Biru yang ditulis oleh Ruby Tuesday Book Limited bisa membantu kamu dalam menjawab pertanyaan yang satu ini.

Dengan kalimat yang sederhana serta dilengkapi gambar yang menarik, anak-anak pun akan jadi lebih mudah untuk menangkap dan memahami penjelasan yang kamu berikan.

Tidak hanya warna langit, namun anak kecil juga sering kali mengajukan berbagai macam pertanyaan lain yang membuat orang dewasa terkadang merasa kesulitan untuk menjawabnya.

Untuk memenuhi keingintahuan adik atau anak kamu dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis serta kreativitas mereka, kamu bisa melengkapi seri dari buku Ilmuwan Cilik Ingin Tahu ini.

Terdapat 3 buku menarik yang bisa kamu koleksi selain seri Mengapa Langit Berwarna Biru di atas, yaitu Ilmuwan Cilik Ingin Tahu: Dapatkah Binatang Berbicara, Ilmuwan Cilik Ingin Tahu: Ke Mana Perginya Semua Dinosaurus, dan Ilmuwan Cilik Ingin Tahu: Mengapa Daun Jatuh dari Pohon.

Pemaparan yang dibagikan di dalam semua seri buku ini dikemas dalam bahasa yang ringan untuk anak-anak dan dilengkapi dengan gambar-gambar menarik yang membuat kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan.

Dengan memberikan penjelasan yang mudah dipahami kepada anak, kamu bisa melatih mereka untuk berpikir kritis sejak dini dan membuat mereka tumbuh menjadi anak yang cerdas.

Kamu bisa mendapatkan seri buku Ilmuwan Cilik Ingin Tahu ini dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com