Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Surat Lamaran Kerja yang Perlu Kamu Tahu

Kompas.com - 25/03/2022, 18:00 WIB
Sumber Foto : Pixabay
Rujukan artikel ini:
Buku Pintar Wawancara Kerja
Pengarang: Eka Thieaya
|
Editor Ratih Widiastuty

Pastinya kamu tahu dong kalau ketika melamar kerja dibutuhkan surat lamaran kerja. Saat ini, sudah banya sekali contoh lamaran kerja yang bisa kamu temukan di internet, sehingga tidak perlu pusing untuk menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar. Dengan begitu, kamu bisa melengkapi dokumen-dokumen pelengkap lainnya.

Tanpa adanya surat lamaran kerja, maka peluang untuk diterima sebagai karyawan tidak terlalu besar, mengapa begitu? Hal ini dikarenakan pihak penerima pekerjaan (perusahaan yang dilamar) menilai bahwa kamu tidak sungguh-sungguh untuk bekerja di suatu perusahaan.

Meskipun sudah banyak orang yang tahu bahwa menulis surat lamaran kerja hukumnya adalah wajib, tetapi tak banyak orang yang mengetahui fungsi-fungsi surat lamaran kerja. Di kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa fungsi dari surat lamaran kerja.

Fungsi Surat Lamaran Kerja

Fungsi surat lamaran kerja dibagi menjadi 3 fungsi, yaitu fungsi untuk permohonan pekerjaan, sebagai bahan pertimbangan, dan sebagai suatu alat komunikasi.

1. Sebagai Permohonan Kerja Secara Resmi

Fungsi pertama surat lamaran kerja yang pertama adalah sebagai permohonan kerja secara resmi. Melamar kerja merupakan suatu kegiatan resmi, sehingga kamu perlu menunjukkan keseriusan untuk bekerja di posisi yang telah dilamar. Nah, dengan surat lamaran kerja inilah, kamu bisa menunjukkan keseriusan untuk menjadi karyawan dengan cara yang resmi.

Oleh karena itu, ketika menulis surat lamaran kerja harus menggunakan yang resmi juga. Penggunaan bahasa yang resmi menciptakan peluang untuk maju ke tahap selanjutnya semakin besar. Bahkan, tak menutup kemungkinan kalau kamu akan diterima di perusahaan yang kamu lamar. Jadi, jangan pernah lupa untuk menulis surat lamaran kerja dengan bahasa yang resmi.

2. Sebagai Bahan Pertimbangan

Fungsi kedua dari fungsi surat lamaran kerja adalah sebagai bahan pertimbangan. Mengapa surat lamaran kera berfungsi sebagai bahan pertimbangan? Karena ketika yang melamar pekerjaan diposisi dan perusahaan yang sama sangatlah banya, sehingga penerima kerja akan menyeleksi kamu dari surat lamaran kerja. Selain dari surat lamaran kerja, biasanya akan dilihat dari CV yang kamu lampirkan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Pada fungsi ini, pelamar kerja akan dipertimbangkan apakah bisa menjadi karyawan perusahaan atau tidak melalui surat lamaran kerja. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa surat lamaran kerja merupakan langkah awal agar kamu bisa lanjut ke tahap selanjutnya. Maka dari itu, surat lamaran kerja diusahakan diisi selengkap-lengkapnya, seperti posisi yang dilamar, pendidikan terkahir, data diri, nomor telepon, dan lain-lain.

3. Sebagai Suatu Alat Komunikasi

Fungsi ketiga surat lamaran kerja adalah sebagai suatu alat komunikasi. Ketika melamar kerja pastinya akan ada pihak pelamar kerja dan penerima kerja. Kedua pihak tersebut sebelum bertemu secara tatap muka akan melakukan komunikasi melalui surat lamaran kerja. Selain itu, surat lamaran kerja merupakan syarat agar kamu lulus tahap administrasi. Adapun tahapan administrasi, seperti surat lamaran kerja, CV, sertifikat, portofolio, dan sebagainya.

Dikarenakan sebagai alat komunikasi, maka ketika menulis surat lamaran kerja harus sebisa mungkin menggunakan bahasa yang resmi dan tidak bertele-tele. Dengan format penulisan tersebut, pelamar kerja akan dinilai sebagai pribadi yang selalu mengerjakan suatu pekerjaan dengan cepat. Bahkan, peluang diterima menjadi di suatu perusahaan yang dilamar akan semakin besar juga.

Itulah beberapa fungsi surat lamaran kerja yang perlu kamu tahu. Dengan mengetahui fungsi-fungsi surat lamaran kerja, maka kamu akan semakin mudah dan yakin untuk menyelesaikan surat lamaran kerja. Selain itu, kamu juga semakin sadar bahwa dalam menulis surat lamaran kerja tidak boleh main-main karena bersifat resmi.

Dari fungsinya saja kita juga sudah tahu bahwa surat lamaran kerja ini merupakan hal yang paling penting dalam melamar kerja. Oleh karena itu, ketika melamar pekerjaan, kamu harus pastikan kalau sudah mengirim surat lamaran kerja juga.

Selain mempelajari bagaimana menulis surat lamaran dan CV, Grameds juga harus mempersiapkan diri untuk wawancara dengan rekruiter. Bagaimana cara menjawab pertanyaan, gestur saat wawancara, hingga tips negosiasi gaji.

Semuanya terangkum dalam "Buku Pintar Wawancara Kerja" karangan Eka Thieaya. Buku ini mengulas tuntas mengenai tips dan trik saat mengikuti proses wawancara.

Buku ini bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com. Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com