Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Caption dalam Bermain Media Sosial

Kompas.com - 05/04/2022, 09:00 WIB
Sumber Foto: Pixabay
Rujukan artikel ini:
Menggali Pundi-Pundi Lewat Tren Sosial…
Pengarang: Astrid Savitri
|
Editor Ratih Widiastuty

Hampir setiap waktu, seseorang akan berusaha untuk membuka media sosial yang dimilikinya, baik itu hanya untuk mengisi waktu senggang atau bisa juga untuk keperluan kerja. Dewasa ini, media sosial merupakan salah satu media yang cukup banyak digunakan oleh banyak orang, seperti Twitter, Instagram, Facebook, Youtube, dan lain-lain.

Setiap orang akan memilih menggunakan media sosial yang disukainya, sehingga tak semua orang memiliki banyak media sosial. Banyaknya orang yang bermain media sosial bukan tanpa alasan, karena kita bisa dengan mudah berkomunikasi dengan orang lain yang jauh di sana. Selain itu, kita bisa mengetahui hal-hal apa saja yang mayoritas dilakukan dalam kehidupan sehari-hari melalui unggahan di media sosial.

Uniknya lagi, media sosial bisa juga digunakan untuk berdagang, sehingga tak perlu repot-repot untuk menyewa ruko. Hanya bermodalkan promosi di media sosial, produk yang akan dijual bisa saja banyak pembelinya.

Nah, untuk menjual suatu produk di media sosial atau hanya sekadar mengunggah gambar di media sosial biasanya akan menggunakan caption. Dengan hadirnya caption, maka gambar yang diunggah berpotensi lebih besar untuk dilihat oleh banyak netizen. Jadi, jangan pernah ragu untuk terus melihat berbagai macam contoh caption text.

Struktur Caption Text

Apakah kamu masih bingung untuk menulis caption text? Jangan khawatir, artikel ini akan membahas struktur caption text, sehingga kamu bisa mempraktikannya dengan mudah.

1. Opening

Opening atau pembuka merupakan struktur pertama yang ada di dalam caption text. Adanya struktur ini bertujuan untuk mengambil perhatian pembaca agar bisa melihat unggahan pada suatu akun (bisnis atau pribadi). Maka dari itu, pada bagian ini lebih sering menggunakan ukuran huruf yang lebih besar.

2. Content

Struktur kedua caption text adalah content atau isi. Dari namanya saja kalian pasti sudah tahu bahwa content berisi tentang suatu informasi yang berfungsi untuk menjelaskan gambar yang diunggah. Dalam membuat isi caption, sebaiknya gunakan bahasa yang sedang trend dan ditulis singkat, jelas, dan padat.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Closing

Bagian ketiga atau bagian terakhir dari struktur caption text adalah closing atau bagian penutup. Adapun hal yang perlu diisi pada bagian ini biasanya terdiri dari informasi tambahan agar membuat caption menjadi lebih menarik.

Pentingnya Caption di Media Sosial

Sudah bukan hal yang asing lagi bagi setiap orang bahwa media sosial merupakan sarana hiburan sekaligus untuk mencari suatu barang yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Karena hal itulah ada seseorang yang memiliki lebih dari satu media sosial, mungkin kamu salah satunya?

Caption menjadi sangat penting saat ini karena akan memengaruhi unggahan di media sosial, apakah akan bisa membangun suasana gambar atau tidak. Maka dari itu, saat ini setiap orang akan selalu berusaha untuk membuat caption yang menarik, apalagi kalau kamu berjualan di media sosial. Dengan caption yang menarik, besar kemungkinan barang yang kamu dagangkan akan banyak pembelinya.

Caption yang tidak sesuai dengan gambar bisa membuat unggahan menjadi kurang menarik. Bahkan, tak menutup kemungkinan akan dikritik oleh netizen dan bisa menurunkan kualitas unggahan kamu. Jadi, pandai-pandailah membuat caption text agar unggahan kamu bisa dilirik oleh banyak netizen.

Meskipun membuat caption di media sosial cukup penting, tetapi sebelum membuatnya, kamu harus memerhatikan beberapa hal, yaitu:

  1. Menunjukkan branding, baik itu personal atau produk yang ingin dijual.
  2. Buatlah caption yang tidak terlalu panjang supaya pembaca bisa mudah menangkap pesan utamanya.
  3. Langsung sampaikan informasi penting atau utama di awal kalimat.
  4. Kamu harus memerhatikan karakter follower.

Demikian, pembahasan tentang pentingnya caption di media sosial, Memang membuat caption tak selamanya langsung bagus begitu saja dan terkadang ada kendala di tengah jalan. Intinya, jangan pernah patah semangat untuk selalu mencoba dan pastikan kamu harus bisa konsisten.


Caption teks yang menarik juga bisa mendatangkan reach dan pundi-pundi yang menggiurkan.

Semua tips untuk mendapatkan penghasilan via sosial media bisa kamu dapatkan di buku Menggali Pundi-Pundi Lewat Tren Sosial Media

Buku ini bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com. Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com