Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Jenis-Jenis Bisnis Paling Menjanjikan Berikut Ini Sebelum Kamu Memulai Usaha

Kompas.com - 17/03/2022, 09:19 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Strategi Bisnis Hipmi 22 Kisah…
Pengarang: Dian Ekawati & Aulia…
|
Editor Ratih Widiastuty

Pengusaha sukses merupakan seseorang yang pandai dalam melihat peluang dari lingkungan di sekitarnya dan bisa memanfaatkan kesempatan tersebut dengan baik untuk memperoleh keuntungan.

Oleh karena itu, sebelum kamu memutuskan untuk terjun ke dalam dunia bisnis, penting bagi kamu untuk terlebih dahulu mengetahui jenis-jenis usaha apa yang sekiranya menjanjikan untuk dikembangkan.

Setelah menentukan bisnis atau usaha yang ingin kamu jalankan, barulah kamu bisa mulai menyusun rencana dan mencari tahu hal-hal yang kamu butuhkan untuk membangun usaha tersebut.

Berikut adalah beberapa jenis bisnis yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan, khususnya di era digital seperti saat ini.

Jenis-Jenis Bisnis Paling Menjanjikan Saat Ini

1. Bisnis Toko Online

Toko online merupakan salah satu jenis bisnis yang semakin berkembang, bahkan di kala pandemi Covid-19 seperti sekarang.

Banyaknya e-commerce dan berbagai media sosial yang menjadi sarana marketing untuk memasarkan produk, menjadi faktor penting yang memberikan banyak kemudahan bagi pemilik toko online.

Peluang untuk membuka toko online pun tidak terbatas, bahkan jika kamu memiliki modal yang minim.

Kamu bisa merintis toko online dengan menjadi dropshipper terlebih dahulu, sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan modal untuk menyediakan stok barang atau produk.

Ketika toko online kamu telah berjalan dengan baik dan memperoleh keuntungan, kamu pun bisa mengembangkannya dengan menjadi reseller atau bisa juga memproduksi barang kamu sendiri.

Keistimewaan lain dari menjalankan toko online adalah kamu tidak perlu menyewa tempat untuk membuka toko dan memiliki jangkauan pasar yang lebih luas di berbagai daerah di Indonesia.

2. Bisnis Franchise Makanan atau Minuman

Semakin menjamurnya berbagai kafe atau tempat nongkrong saat ini bisa menjadi bukti bahwa bisnis franchise makanan dan minuman memiliki peluang yang besar untuk dikembangkan.

Besarnya minat masyarakat dalam mencoba berbagai macam kuliner kekinian patut menjadi pertimbangan kamu jika ingin memulai sebuah usaha.

Terdapat banyak pilihan franchise yang bisa kamu jalankan, bergantung dari besarnya modal yang kamu miliki, minat kuliner masyarakat di sekitar, dan pertimbingan-pertimbangan lain yang perlu kamu pikirkan masak-masak.

Kunci dari bisnis ini adalah jeli dalam melihat peluang kuliner apa yang sekiranya bisa bertahan dalam jangka panjang dan memilih mitra bisnis yang tepat.

Beberapa franchisor menyediakan fasilitas yang bisa semakin memudahkan kamu untuk memulai bisnis, seperti memberikan tempat, karyawan, serta bimbingan langsung sebagai bekal agar kamu bisa mengelola gerai dengan baik.

3. Bisnis Jasa Social Media Management dan Content Writer

Seiring dengan semakin berkembangnya bisnis toko online, hal ini juga memberikan dampak terhadap semakin tingginya kebutuhan akan social media management dan content writer.

Kedua skill atau kemampuan ini dibutuhkan untuk mengelola dan membuat konten di media sosial dari toko online yang dijalankan, agar bisa semakin menarik minat masyarakat untuk membeli produk yang dijual dan meningkatkan omzet.

Jika kamu merupakan seseorang yang up-to-date, gemar mengikuti perkembangan tren, memahami dan bisa menggunakan fitur-fitur di media sosial, maka kamu memiliki kesempatan untuk mengembangkan kemampuan dalam social media management ini.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Jika kamu memiliki skill dalam menulis dan bisa membuat konten atau iklan yang menarik, maka kamu pun bisa menawarkan jasa untuk menjadi seorang content writer atau copywriting.

Kamu bisa terus mengasah kemampuan kamu dalam kedua bidang ini dengan mengikuti kursus atau pelatihan online yang sekarang bisa dengan mudah kamu temukan di platform-platform belajar, seperti Skill Academy, Skill Share, Udemy, dan lain-lain.

Semakin ahli kamu dalam menguasai pengelolaan media sosial dan menulis konten, maka semakin besar pula pendapatan yang bisa kamu peroleh.

4. Bisnis Katering

Bisnis katering merupakan bisnis yang cukup menjanjikan untuk dikembangkan jika kamu tinggal di kota besar dan memiliki lingkungan yang sebagian besar adalah pekerja kantoran.

Hal ini dikarenakan katering bisa menjadi solusi bagi orang-orang yang tidak memiliki waktu untuk memasak agar tetap bisa menyantap makanan yang sehat dengan praktis.

Kamu pun bisa merintis bisnis ini dengan modal yang tidak terlalu besar dengan menawarkannya pada orang-orang di sekitar terlebih dahulu.

Jika bisnis katering kamu semakin laris, kamu bisa meningkatkan kualitas dari menu-menu makanan yang kamu sajikan agar pelanggan merasa puas dan memungkinkan mereka untuk merekomendasikannya kepada orang lain.

Nah, itulah beberapa referensi jenis usaha yang memiliki peluang besar untuk dikembangkan bagi kamu yang baru ingin terjun ke dalam dunia bisnis.

Menjadi seorang pengusaha sukses memang bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan dan tidak bisa dicapai dalam waktu yang singkat.

Kamu perlu membulatkan tekad dan memiliki kemauan yang besar untuk terus belajar supaya bisa menjalankan serta mengembangkan bisnis hingga mencapai kesuksesan.

Buku Strategi Bisnis HIPMI: 22 Kisah Inspiratif Pengusaha Berpengaruh yang ditulis oleh Dian Ekawati dan Aulia Yolandari bisa menjadi pilihan bacaan yang tepat bagi kamu yang ingin membangun sebuah bisnis.

Kisah-kisah sukses dari anggota HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) yang dibagikan di dalam buku ini bisa menjadi inspirasi dan pembelajaran bagi kamu untuk mengikuti jejak kesuksesan mereka.

Tidak hanya cerita manis saat meraih keberhasilan saja, namun kamu juga akan menemukan kisah-kisah pahit yang terlebih dahulu mereka lalui untuk bisa sampai di titik kejayaan seperti sekarang.

Walaupun bukan hal yang mudah, namun buku ini menunjukkan bahwa tekad, kerja keras, serta kemauan kuat untuk mengubah nasib yang kamu miliki saat mengembangkan bisnis akan membuahkan hasil yang setimpal dan bisa menjadi titik balik untuk menjalani hidup yang lebih sejahtera.

Strategi bisnis dan tips-tips yang dipaparkan di dalam buku pun bisa menjadi referensi untuk kamu aplikasikan pada bisnis yang sedang kamu rintis.

Kamu bisa mendapatkan buku Strategi Bisnis HIPMI: 22 Kisah Inspiratif Pengusaha Berpengaruh ini dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com